Begini Cara Cek Laptop / PC Support Windows 11 atau Tidak

Begini Cara Cek Laptop / PC Support Windows 11 atau Tidak

Saat ini banyak pengguna yang sangat tertarik untuk mencoba Windows 11, namun anda harus mengetahui cara cek laptop / PC support Windows 11 atau tidak.

Hal ini dikarenakan tidak semua perangkat komputer memiliki kemampuan untuk bisa menggunakan sistem operasi ini. Tentu saja ada syarat perangkat keras atau perangkat lunak yang harus dipenuhi apabila ingin menginstall sistem operasi Windows 11.

Bagi anda yang ingin menggunakan sistem operasi Windows 11, maka anda harus meemnuhi beberapa syarat wajib terlebih dahulu. Syarat-syarat tersebut dapat anda lihat pada artikel dibawah ini.

Cara Cek Laptop / PC Support Windows 11 atau Tidak

Beberapa waktu yang lalu, Microsoft merilis sistem operasi terbaru yang disebut dengan Windows 11. Kini setiap pengguna komputer maupun laptop bisa mendownload dan menginstall sistem operasi baru besutan Microsoft ini dengan gratis. Namun sebelum menginstall Windows 11, anda harus memenuhi beberapa syarat.

Di mana syarat ini adalah spesifikasi komputer atau laptop yang dapat mengoperasikan Windows 11. Jadi sebelum anda menginstall Windows 11, pastikan perangkat anda sudah memenuhi syarat dari spesifikasi dibawah ini, ya. Berikut spesifikasi komputer maupun laptop yang harus dimiliki komputer agar dapat menginstall Windows 11.

  • Besaran Storage 64 GB
  • Ukuran RAM 4 GB
  • Memiliki rusted Platform Module 2.0
  • Tampilan layar 720 p, diagonal 9 inch, dan 8 bit per saluran warna
  • Graphics card yang digunakan adalah DirectX 12 dan yang terbaru dari driver WDDM 2.0

Mungkin dengan mengecek secara satu per satu apakah komputer kita layak untuk menginstall Windows 11 akan membutuhkan waktu yang lama dan ribet.

Oleh karena itu, Microsoft menyediakan sebuah utilitas untuk anda yang ingin mengecek komputer atau laptop apakah perangkat anda sudah kompatibel dengan Windows 11 atau tidak. Berikut tutorial cara cek laptop / PC support Windows 11 atau tidak.

1. Download dan gunakan utilitas yang diberikan Microsoft untuk anda yang ingin mengecek spesifikasi komputer. Caranya adalah dengan mendownloadnya melalui link ini. Setelah itu scroll kebawah dan klik tombol Download PC health check app. Kemudian jika aplikasi tersebut sudah didownload, silakan klik dua kali pada program tersebut.

klik dua kali

2. Maka akan muncul jendela Windows PC Health Check Setup. Kemudian lihat pada bagian bawah kolom license terms, berikan tanda centang pada bagian I accept the terms in the License Agreement. Kemudian klik tombol Install.

Cara Cek Laptop / PC Support Windows 11 atau Tidak

3. Maka secara otomatis, aplikasi Windows PC Health Check akan terinstall. Klik tombol Finish untuk menyelesaikan instalasi.

klik finish

4. Akan muncul jendela baru yaitu aplikasi PC health Check. Dapat anda lihat, di bagian sebelah kiri terdapat spesifikasi komputer anda. Dan untuk melakukan pengecekan, silakan klik tombol Check now yang berwarna biru.

Mengetahui Laptop / PC Support Windows 11 atau Tidak

5. Kemudian klik tombol See all results.

klik see all result

6. Seluruh spesifikasi yang menjadi permintaan Windows 11 akan ditampilkan. Kemudian untuk melihat keseluruhan spesifikasi perangkat, silakan klik tombol Device Spesifications.

Cara Cek Laptop / PC Support Windows 11 atau Tidak

7. Maka hasil pengecekan akan tampil pada layar anda. Disini menandakan bahwa komputer anda kompatibel dengan permintaan Windows 11.

windows 11

Apabila komputer atau laptop anda tidak kompatibel dengan Windows 11, maka nanti akan diinformasikan pada jendela diatas. Dengan begitu, anda akan mengetahui apa alasan komputer atau laptop anda tidak kompatibel dengan Windows 11. Untuk menggunakan Windows 11 memang harus memiliki komputer dengan spek yang cukup tinggi.

Hal ini dilakukan karena agar Windows 11 dapat menunjang kegiatan anda sehari-hari dalam bekerja maupun belajar menggunakan laptop. Demikianlah beberapa cara cek laptop / PC support Windows 11 atau tidak. Semoga artikel diatas dapat membantu anda.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend