2 Cara Cek Nomor BPOM Suatu Produk / Barang dengan Mudah, Sudah Tahu?

BPOM? Anda tentu sudah tidak asing dengan yang satu ini, bukan? Bagaimana tidak, ketika Anda membeli produk makanan/minuman ataupun obat, Anda tentu terlebih dahulu akan memastikan apakah produk tersebut sudah terdaftar oleh BPOM atau tidak. Kenapa begitu? Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan apakah produk tersebut layak konsumsi atau tidak.

Apakah itu BPOM? BPOM adalah Badan Pengawas Obat dan Makanan yang merupakan sebuah lembaga yang bertugas mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan di Indonesia. Produk-produk makanan/minuman dan obat-obatan yang beredar haruslah memiliki izin BPOM guna menjamin obat dan makanan yang beredar memenuhi standar dan persyaratan keamanan, khasiat/manfaat, dan mutu produk yang ditetapkan.

Tidak jarang kita melihat di televisi, koran ataupun media lainnya, BPOM melakukan razia pada produk makanan dan obat yang tidak memiliki izin tapi beredar di kalangan masyarakat. Hal ini dilakukan agar produk makanan dan obat yang mungkin mengandung zat-zat berbahaya tidak dikonsumsi dan beredar.

Nah, pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengecek nomor BPOM pada produk makanan dan obat-obatan. Dengan begitu, Anda bisa memastikan apakah produk tersebut benar-benar terdaftar atau tidak. Untuk penjelasan lebih lanjut, mari simak penjelasan dibawah ini.

Cara Cek Nomor BPOM

Mengecek nomor BPOM sangatlah mudah dan sederhana. Berikut dibawah ini langkah-langkah cara cek nomor BPOM di internet.

1. Buka website Cek Produk BPOM

2. Pada bagian Cari Berdasarkan di Cari Produk, pilih NAMA PRODUK.cara cek nomor BPOM suatu barang

3. Lalu masukkan nama produk yang Anda akan cari nomor BPOM-nya seperti pada gambar dibawah ini (Misalnya: Mi Instan Rasa Kari). Klik tombol “Cari” atau tekan Enter pada keyboard.

cara cek BPOM

4. Hasilnya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini. Terdapat Nomor Registrasi, Produk dan Pendaftar.

cara cek nomor BPOM suatu barang

4. Klik pada baris yang berisi nama produk yang Anda cari untuk menampilkan informasi lebih lengkap dari produk tersebut.

cara cek BPOM

Selain dari cara diatas, Anda juga dapat mencari nomor registrasi dari produk Anda secara khusus. Artinya, jika Anda ingin mencari nomor registrasi produk kosmetik, Anda dapat mencarinya khusus di produk kosmetik. Bagaimana caranya? Perhatikan langkah-langkah dibawah ini.

1. Arahkan kursor Anda ke menu Produk, kemudian akan tampil list seperti pada gambar dibawah ini. Lalu, klik jenis produknya misalnya Kosmetika.

cara cek nomor BPOM suatu produk

2. Di bagian Cari, pilih NAMA PRODUK (ditandai oleh angka 1) kemudian masukkan nama produk yang akan dicari nomor BPOM-nya (ditandai oleh angka 2). Lalu, tekan Enter pada keyboard.

cara cek BPOM

3. Hasilnya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini. Sama seperti cara yang sebelumnya, klik pada baris yang berisi nama produk yang Anda cari untuk menampilkan informasi lebih lengkap dari produk tersebut.

cara cek nomor BPOM suatu produk

Sekian pembahasan tentang cara cek nomor BPOM pada produk makanan dan obat-obatan yang beredar di pasaran. Baiklah, semoga pembahasan yang telah dijelaskan diatas bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih!

Leave a Reply

Send this to a friend