2 Cara Cek Processor di Android Secara Akurat, Yuk Dicoba!

Smartphone pada dasarnya mirip seperti komputer yang memiliki beberapa komponen penting untuk beroperasi, diantaranya Processor / CPU (Central Processing Unit), Memory RAM (Random Access Memory), Internal dan External Storage (memori penyimpanan, ataupun GPU (Graphics Processing Unit). Komponen tersebut sangat menentukan harga sebuah gadget.

Processor adalah otak dari sebuah perangkat, karena ia merupakan engine utama yang menjalankan sistem operasi dan aplikasi yang ada di dalam HP. Seperti yang kita ketahui, kegunaan processor sangat penting. Komponen penyusun processor itu sendiri terdiri dari Chipset, Core, Clock Speed, dan GP

Hal terpenting adalah ketahui kegiatan rutin gadget-mu. Jika kamu hanya menggunakannya untuk berkomunikasi dan hal lainnya maka processor Dualcore dengan clock speed 1 GHz sudah sangat bagus untukmu.

Tetapi, untuk para gamers atau yang menggunakan banyak aplikasi, mungkin kamu perlu mempertimbangkan clockspeed diatas 1 GHz. Bagaimana cara mengecek processor yang HP Anda punya? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

2 Cara Cek Processor di Android

Berikut ini cara cek processor di Android dengan menu pengaturan dan juga menggunakan aplikasi tambahan.

#1 Menu Pengaturan

1. Pertama sekali, buka menu settings pada HP Anda.

cara cek processor di Android

2. Selanjutnya, pilih menu More settings.

2-more settings

3. Kemudian, pilih menu about phone untuk melihat spesifikasi HP Anda.

cara cek processor di Android

4. Nah, Anda bisa melihat pada bagian processor. Perhatikan gambar di bawah ini.

4-processor

#2 Melalui Aplikasi Tambahan

1. Download dan install aplikasi Droid Hardware Info disini.

cara cek processor di Android

2. Setelah diinstal, buka aplikasi tersebut dan masuk ke tab system. Pada bagian processor, Anda akan melihat rincian HP Anda.

2-system

Bagaimana, mudah bukan? Begitulah cara cek processor di Android Anda. Kini kamu sudah mengetahui betapa pentingnya processor bagi sebuah perangkat. Spesifikasi processor memang tidak boleh disepelekan.

Jika Ana ingin membeli HP baru, lebih bagus searching dulu spesifikasi HP yang akan Anda beli di internet. Jadi, mulai sekarang lebih teliti ya dalam memilih perangkat yang sesuai. Terimakasih dan semoga bermanfaat!

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend