2 Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Secara Online, Mudah Banget!

Jika dulu memiliki jaminan kesehatan terkesan sulit, maka sekarang kita dapat menikmatinya dengan mudah. Salah satu jaminan kesehatan yang bisa dinikmati semua lapisan masyarakat adalah BPJS. Bahkan bagi kalangan dengan ekonomi menengah kebawah, layanan BPJS sangatlah membantu dalam menjamin kesehatan mereka.

Jika dibandingkan dengan asuransi kesehatan, layanan BPJS mengenakan tarif ke penggunanya dengan harga yang lebih terjangkau. Pemerintah selaku pihak pertama yang menyelenggarakan layanan BPJS sangat peduli dan memperhatikan terhadap masyarakatnya yang menggunakan layanan BPJS.

Jika anda tergabung menjadi anggota BPJS Kesehatan, maka tentu saja anda harus membayar iuaran setiap bulannya. Berapa besar jumlah tagihan anda setiap bulannya berbeda-beda, bergantung pada kelas / jenis layanan yang anda pilih.

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Online

Ada beberapa cara cek tagihan BPJS Kesehatan yang bisa anda lakukan dengan mudah, bahkan tanpa perlu menginstall aplikasi tambahan dan bisa dilakukan secara online. Langsung saja, berikut ini cara-cara yang dimaksud:

1. Cek Tagihan Secara Online

Cara yang pertama kita bisa mengecek tagihan BPJS Kesehatan kita secara online melalui website resmi dari BPJS itu sendiri yakni bpjs-kesehatan.go.id. Cara pengecekannya pun cukup, simak langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Silakan anda buka browser, terserah mau browser apa, Google Chrome maupun Mozilla Firefox. Setelah itu klik link ini untuk melakukan pengecekan tagihan BPJS Kesehatan secara online.

2. Tampilan halaman awalnya nanti kurang lebih seperti ini.

cek tagihan bpjs 1

3. Setelah itu anda isi semua kolom yang telah disediakan sesuai dengan informasi pada kartu BPJS anda, semisal nomor kartu dan tanggal lahir. Setelah itu masukkan angka validasi yang diminta, dilanjut dengan mengklik tombol Cek.

cara cek tagihan BPJS Kesehatan Online

4. Setelah itu, scroll sedikit kebawah dan geser ke kanan, akan muncul informasi mengenai total tagihan yang harus anda bayar. Tidak hanya itu, akan muncul juga informasi mengenai nama peserta, status peserta, jumlah anggota keluarga, tanggal pembayaran terakhir dan lain sebagainya. Sebagai contoh, disana terlihat tagihan saya 0 karena memang saya sudah melunasi tagihan BPJS saya pada tanggal 17 Agustus 2019.

cek tagihan bpjs 3

2. Cek Tagihan Melalui Mobile JKN

Cara yang kedua ini terkesan agak rumit namun dengan menggunakan aplikasi, anda tidak bisa mengecek tagihan bulanan anda. Namun juga bisa melakukan hal-hal lain yang lebih dari itu, semisal mengubah data peserta, pendaftaran peserta baru dan lain sebagainya.

Namun terlebih dahulu anda harus menginstall aplikasi di playstore (melalui link ini) kemudian melakukan pendaftaran akun. Jika sudah punya akun Mobile JKN, silakan simak langkah-langkah dibawah ini untuk cara cek tagihan BPJS Kesehatan melalui Mobile JKN:

1. Buka aplikasi Mobile JKN, kemudian login dengan cara memasukkan email dan password akun Mobile JKN anda. Setelah itu, pilih Login.

cara cek tagihan BPJS Kesehatan dengan Mobile JKN

2. Setelah berhasil login, anda akan dihadapkan pada tampilan Mobile JKN seperti gambar dibawah ini. Setelah itu pilih opsi Tagihan seperti yang ditunjuk tanda panah.

cek tagihan bpjs 5

3. Setelah pilih opsi Premi.

cek tagihan bpjs 6

4. Akan muncul total tagihan yang perlu anda bayarkan dari masing-masing anggota keluarga.

cara cek tagihan BPJS online

Itulah panduan cara cek tagihan BPJS Kesehatan secara online maupun melalui aplikasi yang bernama Mobile JKN. Jika dirasa tutorial diatas bermanfaat, tidak ada salahnya untuk membagikannya pada teman anda. Sampai jumpa di tutorial selanjutnya!

Leave a Reply

Send this to a friend