3 Cara Convert PDF ke Excel Secara Online dan Offline dengan Sangat Mudah!

Excel merupakan sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang sangat eksis dalam dunia makro maupun mikro. Aplikasi buatan Microosoft Office ini juga dikenal dengan aplikasi pengolah angka yang mampu membantu dalam strategi marketing.

Di antara file PDF dan Excel sering berkaitan satu dengan yang lainnya. Kini, sebagai pengguna software PDF maupun Excel, terkadang kita merasa harus mengonversi file PDF ke Excel karena beberapa alasan tertentu.

Namun, mengonversi file dari format PDF ke Excel tidak semudah seperti mengonversi file sebaliknya yaitu dari Excel ke PDF yang memang sudah disediakan fungsi untuk mengonversinya.

Nah, untuk mengonversi PDF ke Excel ini harus melakukan beberapa cara terlebih dahulu, baik secara online maupun offline. Lalu bagaimana cara convert PDF ke Excel?

3 Cara Convert PDF ke Excel Tanpa Aplikasi

Adapun cara convert PDF ke Excel ini yaitu ada yang secara online maupun offline. Sebelum mengonversi file PDF ke Excel, sebaiknya siapkan file PDF yang ingin Anda ubah format filenya.

1. Convert PDF ke Excel Secara Online

Adapun kelebihan dari converter ini yaitu struktur baris dan kolom pada PDF akan dikonversi ke Excel sama seperti file aslinya. Hasil output dari konversi ini ialah file dengan format .xlsx yang dapat digunakan dalam Microsoft Excel versi 7, 10, 13, LibreCalc, OpenCalc atau software office lainnya yang kompatibel dengan Ms. Office.

Dan hal yang paling penting, layanan ini benar-benar gratis dan tidak ada batasan sama sekali. Untuk melakukan konversi file dalam format PDF ke Excel secara online ini, Anda harus terhubung dengan koneksi internet.

    1. Buka link PDFtoExcel.com.
    2. Setelah website terbuka, silakan klik tombol upload pada gambar yang ditunjuk oleh tanda panah merah atau dengan cara drag & drop file PDF Anda.
      1
    3. Selanjutnya cari dan pilih file PDF Anda lalu klik open untuk meng-upload file tersebut.
      cara convert pdf ke excel dengan mudah
    4. Tunggu hingga proses selesai. Lama proses mengonversi PDF ke Excel ini tergantung besarnya file Anda dan tentunya tergantung dengan kecepatan internet Anda pula.
      3
    5. Setelah proses selesai, silakan klik tombol Download Gratis di bawah ini.
      4
    6. File PDF berhasil dikonversi ke Excel secara online.
      cara convert pdf ke excel di PC dan laptop

2. Convert PDF ke Excel Menggunakan Foxit Reader (Offline)

Pada cara kedua ini, kita hanya akan menggunakan trik copy-paste saja. Hasil dari cara ini juga sangat bagus karena isi sesuai dengan kolom bahkan border tabel juga ikut tersalin.

Saya sarankan untuk tidak mengaplikasikan cara ini pada aplikasi Adobe Reader, karena nantinya isi tabel akan berantakan. Sebelum melakukan convert PDF ke Excel, download dan install terlebih dahulu aplikasi Foxit Reader pada komputer Anda.

1. Buka PDF Anda di aplikasi Foxit Reader.

Langkah 1 - buka PDF

2. Kemudian blok isi PDF dengan cara pilih tab Home > Select > Select Text. Atau agar lebih mudah silakan tekan Alt+6 pada keyboard Anda.

cara convert pdf ke excel secara online

3. Lalu blok isi PDF Anda, namun jika isi PDF banyak dan tidak memungkinkan untuk melakukan blok secara manual, tekan saja ctrl+a pada keyboard Anda maka isi PDF sudah otomatis memblok semua.

Langkah 3 - blok tulisan

4. Kemudian klik kanan pada area yang diblok lalu pilih copy atau tekan tombol ctrl+c pada keyboard.

Langkah 4 - copy isi

5. Selanjutnya buka Microsoft Excel Anda. Klik kanan pada sheet kosong lalu pilih paste. Saya menggunakan paste keep source formatting agar format tabel tidak hilang.

Langkah 5 - paste

6. Hasil salinan akan rapi sesuai dengan kolomnya masing-masing. Setelah isi PDF sudah tersalin di Excel, silakan simpan dengan cara pilih File lalu save. Atau dengan menekan tombol ctrl+s lalu simpan.

cara convert pdf ke excel dengan foxit reader

3. Convert PDF ke Excel Menggunakan Foxit Reader (Offline)

Sama seperti cara kedua yakni menggunakan aplikasi Foxit Reader juga, namun trik yang digunakan  berbeda. Pastikan Anda sudah mendownload dan menginstall aplikasi Foxit Reader terlebih dahulu dan sudah menyiapkan dokumen PDF yang akan Anda ubah.

1. Buka PDF Anda di aplikasi Foxit Reader.

Langkah 1 - buka PDF

2. Pilih tab File > Save As > Computer > Browse.

Langkah 2 - save as

3. Silakan pilih direktori penyimpanan file lalu isi nama file dan TXT Files (*.txt) pada pilihan Save as type kemudian pilih Save.

Langkah 3 - save as txt

4. Selanjutnya buka Microsoft Excel. Kemudian langkah selanjutnya yaitu mengimport file txt dengan cara pilih tab Data > From Text.

Langkah 4 - data lalu from text

5. Kemudian cari dan pilih file PDF yang telah diubah menjadi file txt sebelumnya lalu pilih import.

Langkah 5 - import data

6. Pilih fixed width > Next.

Langkah 6 - fixed width lalu next

7. Lalu atur besar dan kecil lebar kolom dengan cara klik dan drag garis ke kanan atau ke kiri agar tulisan pada setiap kolom tidak terpisah ke kolom lainnya. Jika sudah diatur klik Next.

Langkah 7 - atur lebar kolom dan next

8. Pilih General > Finish.

Langkah 8 - general lalu finish

9. Klik OK.

Langkah 9 - ok

10. Maka pada spreadsheet Excel Anda telah terimport file PDF yang telah diubah menjadi txt sebelumnya.

Langkah 10

11. Jangan lupa simpan file Excel dengan cara pilih tab File lalu Save atau tekan tombol ctrl+s pada keyboard > simpan.

Langkah 11 - simpan

Aplikasi Foxit Reader ini juga dapat digunakan untuk menggabungkan file PDF, mengkompres file PDF maupun mengkonversi file PDF menjadi JPG.

Sekian langkah-langkah untuk cara convert PDF ke Excel secara online maupun offline. Cara di atas merupakan cara-cara yang sangat saya rekomendasikan.

Sebab, beberapa cara lain walaupun dapat melakukan konversi file namun file Excel menjadi berantakan atau tidak sesuai dengan kolomnya masing-masing.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend