Cara Melacak HP Android yang Hilang Secara Akurat, Bisa Dicoba Sekarang Juga!

Sebelum saya menjelaskan mengenai cara melacak HP yang hilang, saya akan bercerita sebentar. Kemarin sore saya didatangi oleh salah satu sahabat saya, sebut saja namanya Andi. HP Andi ini hilang beberapa hari yang lalu, ketika dia pergi ke suatu tempat dan menaruh HPnya di bagasi dek motornya. Ketika sampai ke tempat tujuan, dia kaget kalau HPnya sudah tidak ada lagi di bagasi dek depan. Spontan dia kaget dan bingung, lalu menelusuri kembali jalan yang dia tempuh untuk mencari HPnya yang hilang, namun sayang hasilnya nihil.

Keesokan harinya dia mendatangi rumah saya, dan meminta bantuan saya untuk melacak HPnya yang hilang. Jujur, untuk melacak HP yang hilang itu sulit-sulit gampang. Kenapa? Karena jika tanpa tiga faktor “X” sangat mustahil untuk dapat melacak dan menemukan kembali HP yang hilang.

Cara Melacak HP yang Hilang

Mungkin anda bertanta-tanya apa tiga faktor X tersebut. Tiga faktor yang saya maksud adalah, pertama anda harus ingat email dan password akun google, kedua penemu (atau bahkan pencuri) mempunyai iktikad baik untuk mengembalikan HP anda dengan menghubungi beberapa kontak yang ada di HP anda. Ketiga, HP anda dalam keadaan online (paket datanya hidup) dan fitur Location aktif (kalau ini biasanya sudah aktif secara default, jadi tidak perlu dikhawatirkan).

Akan lebih susah lagi atau bahkan mustahil jika ketiga faktor tersebut tidak terpenuhi, apalagi jika orang yang menemukan tersebut tidak memiliki niat yang baik, dengan melakukan flash pada HP android anda, tentu semua data, termasuk akun google yang terhubung di HP anda tersebut akan hilang. Langsung, berikut akan saya jelaskan bagaimana cara melacak HP yang hilang sesuai pengalaman saya:

1. Pertama-tama anda harus login ke akun google (gmail) anda melalui link berikut ini menggunakan browser, disarankan Google Chrome . Jika anda tidak mempunyai HP cadangan, anda bisa menggunakan HP saudara atau teman anda. Jangan menggunakan laptop kurang fleksibel, masak iya bawa-bawa laptop sambil mencari lokasi HP android anda.

2. Masukkan alamat email anda.

Masukkan alamat email anda

3. Kemudian masukkan password akun google anda.

masukkan password akun google

4. Setelah anda berada di halaman Akun Saya, scroll kebawah sedikit dan pilih Aktivitas & peristiwa keamanan perangkat.

Login & keamanan

5. Scroll kebawah sedikit kemudian pilih Tinjau Perangkat.

pilih Tinjau Perangkat

6. Pilih merk atau tipe HP anda yang hilang. Disini saya contohkan ponsel Oppo A37f yang hilang, dan saya ingin melacaknya. Maka dari itu, tinggal klik Oppo A37f.

pilih merk dan tipe HP

7. Setelah anda klik merk atau tipe HP yang dimaksud, selanjutnya pilih Kehilangan perangkat ini?.

Pilih kehilangan perangkat ini?

8. Untuk keperluan verifikasi, masukkan kembali password anda. Lalu pilih Next.

masukkan kembali password akun google anda

9. Untuk melacak lokasi HP android anda, pilih Temukan (seperti yang saya lingkari merah).

pilih Temukan

10. Masukkan kembali password akun google anda, kemudian pilih Next.

masukkan kembali password akun google anda

11. Setelah itu anda akan melihat detail lengkap lokasi HP anda sekarang. Gunakan dua jari untuk memperbesar (zoom) lokasi map.

untuk zoom detail lokasi

12. Setelah anda berada di lokasi yang dimaksud (lokasi HP anda berada), pilih Putar Suara agar HP anda berbunyi keras. Pastikan juga anda memperhatikan sekitar, apakah ada suara HP yang berbunyi keras.

pilih Putar Suara
Pada saat anda menekan tombol Putar Suara, pemegang HP anda bisa saja mematikannya, maka dari itu, anda harus cekatan pada step ini. Jika HP anda hilang di suatu tempat (bukan dibawah orang ya..), itu masih enak, HP anda akan berbunyi terus sampai 5 menit. Berbeda lagi, kalau HP anda di tangan orang yang memang ingin mencuri HP anda, itu beda lagi.

Jujur saja, untuk melacak HP anda yang hilang itu agak susah atau susah banget. Misalkan jatuh di suatu tempat (tidak ada orang yang menemukannya ya) mungkin peluang menemukannya cukup tinggi, berbeda lagi jika ditemukan seseorang yang memang ingin memilikinya (atau mencuri HP anda), itu yang susah, karena dalam hal ini kita harus cekatan.

Peluang akan lebih kecil lagi jika anda lupa alamat akun google anda beserta passwordnya, karena menurut saya, hampir mustahil untuk menemukannya, kecuali orang yang menemukan HP anda merupakan orang baik yang kemudian menjawab telpon anda sebagai pemilik HP dan menjelaskan bahwa HP anda berada di orang tersebut, dan ia ingin mengembalikannya kepada anda.

Jika HP anda sebelumnya memang dilengkapi dengan GPS tracker, mungkin menemukannya akan lebih mudah lagi, hehehe. Cuman itu yang bisa saya jelaskan untuk cara melacak HP yang hilang. Untuk kelanjutan kisah HP teman saya tidak sesuai yang diharapkan karena sepertinya HPnya sudah diflash / diformat factory oleh pencuri atau akun google teman saya telah dihapus dari HPnya sehingga tidak bisa saya tracking.

Saya sudah membaca banyak artikel di google mengenai cara melacak HP android yang hilang, namun beberapa cara tersebut terkesan mengada-ngada, yaa mungkin karena melacak HP yang hilang itu memang sulit.

2 Comments

  1. Mila
  2. Ayda

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend