5 Cara Mematikan Adblock di PC / Laptop maupun HP Android Anda

Adblock merupakan salah satu ekstensi atau add-ons pada browser. Adblock berfungsi untuk menahan iklan pengganggu yang muncul saat kita mengakses website tertentu. Hal ini tentu membuat kita lebih nyaman dalam melakukan penjelajahan di browser.

Namun, pada beberapa website kita dianjurkan untuk menonaktifkan atau mematikan adblock. Kasus yang sering dialami adalah saat kita ingin men-download suatu konten atau file pada website tertentu. Aktifnya adblock menyebabkan proses website terhenti sehingga kita pun tidak bisa mengunduh file tersebut. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang akan saya uraikan di bawah ini.

Cara Mematikan Adblock

Langkah-langkah mematikan adblock akan saya uraikan melakui dua cara, yaitu mematikan adblock di PC/laptop dan HP Android.

A. Cara Mematikan Adblock di PC / Laptop

Untuk PC/laptop, saya akan berikan tutorial mematikan adblock yang terpasang pada browser yang umum digunakan, antara lain Google Chrome dan Mozilla Firefox. Adblock yang telah terpasang pada browser Anda biasanya muncul sebagai tool yang tersedia pada jendela browser.

Biasanya letak ekstensi atau add-ons ini berada pada pojok kanan layar di samping address bar dengan logo tangan yang berarti ‘stop‘ untuk adblock dan logo hurup ‘ABP’ untuk adblock plus yang berlatarkan warna merah.

Adblock in Chrome

1. Mematikan Adblock di Google Chrome

Pada Google Chrome, adblock merupakan salah satu ekstensi (extension) yang penginstalannya dapat kita lakukan melalui Chrome Web Store. Adapun cara mematikan adblock adalah sebagai berikut.

1. Buka Google Chrome pada PC/laptop Anda.

2. Klik ikon titik tiga vertikal di pojok layar, pilih More tools. Lalu, klik Extensions untuk beralih ke halaman ekstensi.

cara mematikan adblock

3. Nah, selanjutnya pada halaman Extensions ini Anda akan mendapati semua ekstensi yang terinsatal di Google Chrome Anda. Cari Adblock atau Adblock Plus. Klik pada saklar biru untuk mematikan adblock seperti pada gambar di bawah ini.

click for disable

Setelah mengklik atau menggeser, saklar akan berubah warna menjadi abu-abu. Hal ini menunjukkan jika Anda telah mematikan adblock Anda.

4. Adblock Anda pun berhasil dimatikan. Anda juga dapat melihat pada jendela Chrome bahwa ikon adblock tidak muncul lagi di samping address bar.

2. Mematikan Adblock di Mozilla Firefox

Tidak jauh berbeda dengan Google Chrome, adapun langkah-langkah mematikan adblock pada Mozilla Firefox adalah sebagai berikut.

1. Buka Firefox Anda.

2. Klik ikon menu yang berada di sudut kanan seperti yang ditunjuk pada gambar.

click menu icon

3. Pilih Add-ons untuk membuka halaman add-ons.

cara mematikan adblock di chrome pc

4. Pilih Extentions di sisi kiri, lalu cari Adblock atau Adblock Plus yang terinstal pada Firefox Anda. Klik tombol Disable  untuk mematikannya.

click extensions and disable adblock

3. Cara Mematikan Adblock di Website Tertentu

Iklan merupakan penghasilan utama dari pemilik website. Jika memang iklan yang ditampilkan tidak mengganggu, tidak melayang-melayang, tidak muncul popup, maka sangat disarankan bagi Anda untuk mematikan adblock di website tersebut. Penghasilan dari iklan mereka gunakan untuk merawat dan mengelola website agar dapat diakses sampai sekarang dan menyajikan artikel-artikel yang membantu banyak orang. Bagaimana cara mematikan adblock di website tertentu? Berikut langkah-langkahnya:

1. Setelah halaman website telah terbuka, klik ikon Adblocker seperti yang telah diberi tanda panah.

adblock 1

2. Setelah itu pilih Pause on this site.

adblock 2

3. Jika ikon Adblocker berubah menjadi hijau, itu berarti Adblocker berhasil dimatikan di website tersebut.

adblock 1

Anda bebas mengaktifkan kembali Adblocker pada website tersebut jika anda rasa penempatan iklannya mengganggu. Namun jika tidak mengganggu, saya sarankan untuk tetap mematikannya, toh itu tidak merugikan anda.

B. Cara Mematikan Adblock di HP Android

Cara mematikan adblock pada HP Android akan saya uraikan menggunakan UC Browser dan Opera Mini. Perlu Anda ketahui, aplikasi browser UC Browser dan Opera Mini yang terinstal pada Android Anda telah memiliki adblock bawaan mereka masing-masing. Adblock ini otomatis berstatus enable pada kedua browser ini. Untuk mematikannya, simak uraian di bawah ini.

1. Mematikan Adblock di UC Browser

Langkah-langkah mematikan adblock pada UC Browser di Android adalah sebagai berikut.

1. Buka aplikasi UC Browser pada HP Android Anda.

2. Klik ikon menu seperti yang ditunjuk oleh gambar di bawah ini.

homepage uc browser

3. Kemudian, klik ikon pengaturan seperti yang dikotakin pada gambar.

cara mematikan adblock di android

4. Selanjutnya, pada halaman Settings, pilih Add-ons.

click add-ons

5. Setelah itu, klik Ad Block.click ad-block

6. Pada halaman Adblock, klik saklar oranye yang ditunjuk oleh panah seperti pada gambar untuk mematikan adblock pada UC Browser.

set disable

7. Adblock berhasil dimatikan. Tampilan akhir halaman adalah seperti pada gambar berikut.

cara mematikan adblock di uc browser terbaru

2. Mematikan Adblock di Opera Mini

Pada Opera Mini, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mematikan adblock.

1. Buka aplikasi Opera Mini di Android Anda.

2. Klik logo Opera Mini di sudut kanan bawah tampilan.

homepage opera mini

3. Setelah itu, Anda akan mendapati Ad blocking. Klik Ad blocking tersebut untuk mematikan adblock.

set ad blocking disabled 4. Akhirnya, pada Ad blocking akan tertera status Disabled yang menyatakan bahwa adblock telah berhasil dimatikan.

disabled success

Mematikan adblock pada browser Anda tidak berarti Anda menghilangkannya. Anda dapat mengaktifkan kembali sewaktu-waktu Anda membutuhkannya kembali. Anda juga bisa mematikan adblock untuk website tertentu dengan mengklik ikonnya pada browser saat Anda menjalankan website tersebut.  Pilih pilihan Enable/Disable on this site atau pilihan lainnya yang lebih spesifik memerintahkan ke halaman yang sedang Anda buka.

Jika ada tanggapan terhadap langkah-langkah di atas, silakan mengisi kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

2 Comments

  1. Rosi

Leave a Reply

Send this to a friend