Cara Memblokir Website Agar Tidak Bisa Diakses di Semua Browser

Jika kamu adalah orang tua atau kakak yang tidak ingin anak atau adiknya mengakses website tertentu, apalagi internet ini sangat luas sehingga bisa mencari konten apa saja hanya dengan sekali ketik lalu enter.

Memblokir website adalah pilihan yang tepat. Hal ini bisa melindungi mereka dari konten-konten yang berbahaya dan tidak layak dikonsumsi untuk mereka.

Bagaimana cara membloki website? Anda bisa memblokir website dengan menggunakan fitur andalan Windows tanpa harus install software baru. Yuk, simak penjelasan cara memblokir sebuah website agar tidak bisa di akses oleh semua browser berikut ini.

Cara Memblokir Website Agar Tidak Bisa Diakses di Semua Browser

Cara memblokir website kali ini ialah dengan memanfaatkan file hosts. Berikut penjelasannya.

1. Buka notepad kemudian jalankan sebagai administrator.

1-notepad

2. Pilih menu file, kemudian open. Browser ke folder C:\Windows\System32\drivers\etc. Pastikan di File name, Anda memilih All files. Nah, Anda akan bertemu dengan file hosts. Buka file tersebut.

2-file hosts

3. Edit file tersebut dengan mengarahkan URL yang ingin Anda block ke IP 127.0.0.1. Sebagai contoh, disini kita akan memblokir facebook (www.facebook.com) maka tinggal tambahkan atau ganti URL tersebut. Jangan lupa simpan file tersebut. Lalu hapus cache browser Anda.

3-ganti website

Usahakan file hosts ini jangan sampai terhapus ataupun banyak yang diganti-ganti susunan katanya karena akan merusak fungsinya sendiri.

Bagaimana, sangat mudah bukan? Begitulah cara memblokir sebuah website agar tidak bisa di akses oleh semua browser. Kini ketika Anda mengunjungi facebook melalui browser maka website tersebut akan terblokir. Blokir ini berlaku untuk semua account pengguna Windows, termasuk bagi kamu administrator. Terimakasih dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Send this to a friend