Cara Membuat Company Profile dengan Word

3 Cara Membuat Company Profile dengan Microsoft Word dengan Mudah

Company Profile adalah profil perusahaan yang berisi deskripsi bisnis atau perusahaan yang dimaksudkan untuk memberi tahu pelanggan, karyawan, dan investor.

Secara singkatnya, company profile adalah wajah atau image dari suatu perusahaan. Biasanya di dalam dokumen ini mencakup semua informasi tentang perusahaan Anda, visi, misi,  layanan, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Company Profile dengan Word

Sebenarnya tidak ada standar khusus dalam membuat sebuah company profile, namun disarankan agar membuat yang simpel, padat dan menarik.

Anda dapat menggunakan template yang dapat diunduh secara online ataupun membuatnya sendiri dari awal. Namun, penggunaan template akan lebih membantu Anda dalam mendesain profil perusahaan dengan lebih mudah tanpa menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

1. Langkah-Langkah Membuat Company Profile

Membuat sebuah Company Profile di Word dapat Anda lakukan menggunakan desain sendiri ataupun menggunakan template. Penggunaan template akan di bahas pada poin selanjutnya. Tidak masalah apakah Anda memiliki perusahaan kecil atau besar. Anda tetap harus membuat profil perusahaan Anda.

Tetapi menulis company profile tidaklah semudah yang dibayangkan. Anda harus menyajikan informasi yang sesuai untuk menarik pembaca Anda. Berikut ini langkah-langkah yang dapat membantu Anda dalam membuat profil perusahaan yang menarik:

1. Tetapkan tujuan profil perusahaan

Langkah pertama, tetapkan tujuan dari profil perusahaan Anda. Saat ini, sebagian besar bisnis menggunakan profil perusahaan mereka untuk berbagai skenario seperti untuk portofolio perdagangan, rencana investasi, situs web, dan lain sebagainya.

2. Tentukan gaya penggunaan

Setelah menetapkan tujuan dari profil perusahaan, sekarang saatnya menentukan bagaimana Anda berencana untuk menyajikan informasi. Anda mungkin ingin memecahnya menjadi beberapa bagian atau menyajikannya dalam bentuk garis waktu. Tetapi gaya ini bukan satu-satunya pilihan untuk menyajikan informasi. Anda bisa saja menarasikan cerita perusahaan menggunakan gambar, atau lain sebagainya.

3, Ceritakan kisah perusahaan

Salah satu cara untuk memikat pembaca atau audiens dan membuat mereka memperhatikan perusahaan Anda adalah dengan membuat cerita yang menarik. Anda dapat memasukkan tanggal dan angka dalam cerita  jika menurut Anda ini akan membantu.

4. Bagikan sejarah perusahan

Saat Anda menceritakan sejarah perusahaan kepada pembaca, pastikan Anda mengikuti urutan kronologisnya. Jangan membagikannya secara melompat dari masa sekarang ke masa lalu dan kembali lagi sehingga akan membingungkan pembaca Anda. Biarkan cerita mengalir sesuai garis waktu karena akan lebih masuk akal bagi pembaca Anda.

5. Sertakan pernyataan visi dan misi perusahaan

Saat Anda siap untuk membuat profil perusahaan, maka Anda harus sudah memiliki pernyataan visi dan misi perusahaan. Anda harus memberi tahu pembaca apa yang Anda tawarkan dan rencanakan untuk mengembangkan bisnis. Intinya, Anda mengimbau pembaca bahwa mereka harus memilih Anda di atas pesaing lainnya.

6. Sertakan detail perusahaan

Jika Anda ingin membuat profil perusahaan secara offline, maka berikan pembaca alamat, detail kontak, dan alamat email Anda di bagian atas profil. Tetapi jika Anda ingin menampilkan profil perusahaan di situs web atau forum online, Anda dapat memberikan informasi kontak hyperlink  di bagian bawah.

7. Sertakan beberapa testimoni 

Kesaksian positif apa pun selalu merupakan tambahan yang disambut baik untuk perusahaan Anda. Anda dapat meminta umpan balik pelanggan reguler Anda tentang bisnis atau perusahaan Anda. Ini adalah satu hal yang dicari banyak orang saat membaca profil perusahaan atau bisnis.

8. Tambahkan ajakan bertindak

Salah satu cara yang bagus untuk menambahkan sentuhan akhir pada profil perusahaan  adalah dengan mengakhirinya dengan ajakan bertindak. Dengan cara ini, Anda meninggalkan pembaca Anda dengan bahan pemikiran dan cara mereka dapat menemukan jawaban atas pertanyaan mereka.

9. Pertahankan kejelasan profil perusahaan

Pastikan profil perusahaan Anda sangat bersih dan jelas secara keseluruhan. Hal ini termasuk penggunaan font dan ukuran font yang sama untuk header dan teks isi. Hindari penggunaan visual yang terlalu mencolok atau tidak relevan atau warna yang funky. Tetap berpegang pada formula yang konsisten, yang sejalan dengan perusahaan Anda.

10. Periksa ulang

Pastikan profil perusahaan Anda diperiksa ulang untuk memastikan tidak ada kesalahan. Ingatlah bahwa dokumen ini adalah salah satu bagian terpenting dari tulisan yang memiliki tautan langsung ke perusahaan Anda.

2. Membuat Company Profile Menggunakan Template I (template.net)

Setelah Anda mengetahui bagaimana langkah-langkah yang tepat dalam membuat profil perusahaan, sekarang saatnya Anda mulai membuatnya. Anda bisa membuatnya menggunakan desain sendiri ataupun template. Pada artikel ini akan membagikan cara membuat profil perusahaan menggunakan template.

1. Pertama, silakan Anda buka web browser di PC atau laptop Anda.

2. Lalu, silakan Anda ketikkan template.net di pencarian. Seperti pada gambar di bawah ini.

template.net

3. Lalu, pada kotak pencarian silakan Anda ketikkan Free Company Profile.

Cara Membuat Company Profile dengan Word

4. Kemudian, akan muncul beberapa desain template yang bisa Anda gunakan. Pastikan Anda memilih yang ada ikon Word nya ya guys. Seperti gambar di bawah ini.

pilih template

5. Lalu, jika pilihan downloadnya belum Word, silakan Anda klik ikon panah seperti yang ada di gambar di bawah ini.

klik ikon panah

6. Lalu, silakan pilih Word.

klik word

7. Kemudian, silakan klik Download Now. Dan template Anda berhasil diunduh. Selesai.

Cara Membuat Company Profile dengan Word Online

3. Membuat Company Profile Menggunakan Template II (templatelab.com)

Website yang menyediakan template company profile selanjutnya adalah templatelab.com. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Pertama, silakan Anda buka web browser di PC atau laptop Anda.

2. Lalu, silakan Anda ketikkan templatelab.com di pencarian. Seperti pada gambar di bawah ini.

templtelab.com

3. Lalu, pada kotak pencarian silakan Anda ketikkan Free Company Profile.

ketikkan free company profile

4. Lalu, silakan pilih Company Profile Templates. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik company profile template

5. Kemudian, akan muncul berbagai macam desain yang bisa Anda unduh. Silakan Anda klik Download pada template yang ingin Anda unduh. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Cara Membuat Company Profile dengan Word dengan Mudah

6. Dan selesai. Template akan terunduh langsung di PC atau laptop Anda. Dan Anda bisa mengeditnya di Word. Selamat mencoba!

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang bagaimana caranya membuat company profile dengan Word. Jika Anda tidak ingin menggunakn template, Anda bisa langsung mendesainnya sendiri di Word. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend