Bagaimana Cara Membuat Email di Google dengan Mudah? Simak Tutorial Berikut Ini!

Pada awalnya, setiap menyebutkan kata Google, hal pertama yang akan terlintas adalah suatu media digital yang dapat anda gunakan untuk melakukan pencarian. Namun kini, seiring dengan berjalannya waktu kata-kata Google seringkali harus disebut lebih lengkap. Karena banyak masyarakat yang juga familiar dengan produk-produk lain milik Google.

Ya, Google tidak hanya berkecimpung di bidang search engine atau mesin pencarian. Jika anda mencari tahu lebih dalam, Google juga memiliki lebih dari 50 produk digital lain. Mulai dari Google Drive, Google Chrome maupun Google Mail. Produk yang terakhir kita sebut ini yang semakin lama semakin banyak peminatnya.

Google mail ini merupakan suatu layanan surel (surat elektronik) atau yang lebih familiar kita sebut dengan email, yang dibesut oleh Google. Layanan ini sebenarnya lebih familiar disebut dalam akronimnya, Gmail. Saat ini, Gmail bisa dibilang merupakan salah satu layanan penyedia email yang paling popular dan banyak digunakan.

Cara Membuat Email di Google

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan sedikit tutorial mengenai cara membuat email di Google. Mari kita simak langkah-langkah cara membuat email di Google dibawah ini.

1. Pertama-tama silakan buka browser yang ada pada komputer atau laptop anda. Sebelumnya pastikan bahwa komputer anda telah terhubung dengan jaringan internet. Kemudian buka halaman utama Google dengan mengetikkan https://www.google.com/ seperti yang dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

001io

 

2. Kemudian pada halaman utama Google, arahkan pandangan dan perhatian anda pada bagian kanan atas. Klik ikon mozaik persegi sehingga keluar beberapa simbol atau lambang beberapa layanan Google. Silakan Pilih Gmail.

cara membuat email di google

3. Selanjutnya anda akan diarahkan pada halaman utama Gmail. Silakan klik Create An Account.

003io

4. Anda lalu akan diarahkan pada halaman pertama untuk membuat akun baru pada Gmail.

cara membuat email di google

5. Silakan isikan data-data anda pada kotak yang telah disediakan. Setelah selesai, silakan klik tombol Next.

cara membuat email di google

6. Pada halaman sebelumnya anda telah mendaftarkan nama, karena itu tak heran jika di halaman ini Google telah ‘mengenal’ anda. Silakan isikan data tambahan untuk membantu Google lebih mengenal anda dan dapat mendaftarkan sekaligus juga untuk mengamankan akun Gmail anda. Setelah selesai, silakan klik tombol Next.

006io

 

7. Pada tahap ini sebenarnya akun anda telah dibuat, namun Google membutuhkan verifikasi dari anda yang membuktikan bahwa akun ini adalah benar milik anda. Karena itu Google akan meminta ijin dari anda untuk mengirimkan kode verifikasi via sms ke nomor HP yang anda isikan pada halaman sebelumnya. Silakan klik Send.

cara membuat email di google dengan mudah

8. Silakan tunggu beberapa detik sampai Google mengirimkan sms ke HP anda lalu tuliskan kode verifikasi ke dalam kotak yang disediakan Google dan klik Verify.

008io

9. Pada halaman selanjutnya Google akan meminta ijin untuk menggunakan nomor HP yang anda masukkan sebelumnya untuk menerima video call dan pesan, selain itu juga akan digunakan untuk menggunakan berbagai layanan Google. Silakan klik “Yes, I’m In” jika anda setuju.

cara membuat email di google lewat laptop

10. Kemudian anda akan diarahkan pada halaman Privacy and Terms. Silakan baca dengan teliti agar anda mengerti dimana kewenangan Google maupun Hak anda sebagai pengguna. Jika anda setuju, silakan klik “I agree

010io

11. Selanjutnya, Google akan melakukan proses loading menuju halaman inbox gmail anda.

011io

12. Akhirnya, anda akan sampai pada halaman inbox dan akun Gmail anda pun telah resmi didaftarkan dan dibuat.

013io

Meski gmail pada dasarnya hanyalah layanan surel atau email, namun dengan membuat akun di Google Mail atau gmail anda pun dapat menggunakan akun tersebut untuk berbagai layanan google lainnya. Sangat praktis dan gampang kan cara membuat email di Google? Maka tunggu apalagi, segera buat dan daftarkan akun anda.

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend