Belajar HTML Part 19: Cara Membuat Tabel di HTML

Beberapa informasi pada website sering ditampilkan dalam bentuk tabel. Tabel adalah sebuah data tabular dalam bentuk grid yang terdiri atas kolom, baris dan sel yang merupakan pertemuan antara kolom dan baris. Penggunaan tabel tentunya menjadikan informasi lebih ringkas dan padat serta membuat orang mudah membaca dan mengerti informasi yang terkandung didalamnya. Selain itu, tampilan data yang diambil dari database pun akan lebih mudah dibaca dan nyaman dilihat jika menggunakan tabel.

Melihat kegunaan dari tabel tersebut, tentunya Anda juga harus mempelajari bagaimana cara membuat tabel di HTML. Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini, saya akan membahas materi cara membuat tabel di HTML. Anda dapat membuat tabel di dokumen HTML menggunakan tag khusus yang sudah disediakan oleh HTML yaitu dimulai dengan pasangan tag <table> ……. </table>.

Penggunaan tabel pada dokumen HTML tidak tepat Anda gunakan untuk mendesain tata letak elemen – elemen dalam sebuah tabel dengan kata lain tidak boleh digunakan untuk layout halaman. Dahulu mungkin sering digunakan untuk mendesain tampilan website, tapi saat ini fungsinya digantikan oleh CSS yang jauh lebih baik dalam hal membuat tampilan website.

Adapun tag – tag umum yang disediakan HTML untuk membuat sebuah tabel antara lain :

Tag Fungsi
table digunakan untuk mendefinisikan sebuah tabel dimana sebuah tabel di HTML.
tr merupakan kepanjangan dari table row yang digunakan untuk mendefinisikan baris – baris pada suatu tabel.
th merupakan kepanjangan dari table header yang digunakan untuk mendefinisikan judul pada sel dalam tabel yang berada di bagian paling atas atau paling kiri tabel. Tabel header berada di bagian atas adalah judul kolom tabel, sedangkan tabel header yang terletak di bagian kiri adalah judul baris tabel.
td merupakan kepanjangan dari table data yang digunakan untuk mendefinisikan isi tiap sel dalam tabel.

Sebuah tabel di HTML dimulai dengan penggunaan tag <tabel> dan diakhiri dengan tag </tabel>. Diantara pasangan tag <tabel> … </tabel>, ditulis tag <tr> untuk membuat baris pada tabel.

Selanjutnya, di masing – masing pasangan tag <tr> …. </tr>, ditulis di dalamnya kolom – kolom menggunakan tag <th> untuk membuat header (induk sel) ataupun tag <td> untuk membuat isi di setiap sel dalam tabel. Berikut contoh kode sederhana membuat tabel di HTML:

<!DOCTYPE html>
<html>
 <head>
  <title>Penggunaan Tabel di HTML</title>
 </head>
 <body>
  <table>
   <tr>
    <th>Nama</th>
    <th>Jurusan</th>
    <th>Kelas</th>
   </tr>
   <tr>
    <td>Muhammad Ridho</td>
    <td>TKJ</td>
    <td>12</td>
   </tr>
   <tr>
    <td>Meilisa Niatur Rahmah</td>
    <td>MM</td>
    <td>11</td>
   </tr>
    <td>Johanes Eko Prasetyo</td>
    <td>RPL</td>
    <td>10</td>
   </tr>
 </table>
 </body>
</html>

Jika dijalankan di browser, tampilannya seperti ini:

tabel sederhana tanpa border

Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa tabelnya tidak memiliki garis tepi seperti yang terdapat pada tabel exel. Hal itu dikarenakan tabel tersebut tidak memiliki border (garis tepi/ bingkai). Anda bisa menggunakan atribut border untuk memberi tabel tersebut garis tepi, contoh kode HTMLnya seperti ini:

<!DOCTYPE html>
<html>
 <head>
  <title>Penggunaan Tabel di HTML</title>
 </head>
 <body>
  <table border="1">
   <tr>
    <th>Nama</th>
    <th>Jurusan</th>
    <th>Kelas</th>
   </tr>
   <tr>
    <td>Muhammad Ridho</td>
    <td>TKJ</td>
    <td>12</td>
   </tr>
   <tr>
    <td>Meilisa Niatur Rahmah</td>
    <td>MM</td>
    <td>11</td>
   </tr>
   <tr>   
    <td>Johanes Eko Prasetyo</td>
    <td>RPL</td>
    <td>10</td>
   </tr>
 </table>
 </body>
</html>

Hasilnya di browser seperti ini:

tabel sederhana dengan border

Pada gambar diatas, saya memberikan atribut border dengan nilai “1”, sehingga tabel tersebut memiliki garis tepi sebesar 1 pixel. Jika tidak ditulis maka tabel tidak memiliki garis tepi.  Satu hal lagi yang sering menjadi pertanyaan yaitu mengenai perbedaan antara tag <th> dan tag <td>.

Dari penjelasan diatas juga dijelaskan bahwa tag <th> digunakan untuk mendefinisikan judul (cell induk) untuk setiap kolom atau baris yang biasanya ditandai dengan huruf yang dicetak tebal dan berada di tengah seperti teks Nama, Jurusan, dan Kelas. Sedangkan tag <td> hanya mendefinisikan data pada setiap sel tabel yang ditandai dengan bentuk huruf yang normal dan default – nya ditulis rata kiri.

Selanjutnya Anda perlu mempelajari materi selanjutnya (masih mengenai tabel HTML) yaitu mengenai cara menggabungkan tabel di HTML.

3 Comments

  1. Avatar cwin
  2. Avatar mai krismal
  3. Avatar Sari Oktarini

Leave a Reply

Send this to a friend