2 Cara Membuka Task Manager di Komputer / Laptop (Semua Versi Windows) dengan Mudah

Di jaman teknologi seperti saat ini, penggunaan alat-alat hasil inovasi teknologi semacam komputer menjadi semakin vital perannya. Terutama bagi para pekerja kantoran yang sangat membutuhkan komputer dalam memproses sebagian besar pekerjaannya. Komputer sendiri memang memiliki banyak fitur yang memungkinkan banyak pihak untuk menggunakannya dalam kegiatan sehari hari.

Dalam hal proses pengontrolan, komputer biasanya telah dibekali dengan suatu aplikasi default yang memungkinkan penggunanya untuk memonitor dan bahkan mengontrol berbagai kegiatan dan aplikasi yang berjalan pada mesin komputer. Pada komputer dengan sistem operasi Windows, tugas tersebut dikerjakan oleh suatu aplikasi default milik Microsoft yang bernama Task Manager.

Terdapat beberapa fungsi yang akan anda dapatkan saat anda mengakses Task Manager. Beberapa diantaranya adalah, dapat melihat pengguna atau user yang sedang aktif atau online (dengan catatan pengguna menggunakan satu jaringan lokal yang sama), dapat juga mengirimkan pesan singkat kepada sesama user dalam satu jaringan lokal, dapat mengurutkan juga mengelola jendela aplikasi yang sedang aktif.

Task manager juga dapat digunakan untuk melihat aplikasi yang paling paling banyak digunakan oleh CPU pada komputer, dapat juga anda gunakan untuk mengelola prioritas suatu proses, untuk membatasi aplikasi untuk prosessor tertentu, untuk mengubah pengaturan kompatibilitas, untuk menampilkan service dan proses yang bekerja pada komputer, bahkan hingga memantau penggunaan CPU.

2 Cara Membuka Task Manager dengan Mudah

Untuk itu, pada artikel kali ini kami akan mencoba membantu anda untuk memberikan beberapa alternatif untuk cara membuka Task Manager pada komputer / laptop anda. Tutorial ini dapat anda lakukan di windows versi 7 keatas, jadi jangan khawatir jika anda menggunakan windows 8 atau 10.

A. Cara Membuka Task Manager Melalui Taskbar

1. Pertama tama, anda dapat menghidupkan komputer atau laptop anda. Biarkan komputer anda berjalan hingga seluruh program startup berjalan.

2. Selanjutnya arahkan kursor mouse ke arah panel taskbar di bagian bawah tampilan pada layar komputer atau PC anda.

3. Masih dengan kursor mouse yang berada di panel taskbar, kemudian dapat anda lanjutkan dengan klik tombol sebelah kanan pada mouse atau tetikus anda, silakan anda klik pada pilihan Task Manager.

cara membuka task manager

4. Selanjutnya anda akan diarahkan pada aplikasi Task Manager yang telah berhasil dibuka.

cara membuka task manager di laptop

5. Kini anda dapat melakukan proses kontrol dan monitoring segala aplikasi dan proses yang bekerja di PC atau komputer anda dengan lebih mudah dan leluasa.

B. Cara Membuka Task Manager Dengan Shortcut Pada Keyboard

1. Pertama tama, anda dapat menghidupkan komputer atau laptop anda. Biarkan komputer anda berjalan hingga seluruh program startup berjalan.

2. Kemudian arahkan jari anda pada keyboard, kemudian klik 3 tombol ini secara bersamaan: CTRL + SHIFT + ESC.

1

3. Selanjutnya anda akan diarahkan pada aplikasi Task Manager yang telah berhasil dibuka.

cara membuka task manager di windows

Kini anda dapat melakukan proses kontrol dan monitoring segala aplikasi dan proses yang bekerja di PC atau komputer anda dengan lebih mudah dan leluasa.

Demikian adalah beberapa cara yang dapat kami sarankan kepada anda mengenai cara membuka Task Manager pada komputer yang anda gunakan. Mengingat betapa seringnya kita mengakses komputer, suatu hal yang penting untuk dapat mengetahui cara membuka dan mengakses aplikasi bawaan Microsoft Windows yang satu ini.

Selain untuk mengontrol anda juga dapat memonitor dan mengawasi berbagai kegiatan dari beragam proses dan aplikasi yang sedang berjalan di komputer anda. Dengan aplikasi ini, anda akan dapat mengidentifikasi beragam kegiatan atau proses yang mencurigakan dan mengeliminasinya sejak dini sebelum merambat menjadi masalah besar bagi komputer anda di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Send this to a friend