Cara Memindahkan Akun Whatsapp ke HP Baru Tanpa Kehilangan Data Penting Anda

Penggunaanya yang simple, membuat aplikasi chat ini sangat digemari oleh berbagai kalangan. Kegunaan WhatsApp juga sangatlah banyak, mulai untuk melakukan obrolan pribadi hingga bertujuan untuk berbisnis dengan rekan-rekan Anda.

Kemudian, aplikasi chat yang telah dipinang oleh Facebook ini sangat berkembang pesat sejak mulai diluncurkannya WhatsApp ke masyarakat. Segala inovasi-inovasi baru terus menerus diberikan guna meningkatkan kepuasan pengguna.

Namun, beberapa pengguna WhatsApp yang ingin memindahkan akun WhatsApp miliknya ke smartphone baru memiliki kendala seperti kehilangan data chat salah satunya. Padahal chat tersebut sangat penting bagi Anda. Pada kesempatan ini, saya akan membahas bagaimana cara memindahkan akun whatsapp ke HP baru Anda tanpa kehilangan percakapan Anda.

Cara Memindahkan Akun Whatsapp ke HP Baru

Bagi Anda yang memiliki smartphone baru, Anda tidak perlu khawatir mengenai data-data chat pada WhatsApp Anda akan hilang. WhatsApp memiliki fitur untuk mem-backup data-data chat Anda untuk menghindari data penting yang tidak bisa diselamatkan. Pada tutorial ini, saya akan melakukan backup data-data pada WhatsApp terlebih dahulu pada smartphone lama untuk dipindahkan ke smartphone baru. Yuk langsung saja simak langkah-langkah cara memindahkan akun whatsapp ke HP baru di bawah ini!

1. Buka akun WhatsApp pada HP / smartphone lama Anda.

2. Lalu pilih pengaturan atau setting dengan cara pilih ikon menu yang berada di sudut atas > Lalu pilih Setting atau pengaturan.

cara memindahkan whatsapp ke hp baru

3. Selanjutnya pilih chats atau obrolan.

cara memindahkan whatsapp ke hp baru dengan nomor lama

4. kemudian pilih chat backup.

Langkah 4 - pilih chat backup

5. Pilih akun google untuk penyimpanan hasil backup Anda > Lalu pilih tombol back up yang ditunjuk oleh tanda panah merah pada gambar di bawah ini.

Langkah 5 - pilih akun lalu pilih backup

6. Tunggu hingga proses back up selesai dilakukan.

cara memindahkan whatsapp ke hp baru 2020

7. Setelah proses back up selesai, buka aplikasi WhatsApp pada smartphone baru Anda.

8. Pilih agree and continue atau setuju dan lanjutkan.

Langkah 8 - pilih agree and continue

9. Selanjutnya masukkan nomor WhatsApp Anda > Pilih Next.

Langkah 9 - masukkan nomor whatsapp

10. Kemudian pilih OK jika nomor WhatsApp Anda telah benar. Namun jika Anda keliru saat memasukkan nomor WhatsApp Anda, silakan pilih edit atau ubah.

Langkah 10 - OK

11. Anda harus melakukan verifikasi akun dengan memasukkan kode yang akan diberi oleh pihak WhatsApp. Anda dapat memilih melalui SMS atau telepon untuk mendapatkan kode tersebut. Pilih salah satu di antara kedua pilihan tersebut. Setelah Anda mendapatkan kode, langsung masukkan 6 digit kode yang telah diberikan pada area yang telah diberi tanda kotak warna merah pada gambar di bawah ini.

Cara Memindahkan Akun Whatsapp ke HP Baru

12. Kemudian akan ada pilihan untuk mengembalikan data-data chat WhatsApp yang telah Anda backup sebelumnya. Pilih Restore.

Langkah 12 - pilih restore

13. Tunggu hingga proses restore selesai. Jika data-data chat Anda ada banyak, mungkin akan membutuhkan waktu lama. Kemudian pilih Next atau Selanjutnya.

Langkah 13 - pilih Next

14. Masukkan nama Anda > Pilih Next atau selanjutnya.

Langkah 14 - isi nama lalu Next

15. Tunggu proses initializing hingga selesai.

Langkah 15 - tunggu hingga proses initializing selesai

16. Pilih Allow atau setuju untuk membaca kontak Anda agar kontak Anda langsung sinkron ke WhatsApp. Agar Anda tidak kehilangan kontak Anda, silakan lakukan backup daftar kontak pada smartphone lama Anda untuk kemudian direstore ke smartphone baru Anda.

Langkah 16 - pilih allow

17. Silakan cek seluruh chat Anda, jika seluruh chat masih ada maka Anda telah berhasil memindahkan akun WhatsApp ke smartphone baru Anda.

Langkah 17 - berhasil

Mudah bukan cara memindahkan akun whatsapp ke HP baru Anda? Untuk meminimalisir kehilangan data WhatsApp Anda, sering-seringlah melakukan backup pada beberapa tempat misalnya penyimpanan telepon, email maupun penyimpanan lainnya. Semoga Anda berhasil memindahkan akun WhatsApp ke smartphone baru tanpa kehilangan data-data penting Anda ya.

One Response

  1. Avatar Clo

Leave a Reply

Send this to a friend