Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid dengan Mudah (Telkomsel, IM3, XL Dll)

Apa anda tahu bagaimana cara mengatasi kode MMI tidak valid? Jika membahas tentang kode MMI atau MMI Code, mungkin bagi orang yang setiap hari berkecimpung di dunia jaringan, khususnya jaringan seluler tidak akan merasa asing lagi. Namun bagi orang awam pasti mereka akan bertanya-tanya kira-kira apa itu kode MMI dan fungsinya untuk apa. Padahal mereka setiap hari memanfaatkan kode MMI tersebut untuk saling terkoneksi antara perangkat hp yang satu dengan yang lainnya.

Memang tidak bisa kita pungkiri bahwa kebutuhan masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia tentang jaringan seluler tidak bisa terhindarkan. Berdasarkan keterangan yang disebutkan oleh Kominfo, setidaknya 253 juta orang yang tercatat sebagai pelanggan aktif untuk pulsa prabayar. Angka di atas merupakan nominal yang sangat besar dan akan terus membesar seiring dengan perkembangan waktu dan seiring dengan peningkatan jaringan seluler yang dilakukan pemerintah.

Berbicara tentang jaringan seluler, kita tentu tidak akan bisa lepas dari yang namanya kode MMI. Semua ISP jaringan seluler pasti menggunakan kode ini. Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari kode ini, seperti mengecek pulsa, mengecek promo, paket internet, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

Selain itu, untuk kode MMI yang dimasukkan pun juga bermacam-macam, tergantung operator seluler yang anda gunakan. Akan tetapi sepertinya sekarang kode MMI yang digunakan oleh para operator tersebut beberapa diantaranya memiliki kesamaan, yakni *123#. Ketika anda memasukkan kode tersebut, maka secara otomatis anda akan dibawa ke tampilan baru yang berisikan semua hal seperti yang kami sebutkan tadi.

Namun bagaimana jika ternyata kode MMI yang anda masukkan malah tidak berfungsi atau tidak valid? Pastinya telah terjadi sesuatu dan anda tidak bisa membiarkannya karena nanti anda tidak dapat mengecek kuota, promo, membeli kuota, dan lain sebagainya. Maka dari itu anda perlu memahami tentang bagaimana cara mengatasi kode MMI tidak valid.

1. Notifikasi kode MMI tidak valid kurang lebih seperti gambar dibawah ini. Anda akan mendapatkan notifikasi seperti ini ketika hendak ingin mengecek sisa pulsa / kuota internet.

Mengatasi Kode MMI Tidak Valid 1

2. Untuk mengatasinya, anda cukup memasukkan kode USSD berikut ini: *#*#4636#*#* kemudian pilih Call / Panggil.

kode mmi tidak valid

3. Setelah itu pilih SIM mana yang mendapat notifikasi error MMI tidak valid. Disini saya memilih SIM 1 jadi pilih Informasi telepon1.

cara mengatasi kode mmi tidak valid telkomsel

4. Pada opsi Setel Jenis Jaringan yang Disukai, anda akan melihat opsi LTE only. Anda perlu mengubah opsi ini.

Mengatasi Kode MMI Tidak Valid 4

5. Silakan ubah mnejadi LTE/CDMA auto (PRL) seperti gambar dibawah ini.

cara mengatasi kode mmi tidak valid telkomsel

6. Setelah itu coba lagi untuk melakukan cek pulsa / kuota internet melalui fitur *# maka akan normal kembali.

Mengatasi Kode MMI Tidak Valid 6

Itulah cara mengatasi kode MMI tidak valid yang berlaku untuk semua kartu SIM. Perlu anda ketahui, penyebab lain dari kode MMI tidak valid bisa juga disebabkan oleh beberapa hal berikut ini

1. Tidak ada sinyal

Penyebab pertama adalah karena masalah sinyal. Seberapa ‘hebat’ kartu SIM yang anda miliki tergantung dari seberapa kuat sinyal atau jaringan yag dimilkinya. Ketika sinyalnya down atau bahkan habis pasti akan menyebabkan masalah bagi anda. Salah satu masalah tersebut adalah ketika anda mengetikkan kode MMI, maka akan tertulis bahwa kode tersebut tidak valid.

2. Salah pengaturan jaringan

Kesalahan di dalam pengaturan jaringan juga bisa mengindikasikan kode MMI anda tidak valid. Untuk mengatasi hal ini silahkan anda cek pengaturan jaringan anda. Sesuaikan dengan jaringan yang ada di dearah anda apakah sudah support 4G atau belum.

3. Gangguan operator jaringan

Untuk penyebab ketiga ini bisa dikatakan tidak ada yang bisa anda lakukan. Anda hanya perlu menunggu sampai operator anda selesai memperbaiki masalahnya.

Leave a Reply

Send this to a friend