• Our Partners:

Cara Mengatasi USB Not Recognized pada Laptop

2 Cara Mengatasi USB Not Recognized pada Laptop / Komputer

Bagaimana cara mengatasi USB Not Recignnized pada laptop? USB merupkan singkatan Universal Serial Bus adalah teknologi yang digunakan untuk menghubungkan perangkat eksternal atau peripheral, seperti printer, scanner, joystick, keyboard, mouse, dan lain sebagainya. USB mampu mendukung transfer data hingga kecepatan mencapai 12 Mbps. Selain itu, hampir semua komputer maupun laptop sudah menggunakan USB yang biasanya disediakan 2 sampai dengan 4 port.

Berdasarkan penjelasan di atas kita bisa tahu bahwa USB merupkan teknologi yang digunakan untuk menghubungkan perangkat eksternal yang memiliki kecepatan transfer data hingga mencapai 12 Mbps. Ada beberapa kesitimewaan yang dimiliki oleh USB yang mungkin banyak orang masih belum mengetahuinya.

Beberapa kelebihan tersebut antara lain:

  • Komputer maupun laptop dapat difungsikan menjadi host.
  • Kabel USB bisa memiliki panjang sekitar 5 meter. Sementara untuk perangkat HUB mampu menjangkau jarak hingga 30 meter.
  • Tidak kurang dari 127 perangkat dapat terkoneksi dalam waktu yang bersamaan.
  • Perlu anda tahu bahwa perangkat USB memiliki sifatĀ hot swappable yang artinya hardware yang sudah support dengan USB bersifat plug and play. Jadi, anda tidak perlu lagi merestart komputer setelah anda melepas dan memasang perangkat peripheral kembali.

Cara Mengatasi USB Not Recognized pada Laptop

Bagi anda yang sering memanfaatkan USB untuk keperluan transfer data, mungkin anda pernah mengalami permasalahan yang satu ini. Masalah USB not recognized adalah masalah yang tidak boleh anda abaikan. Ketika komputer maupun laptop anda terkena masalah ini, maka perangkat eksternal yang anda tancapkan ke port USB tidak akan terdeteksi.

Biasanya anda akan mendapatkan notifikasi berupa tanda seru dan tulisan yang menyatakan bahwa USB not recognized. Berikut ini cara mengatasi USB not recognized dengan mudah.

1. Klik kanan ikon baterai yang terletak pada pojok kanan bawah desktop.

mengatasi usb not recognized windows 1

2. Setelah itu pilih Power Options.

mengatasi usb not recognized windows 2

3. Kemudian pilih Change plan settings.

Cara Mengatasi USB Not Recognized

4. Langkah selanjutnya anda pilih Change advanced power settings.

cara mengatasi usb not recognized windows 10

5. Pada USB settings > USB selective suspend setting silakan anda pilih Disabled pada opsi On battery dan Plugged in. Setelah itu anda restart laptop / komputer dan cek apakah notifikasi USB not recognized masih muncul atau tidak.

usb device not recognized windows 7 unknown device

Metode 2 : Update Driver USB

1. Klik ikon windows pada desktop.

mengatasi usb not recognized windows 6

2. Kemudian ketikkan dan pilih Device Manager.

Cara Mengatasi USB Not Recognized

3. Pilih driver Universal Serial Bus controllers.

mengatasi usb not recognized windows 8

4. Klik kanan masing-masing driver USB dan pilih Update driver.

mengatasi usb not recognized windows 9

5. Setelah itu pilih Search automatically for updated driver software.

mengatasi usb not recognized windows 10

6. Pastikan koneksi internet jalan, dan tunggu proses hingga selesai.

mengatasi usb not recognized windows 11

7. Driver USB sudah selesai diupdate. Setelah itu restart komputer / laptop anda dan cek apakah notifikasi USB not recognized sudah hilang atau belum.

mengatasi usb not recognized windows 12

Apa saja Komponen pada USB?

Berikut ini kami akan memberikan informasi tentang apa saja komponen yang terdapat di dalam USB:

  • Sambungan USB
  • Titik percobaan
  • Ocillator kristal
  • Chip flash memory
  • Ruang kosong
  • LED
  • Perangkat pengontrol

Apa penyebab USB Not Recognized?

Sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan masalah ini terjadi yang akan kami jelaskan kepada anda seperti di bawah ini:

Tidak ada driver USB

Permasalahan pertama karena port USB yang tidak memiliki driver. Untuk mengatasi hal ini tentu sangat mudah. Anda tinggal mendownload driver USB yang sesuai dengan laptop maupun komputer anda. Ingat, setelah anda install maka anda harus merestartnya agar supaya bisa berfungsi dengan baik.

Driver minta diupdate

Permasalahan kedua adalah karena driver USB di laptop anda minta diupdate. Mungkin and sudah tahu bahwa laptop dan komputer mempunyai drivernya masing-masing. Fungsi driver adalah sebagai jembatan yang digunakan untuk menghubngkan hardware dengan sistem operasi. Jika USB anda terdapat notifikasi seperti ini, maka coba mengupdate drivernya.

Itulah cara mengatasi USB not recognized dengan mudah. Penyebab USB not recognized juga bisa karena perangkat yang anda tancapkan sudah rusak. Mungkin saat itu flashdisk yang anda tancapkan kondisinya sudah rusak sehingga muncul notifikasi seperti ini. Solusinya bagaimana? Perbaiki flashdisk anda terlebih dahulu sampai benar-benar bisa dan terdeteksi oleh port USB.

Leave a Reply

Send this to a friend