• Our Partners:

Cara Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working

3 Cara Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working (Berhasil)

Bagaimana cara mengatasi Windows Explorer has stopped working? Semua orang yang menggunakan komputer atau laptop pasti tidak akan asing dengan yang namanya Windows.

Windows merupakan salah satu sistem operasi paling populer yang banyak digunakan oleh seluruh pengguna komputer di dunia. Banyak kemudahan yang diberikan oleh Windows yang membuat sistem operasi yang satu ini menjadi salah satu yang terfavorit. Salah satunya adalah tampilan Windows yang memang lebih menarik dibandingkan sistem operasi yang lainnya.

Ditambah lagi dengan adamya Windows 10 semakin menegaskan bahwa memang sistem operasi buatan Microsoft ini memiliki tampilan yang tiada duanya.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh OS Windows adalah banyaknya aplikasi yang sudah kompatibel dengannya sehingga anda bisa langsung menginstalnya tanpa perlu khawatir apakah aplikasi tersebut support atau tidak.

Cara Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working

Berbeda dengan sistem operasi lainnya dimana anda harus berpikir terlebih dahulu kira-kira aplikasi yang akan anda gunakan akan cocok dengan sistem operasi tersebut atau tidak.

Salah satu kelebihan lainnya yang dimiliki oleh Windows adalah banyaknya fitur yang ditawarkan. Salah satu fitur tersebut bernama Windows Explorer. Fitur ini nanti berperan sebagai user interface atau UI yang tujuannya untuk memudahkan para pengguna dalam mengeksplor program-program yang ada di dalam Windows.

Namun terkadang Windows Explorer bisa mengalami masalah untuk beberapa pengguna, salah satunya muncul error Windows Explorer has stopped working. Untuk mengatasinya, cek langkah-langkahnya disini:

Pastikan anda mencoba semua solusi yang kami jelaskan dibawah satu per satu. Hasil setiap pengguna mungkin bisa berbeda, solusi pertama ada yang berhasil, namun ada juga yang tidak.

Solusi 1 : Restart Windows Explorer

  1. Tekan kombinasi tombol Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager. Selanjutnya anda pilih Windows Explorer.Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working 1
  2. Kemudian klik kanan lalu anda pilih End task. Tampilan desktop windows anda akan mengalami sedikit perubahan, jangan khawatir.Cara Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working
  3. Selanjutnya pindah ke menu File > Run new task untuk menjalankan kembali Windows Explorer.Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working 3
  4. Ketikkan explorer lalu pilih OK. Tampilan yang bertuliskan Windows Explorer has stopped working tidak akan muncul lagi.Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working 4

Solusi 2 : Repair File Sistem dengan Chkdsk

  1. Jalankan Command Prompt sebagai administrator.Cara Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working dengan Chkdsk
  2. Kemudian jalankan perintah chkdsk /r /f seperti pada gambar.Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working 9
  3. Pengecekan dan proses perbaikan akan dilakukan setelah anda merestart laptop anda. Maka dari itu, ketikkan Y lalu tekan Enter.Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working 10
  4. Tutup jendela command prompt kemudian restart laptop anda dengan cara klik kanan ikon Windows kemudian pilih Shut down or sign out lalu pilih Restart.Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working 11
  5. Tunggu proses pengecekan dan perbaikan hingga selesai. Lama tidaknya proses ini bergantung pada file mana saja yang corrupt dan akan direpair oleh Windows.Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working 13
  6. Windows juga akan melakukan update sehingga file sistem Windows anda tetap up to date.Cara Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working Berhasil
  7. Setelah itu anda akan dibawa ke tampilan desktop dan masalah Windows Explorer has stopped working tidak akan muncul lagi.

Solusi 3 : Repair File Sistem yang Corrupt

    1. Cara yang ketiga adalah dengan memperbaiki file system pada Windows yang corrupted sehingga menyababkan Windows Explorer terbuka sendiri. Masuk ke Command Prompt sebagai administrator.Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working 5
    2. Setelah itu jalankan perintah sfc /scannow untuk memperbaiki file-file system yang rusak dan bermasalah.Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working 6
    3. Jika perintah diatas tidak berhasil, maka anda bisa menjalankan perintah dibawah ini, satu per satu ya terus tekan tombol Enter.
      1. DISM.exe /Online /Cleanup-image /Scanhealth
      2. DISM.exe /Online /Cleanup-image /Restorehealth

Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working 7

Setelah itu coba restart laptop atau komputer anda untuk melihat hasilnya. Apakah Windows Explorer masih suka terbuka sendiri atau tidak

Penyebab Windows Explorer Has Stopped Working

Salah satu masalah yang dialami adalah Windows Explorer has stopped working. Masalah seperti ini tidak boleh anda anggap enteng karena bisa berpengaruh terhadap kinerja komputer maupun kenyamanan anda ketika menggunakan OS Windows.

Bahkan akibat dari Windows Explorer has stopped working, membuat hampir semua ikon taskbar tiba-tiba menghilang. Tentu anda tidak boleh membiarkan hal tersebut terjadi sehingga penting untuk segera melakukan perbaikan.

Setelah anda mengetahui penanganan untuk mengatasi Windows Explorer has stopped working, selanjutnya anda harus tahu kira-kira apa saja hal-hal yang mengakibatkan terjadinya masalah seperti ini. Maka dari itu, silahkan anda simak penjelasan kami berikut ini:

1. Kapasitas harddisk tinggal sedikit

Penyebab pertama yang bisa mengakibatkan Windows Explorer has stopped working adalah kapasitas harddisk komputer anda yang sudah menipis, khususnya harddisk pada drive C.

Ada beberapa masalah yang bisa anda alami ketika kapasitas harrdisk tinggal sedikit, salah satunya adalah bad sector. Jika bad sector tersebut terkena sistem, maka sudah tentu sistem operasi anda akan mengalami penurunan performa maupun error.

2. Terkena virus

Penyebab yang kedua adalah disebabkan oleh komputer atau laptop anda yang terkena virus. Virus memang bisa menyerang kapan pun tanpa bisa kita prediksi. Ketika virus sudah menyerang sistem operasi, maka bisa mengakibatkan masalah pada sistem operasi itu sendiri. Akibatnya, anda juga mengalami masalah seperti Windows Explorer yang tiba-tiba tidak bekerja sehingga anda tidak bisa mengoperasikan program komputer.

Semoga panduan cara mengatasi Windows Explorer has stopped working bisa menjadi solusi bagi permasalahan laptop dan komputer anda. Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan tanya pada kolom komentar dibawah ini.

Leave a Reply

Send this to a friend