• Our Partners:

cara mengatasi Windows Firewall has block some features of this program

4 Metode Mudah : Cara Mengatasi Windows Firewall Has Blocked Some Features of This Program

Bagaimana cara mengatasi Windows Firewall has block some features of this program? Sebelum kita masuk ke beberapa langkah untuk memperbaiki masalah ini, informasi pertama yang harus anda ketahui adalah seputar pengertian dan juga fungsi yang dimiliki oleh Windows Firewall.

Mungkin sedikit orang yang mengetahui Windows Firewall. Bahkan mungkin mereka tidak sadar jika laptop atau komputer mereka yang diinstal sistem operasi Windows tahu bahwa di dalamnya ada fitur yang bernama Windows Firewall.

Lalu apa sih fungsi dari Windows Firewall? Windows Firewall merupakan sebuah program yang terinstal secara otomatis yang digunakan sebagai proteksi atau pengaman. Ketika kita terhubung ke internet, kita berpotensi kapan saja dan dimana terserang berbagai ancaman yang bisa berakibat data-data kita dicuri. Berikut langkah-langkah cara mengatasi Windows Firewall has block some features of this program:

Cara Mengatasi Windows Firewall Has Blocked Some Features of This Program

Metode 1 : Allow access pada Aplikasi yang Bermasalah

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah windows firewall has blocked some features of this program adalah dengan mencentang opsi Private networks dan Public networks kemudian pilih Allow Access.

cara mengatasi Windows Firewall has block some features of this program dengan allow access

Metode 2 : Mengizinkan Aplikasi pada Pengaturan Firewall

1. Pertama-tama anda perlu masuk ke Control Panel kemudian pilih System and Security.

Windows Firewall Has Blocked Some Features of This Program - Allow 1

2. Setelah itu pilih opsi Allow an app through Windows Firewall.

Windows Firewall Has Blocked Some Features of This Program - Allow 2

3. Untuk memberikan akses firewall pada aplikasi tertentu, silakan pilih Change settings.

cara mengatasi Windows Firewall has block some features of this program windows 10

4. Pilih aplikasi yang bermasalah yakni yang muncul notifikasi windows firewall has blocked some features of this program. Kemudian berikan checklist pada opsi Private ataupun Public. Terakhir pilih OK.

Windows Firewall Has Blocked Some Features of This Program - Allow 4

Metode 3 : Uninstall Aplikasi

1. Masih di jendela Control Panel. Silakan anda pilih Uninstall a program.

uninstall aplikasi 1

2. Setelah itu pilih aplikasi mana yang menyebabkan notifikasi windows firewall has blocked some features of this program sering muncul. Jika memang aplikasi tersebut tidak anda gunakan maka lebih baik anda menghapusnya ketimbang notifikasi menjengkelkan tersebut terus muncul. Klik kanan aplikasi tersebut kemudian pilih Uninstall.

cara mengatasi Windows Firewall has block some features of this program dengan uninstall program

Metode 4 : Kembalikan ke Pengaturan Defaults.

1. Pada jendela Windows Defender Firewall, silakan anda pilih Restore defaults.

default settings 1

2. Setelah itu pilih lagi opsi Restore defaults.

default settings 2

3. Jika anda mendapatkan notifikasi seperti ini, tinggal pilih Yes.

default settings 3

Dengan menggunakan Windows Firewall, maka komputer maupun laptop anda bisa terhindar dari berbagai virus yang bisa menyerang kapan saja. Dengan kata lain, peran dari program ini bukan hanya sekedar pengaman saja melainkan juga sebagai antivirus. Mengaktifkan Windows Firewall berarti anda melindungi komputer anda dari ancaman orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang terkadang menyelipkan virus pada situs atau website yang anda buka.

Setidaknya ada 3 tipe firewall yang ada di komputer, antara lain:

  • Windows Firewall Home Network
  • Windows Firewall Work Network
  • Windows Firewall Public Network

Jadi, anda bisa menentukan akan memilih jenis firewall yang mana. Tentu dalam memilihnya anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan anda. Misalnya, Windows Firewall tipe Home dan Work digunakan untuk memberikan izin pada setiap jaringan yang sama agar bisa mengakses informasi yang ada di setiap komputer, termasuk juga komputer anda.

Sementara untuk Windows Firewall Public untuk user maupun pengguna lain yang terkoneksi ke dalam jaringan maupun tidak sedang terhubung dimana mereka tidak dapat mengakses data-data yang anda miliki. Dengan begitu, data-data yang anda miliki aman ketika menggunakan Windows Firewall tipe Public.

Jenis-Jenis Windows Firewall

1. Personal Firewall

Memiliki fungsi untuk melindungi perangkat anda yang terhubung ke jaringan sehingga mereka tidak dapat mengakses data atau file anda. Menggunakan personal firewall membuat komputer anda terlindungi dari spam, spyware, maupun juga virus. Contohnya adalah Windows Firewall yang ada di komputer.

2. Network Firewall

Sebenarnya untuk fungsi network firewall tidak jauh berbeda dengan jenis sebelumya. Network firewall adalah keamanan windows yang digunakan untuk melindungi perangkat anda secara lebih menyeluruh. Contohnya adalah Microsoft Internet Security and Accelecation Server atau ISA Server.

3. Firewall hardware

Untuk jenis keamanan yang satu ini lebih kompleks dibandingkan jenis firewall yang lainnya. Fungsinya adalah mengamankan semua komponen sementara sistem dibiarkan tetap berjalan apa adanya di jaringan yang sebelumnya sudah direkayasa khusus sebagai server. Biasanya firewall hardware digunakan pada jaringan yang lebih luas.

4. Firwall software

Firewall software juga disebut Windows Firewall pribadi karena memang dirancang dengan tujuan menjaga komputer. Biasanya digunakan pada komputer rumah maupun juga komputer kantor sehingga bisa mencegah akses komputer lain yang tidak diinginkan sehingga tidak bisa tersambung ke komputer kita.

Leave a Reply

Send this to a friend