• Our Partners:

Cara Menggabungkan Partisi Hardisk Menjadi Satu

Tutorial Cara Menggabungkan Partisi Harddisk Menjadi Satu di Windows 10

Apa anda tahu bagaimana cara menggabungkan partisi harddisk? Harddisk merupakan salah satu perangkat keras yang penting di dalam komputer maupun laptop. Fungsi dari harddisk tidak lain adalah sebagai media penyimpanan permanen untuk menyimpan berbagai macam file dengan berbagai ukuran. Perangkat keras yang satu ini menyediakan sebuah fitur yang bernama partisi harddisk atau pembagian kapasitas harddisk.

Partisi harddisk merupakan sebuah metode yang digunakan untuk membagi kapasitas harddisk menjadi beberapa bagian agar supaya penggunaannya bisa lebih efektif.

Dengan pembagian ini maka data-data anda tidak akan tercampur menjadi satu. Bayangkan saja jika anda tidak membagi harddisk anda. Nanti data-data akan akan menjadi satu dengan data sistem yang mana kondisi seperti ini hanya akan merepotkan dan rawan data-data anda akan terhapus.

Cara Menggabungkan Partisi Hardisk Menjadi Satu

Berikut akan saya jelaskan mengenai bagaimana cara menggabungkan partisi harddisk di Windows 10 dengan mudah. Simak langkah-langkahnya.

1. Sebagai contoh, disini saya ingin menggabungkan partisi DATA 2 (E:) menjadi satu dengan partisi DATA 1 (D:). Maka dari itu, pastikan anda terlebih dahulu melakukan backup data / memindahkan file-file yang ada diĀ  partisi DATA 1 (D:)

Cara Menggabungkan Partisi Windows

2. Masuk ke Disk Management dengan cara klik kanan logo Windows yang terletak di pojok kiri bawah desktop.

Masuk ke Disk Management

3. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, bahwa saya ingin menggabungkan partisi DATA 2 ke partisi DATA 1, sehingga nanti ukuran partisi DATA 1 akan bertambah. Klik kanan partisi DATA 2 kemudian pilih Delete Volume.

cara menggabungkan partisi hardisk yang unallocated

4. Akan muncul notifikasi bahwa semua data yang ada di partisi DATA 2 akan terhapus, pilih Yes.

Akan muncul notifikasi

5. Partisi yang dihapus tersebut akan menjadi Free space. Silakan klik kanan, kemudian pilih Delete Partition.

cara menggabungkan partisi hardisk windows 10

6. Jika anda mendapatkan notifikasi seperti ini, pilih Yes.

mendapatkan notifikasi seperti ini

7. Setelah itu klik kanan partisi DATA 1 kemudian pilih Extend Volume.

klik kanan partisi DATA 1

8. Pilih Next.

cara menggabungkan partisi hardisk tanpa menghapus data

9. Pilih Next lagi.

Pilih Next lagi

10. Setelah itu pilih Finish.

Setelah itu pilih Finish

11. Partisi DATA 1 yang awalnya ukurannya sekitar 20GB sekarang menjadi 30GB.

Partisi DATA 1

Dengan menggabungkan dua atau lebih partisi menjadi satu, anda akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut:

1. Memberikan kemudahan bagi pengguna

Fungsi yang pertama dari partisi harddisk adalah memberikan kemudahan kepada pengguna. Kami sudah menjelaskan secara singkat bahwa dengan adanya pembagian harddisk ini, maka anda bisa lebih efektif di dalam menggunakan media penyimpanan tersebut. Ketika anda menyimpan data dalam satu partisi, yang akan anda alami adalah kerepotan dan kebingungan karena akan ada banyak sekali data yang menumpuk dan menjadi satu.

Tentu siapapun tidak ingin mengalami hal seperti ini. Maka dari itu fitur partisi harddisk bisa anda manfaatkan untuk membagi beberapa kapasitas harddisk menjadi beberapa bagian. Misalnya anda membaginya menjadi 3 partisi. Mungkin partisi yang pertama bisa anda isi dengan data sistem, partisi kedua dengan data-data kerja atau sekolah, dan partisi ketiga tentang file-file hiburan seperti video, audio, dan file untuk master game.

2. Penggunaan harddisk bisa lebih optimal

Tujuan kedua dari adanya partisi harddisk adalah untuk membuat penggunaan harddisk menjadi lebih optimal. Tempat penyimpanan anda tersebut akan lebih teratur dan tidak akan menjadi satu. Anda bisa membagi setiap kapasitas harddisk sesuai dengan keinginan anda. Namun sebelum membagi kapasitasnya tersebut, pastikan anda sudah menentukan berapa banyak partisi yang anda butuhkan dan berapa banyak kapasitas untuk setiap masing-masing partisi harddisk.

3. Komputer bisa bekerja lebih cepat

Kinerja komputer cenderung akan terganggun ketika semua data anda menjadi satu dalam satu harddisk. Hal ini karena proses pencarian atau index file akan membutuhkan waktu yang lama sehingga kinerja komputer menjadi lambat. Berbeda halnya ketika anda sudah mempartisi harddisk anda. Anda bisa mengetikkan file sesuai dengan tempat partisi harddisk tersebut.

4. Data akan lebih aman

Data bisa lebih aman pada saat terjadi kesalahan pada drive yang berkaitan dengan pengelolaan sistem. Misalnya, jika drive C bermasalah, maka kondisi ini cenderung tidak akan berpengaruh pada Drive D, begitu pula sebaliknya.

Itulah tutorial mengenai cara menggabungkan dua atau lebih partisi menjadi satu sehingga ukuran partisi semakin lebih besar dan bisa digunakan untuk menyimpan data lebih banyak lagi.

One Response

Leave a Reply

Send this to a friend