• Our Partners:

Cara Menggunakan Dark Mode di Instagram

2 Cara Menggunakan Dark Mode di Instagram (Dengan atau Tanpa Aplikasi )

Trend sosial media setiap tahunnya pasti selalu mengeluarkan fitur-fitur terbaru. Dan beberapa waktu yang lalu, Instagram telah mengeluarkan sebuah fitur yang dinamakan dengan Dark Mode. Mode gelap atau dark mode ini akan mengubah tampilan Instagram menjadi berwarna hitam.

Tentu saja hal ini sangat ditunggu-tunggu oleh para pengguna. Pasalnya, sekarang para pengguna yang menggunakan Instagram di malam hari tidak merasa khawatir dengan kondisi matanya. Karena fitur ini mampu mengurangi tingkat cahaya dan mata akan terasa lebih ringan ketika menatap handphone. Dibandingkan dengan Instagram versi terdahulunya, Instagram menggunakan tema berwarna putih.

Nah, bagaimana cara menggunakan dark mode di Instagram? Pada artikel ini akan menjelaskan mengenai cara menggunakan dark mode di Instagram.

Cara Menggunakan Dark Mode di Instagram

Sebelum itu, ada satu syarat yang harus Anda penuhi agar Anda bisa menikmati fitur dark mode di Instagram ini. Syaratnya yaitu Handphone Android Anda harus sudah menggunakan versi 10.

Ya, Instagram hanya memperbolehkan Android versi 9 keatas yang bisa menikmati fitur dark mode ini. Oleh karena itu, apabila Anda memiliki Android yang versinya dibawah 9 keatas, maka Anda tidak dapat menggunakan dark mode ini.

Begitu juga dengan Iphone, Anda harus memiliki Iphone yang sudah menggunakan versi 13 untuk bisa menikmati fitur dark mode Instagram ini. Dan sekarang yang bisa mengupdate IOS menjadi IOS 13 yaitu mulai dari Iphone 6s sampai dengan Iphone 11.

1. Mengaktifkan Dark Mode Instagram tanpa Aplikasi

1. Seperti inilah tampilan timeline Instagram yang biasanya kita lihat. Nah disini kita lihat warna latar belakang dari aplikasi tersebut adalah warna putih. Dimana ketika kita menggunakan Instagram pada malam hari atau dengan lampu yang dimatikan, maka mata kita akan cepat lelah karena warnanya yang begitu terang.

cara menggunakan dark mode di instagram

2. Langkah pertama yang harus kita lakukan untuk mengaktifkan dark mode yaitu dengan cara klik menu pengaturan yang ada di handphone Android kita.

Cara Menggunakan Dark Mode di Instagram

3. Apabila Anda sudah masuk ke menu pengaturan yang ada di handphone Android Anda, maka pilihlah menu Tampilan dan kecerahan. Pada menu ini Anda dapat mengatur tampilan pada handphone Anda beserta dengan kecerahan atau brightnessnya.

cara membuat instagram hitam di android

4. Didalam menu Tampilan dan kecerahan, Anda akan menemukan berbagai tools yang dapat mengatur tampilan Android dan juga kecerahannya. Nah, untuk mengaktifkan fitur dark mode, Anda klik menu Mode Gelap yang ada pada menu Tampilan dan Kecerahan tersebut seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Menggunakan Dark Mode di Instagram Terbaru

5. Sekarang Anda sudah berada pada tampilan menu Mode Gelap, dapat Anda lihat pada menu tersebut memiliki ilustrasi dari mode gelap yang dapat Anda aktifkan. Dimana pada sisi kiri merupakan tampilan Android dalam mode terang dan pada sisi kanan merupakan tampilan Android dalam mode gelap. Untuk mengaktifkan mode gelap tersebut, lihatlah pada opsi Mode Gelap yang disampingnya terdapat toogle yang belum aktif. Geser toogle tersebut sampai menjadi berwarna biru untuk mengaktifkan mode gelap..

darkmode

6. Nah, apabila toogle mode gelap tersbeut sudah aktif, maka tampilan pada Android Anda akan menjadi gelap dan berwarna hitam seperti pada gambar berikut ini.

Cara Menggunakan Dark Mode Instagram Android

7. Cobalah Anda buka aplikasi Instagram Anda, dan lihatlah sekarang aplikasi Instagram Anda juga ikut berubah menjadi mode gelap seperti pada gambar dibawah ini.

darkmode

Mode gelap atau dark mode yang telah Anda aktifkan pada tampilan Android Anda tersebut akan secara otomatis mengubah beberapa aplikasi yang Anda gunakan di Android Anda juga menjadi mode gelap. Seperti aplikasi Instagram, twitter, dan whatsapp.

2. Mengaktifkan Dark Mode Instagram menggunakan Aplikasi

1. Dikarenakan Android yang memiliki versi 9 kebawah tidak memiliki pengaturan tampilan dark mode di pengaturannya, tetapi kita juga dapat mengaktifkan dark mode dengan menggunakan aplikasi tambahan. Carilah aplikasi Dark Mode di Play Store seperti pada gambar dibawah ini. Dan klik Install untuk menginstallnya.

darkmode

2. Pada halaman utama aplikasi Dark Mode, kliklah tombol Night Mode.

darkmode

3. Maka aplikasi akan memberitahukan Anda bahwa Anda sudah mengaktifkan fitur mode gelap .

darkmode

4. Klik Show Supported Apps.

darkmode

5. Pastikan pada icon Instagram sudah berwarna hijau.

Cara Menggunakan Dark Mode di Instagram untuk Semua Tipe HP

6. Nah, jika semua langkah sudah dilakukan, sekarang bukalah aplikasi instagram. Dan lihatlah tampilan timeline Instagrammu yang sudah berubah menjadi mode gelap atau dark mode.

darkmode

Itulah tutorial atau cara menggunakan Dark Mode di Instagram. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mengubah tampilan Android Anda menjadi dark mode atau mode gelap.

Leave a Reply

Send this to a friend