2 Cara Menghapus File di Google Drive Melalui PC dan HP Android dengan Mudah dan Cepat

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini, bukan? Google Drive merupakan salah satu layanan dari Google yang digunakan sebagai tempat penyimpanan berbasis Cloud. Layanan ini sudah diluncurkan sejak 24 April 2012 yang lalu dan memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 15GB secara gratis untuk semua pengguna. Penambahan kapasitas penyimpanan akan dikenakan biaya.

Di Google Drive Anda dapat menyimpan beragam jenis file mulai dari dokumen, gambar, video, audio, dan yang lainnya serta mengunduh file-file yang sudah Anda simpan. Anda juga dapat membuat file dan folder dan membagikannya kepada orang lain baik secara publik ataupun private.

Dengan adanya internet, Anda dapat mengakses file melalui Google Drive dimana saja dan kapan saja. Tidak jarang juga, orang-orang mengupload file dan folder penting mereka ke Google Drive sebagai backup karena bisa saja tempat penyimpanan file seperti flashdisk, CD, ataupun hardisk mengalami kerusakan ataupun hilang sehingga Anda dapat kehilangan data Anda.

Nah, pada tutorial ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara menghapus file pada Google Drive melalui PC/laptop dan handphone. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan dibawah ini.

Cara Menghapus File di Google Drive

Bagaimana menghapus file di Google Drive melalui PC/laptop? Menghapus file di  Google Drive melalui PC/laptop sangatlah mudah dan sederhana mengingat interface pada Google Drive mengadopsi konsep desain yang user-friendly. Berikut dibawah ini, beberapa langkah cara menghapus file di google drive melalui PC/laptop maupun HP :

1. Menghapus File pada Google Drive di PC/Laptop

1. Login ke Google Drive Anda, bisa melalui link berikut ini.

2. Pilih file atau folder yang akan dihapus pada halaman utama Google Drive. Lalu, klik ikon Hapus yang ditunjuk oleh panah seperti pada gambar dibawah ini.

cara menghapus file di google drive

3. Hasilnya, file atau folder tersebut berhasil dihapus.

2. Cara Menghapus File pada Google Drive di HP

Sebelumnya, kita sudah membahas bagaimana menghapus file atau folder di Google Drive melalui PC/laptop. Namun, bagaimana caranya menghapus file di Google Drive melalui handphone?

Sama seperti cara yang sebelumnya, menghapus file atau folder pada Google Drive di handphone juga sangatlah mudah dan sederhana. Berikut dibawah ini, beberapa langkah mudah melakukannya:

1. Aplikasi Google Drive pada umumnya sudah terinstall secara default pada ponsel Android anda. Coba cari aplikasinya dengan nama “Drive” kemudian buka aplikasi tersebut. Jika belum terpasang, anda dapat menginstall melalui Play Store.

cara menghapus file di google drive di hp android

2. Buka aplikasi Google Drive lalu masukkan akun google Anda untuk mengakses Google Drive Anda.

login

3. Selanjutnya, setelah Google Drive Anda terbuka. Pilih file atau folder yang akan dihapus dan klik ikon 3-dots.

Pilih file atau folder

4. Kemudian, pilih Remove untuk menghapus file atau folder yang Anda pilih.

Delete

5. Nah, sekarang, file atau folder tersebut berhasil dihapus.

Sekarang, Anda tentu sudah mengerti bagaimana cara menghapus file di Google Drive di handphone dan PC/laptop. Mudah sekali, bukan?

Oh ya, seperti yang sudah saya bilang sebelumnya bahwa aplikasi Google Driver sebenarnya sudah terpasang secara default pada ponsel Android anda, jadi anda tidak perlu menginstallnya. Baiklah, sekian pembahasan tentang cara menghapus file atau folder pada Google Drive di handphone dan PC/laptop. Semoga artikel diatas bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih!

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend