Cara Instalasi Eclipse

Panduan Cara Menginstall Eclipse Sampai Selesai, Yuk Disimak!

Bagaimana cara install Eclipse? Sekarang pengembangan aplikasi bisa dilakukan oleh siapapun dengan cara-cara yang tidak terlalu sulit karena sudah terdapat banyak aplikasi open source yang bisa dimanfaatkan. Salah satu aplikasi tersebut bernama Eclipse. Program ini memang dirancang khusus untuk digunakan membangun aplikasi yang nantinya bisa terintegrasi seperti halnya mobile, website, dan lain sebagainya.

Eclipse merupakan program yang bersifat open source sehingga anda dapat menggunakannya secara gratis dan tidak perlu mengeluarkan baiya apapun. Aplikasi ini juga biasanya dimanfaatkan untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang berbasis java yang bisa membuat pengembang atau developer mampu menciptakan sebuah lingkungan pengembang yang bisa disesuaikan atau IDE.

Biasanya Eclipse akan diajarkan jika anda mengambil kursus android. Mungkin anda juga akan mendapatkan materai Eclipse jika anda nanti mengambil jurusan yang selalu berkaitan dengan aplikasi atau perangkat lunak.

Cara Install Eclipse Sampai Selesai

1. Pertama-tama anda perlu mendownload terlebih dahulu installer Eclipse melalui link berikut ini. Untuk menginstall Eclipse diperlukan juga JDK (Download disini jika anda belum menginstallnya). Jika anda tidak menginstall JDK, maka proses instalasi Eclipse akan mengalami error.

2. Sesudah menginstall JDK, silakan klik 2x installer Eclipse. Akan muncul tampilan yang kurang lebih seperti gambar dibawah. Selanjutnya pilih Eclipse IDE for Java Developers.

Instalasi Eclipse 1

3. Setelah itu pilih Install.

Instalasi Eclipse 2

4. Selanjutnya pilih Accept Now.

Instalasi Eclipse 3

5. Kemudian centang Remember accepted licenses dan pilih Accept.

Instalasi Eclipse 4

6. Tunggu proses instalasi hingga selesai.

Instalasi Eclipse 5

7. Jika muncul jendela seperti gambar dibawah ini, centang semuanya dan pilih Accept selected.

Instalasi Eclipse 6

8. Proses instalasi Eclipse selesai.

Instalasi Eclipse 7

Sejarah Singkat Eclipse

Perlu anda tahu bahwa Eclipse pertama kali diperkenalkan sekitar tahun 2000 oleh salah satu perusahaan IT terbesar yaitu IBM. Perusahaan tersebut diketahui telah menyumbang kurang lebih 3 juta baris kode yang berasal dari tool Java mereka. Alasan penciptaan Eclipse adalah untuk membantu membina komunitas IDE yang bersifat open source sehingga nanti mampu melengkapi Apache.

Aplikasi ini diketahui juga menyediakan interface atau antarmuka (UI) model umum yang bisa bekerja dengan tool lainnya. Eclipse juga dibuat agar supaya mampu digunakan oleh beberapa sistem operasi terkenal yang memang sering digunakan sehingga nanti pengguna tidak kesulitan ketika ingin menggunakan Eclipse. Selain itu, plug-in juga digunakan untuk program API portable Eclipse serta bisa berubah pada salah satu sistem operasi yang mendukungnya.

Sampai sekarang Eclipse masih menjadi salah satu IDE yang paling favorit. Alasan utamanya karena aplikasi ini bersifat open source sehingga anda tidak harus membayar jika ingin mendownload atau menggunakannya. Makna dari open source di sini berarti siapapun bisa melihat kode pemograman yang ada pada Eclipse. Alasan lain yang membuat Eclipse menjadi salah satu yang banyak digunakan adalah karena memberikan kemudahan ketika ingin dikembangkan dengan adanya komponen yang disebut sebagai plug-in.

Sifat dan Karakteristik Eclipse

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa pengertian dari Eclipse adalah sebuah perangkat lunak IDE (Integrated Development Environment) yang digunakan untuk mengembangkan berbagai macam aplikasi yang nanti mampu dijalankan pada semua platform atau bersifat platform-independent.

Eclipse memiliki setidaknya 3 sifat, diantaranya:

  • Multi platform: untuk target sistem operasi dari Eclipse diantaranya: Linux, Windows, AIX, Solaris, Mac OS X, HP-UX.
  • Multi language: pada dasarnya Eclipse dikembangkan menggunakan bahasa pemograman Java. Meskipun begitu, program ini juga ternyata mendukung beberapa bahasa pemograman yang banyak digunakan sekarang ini, misalnya Python, Cobol, C++/C, PHP, Perl, dan beberapa bahasa pemograman yang lainnya.
  • Multi role: selain digunakan sebagai IDE untuk pengembangan aplikasi, Eclipse juga bisa digunakan untuk berbagai aktivitas yang ada di dalam siklus pengembangan software, misalnya dokumentasi, pengembangan web, tes perangkat lunak, dan lain-lain.

Leave a Reply

Send this to a friend