• Our Partners:

2 Cara Mengirim Tugas di Classroom Lewat HP maupun Laptop

2 Cara Mengirim Tugas di Classroom Lewat HP maupun Laptop

Perkembangan dunia teknologi sudah masuk ke hampir semua aspek kehidupan kita. Salah satunya adalah perkembangan teknologi yang bermanfaat untuk dunia pendidikan. Sekarang, belajar memang jauh lebih mudah dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Kita bisa belajar dimana saja dan kapan saja karena ada banyak teknologi yang sudah mendukungnya. Terlebih lagi ketika kondisi sekarang yang tidak menguntungkan dimana semua aktivitas kita dibatasi.

Belajar pun hanya bisa dilakukan di rumah. Meskipun begitu, kondisi seperti ini pun tidak begitu masalah karena kita sudah terbantu oleh perkembangan teknologi tersebut.

Salah satu aplikasi yang bisa kita gunakan untuk memudahkan proses pembelajaran di rumah adalah Classroom. Tampaknya Google memang serius mengembangkan sebuah teknologi terbaik di bidang pendidikan. Mereka kemudian berhasil menciptakan sebuah layanan online atau daring yang diberi nama Google Classroom.

Cara Mengirim Tugas di Classroom untuk Pemula

Karena saking banyaknya yang menggunakan Classroom, aplikasi ini sekarang bertengger sebagai salah satu aplikasi pembelajaran online terbaik yang pernah ada. Hal ini tidak lepas dari beberapa kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi yang satu ini. Tutorial kali ini mengenai cara mengirim tugas di Classroom baik lewat HP maupun laptop.

Cara Mengirim Tugas di Classroom Lewat HP

  1. Buka aplikasi Classroom di HP anda.Cara Mengirim Tugas di Classroom Lewat HP
  2. Setelah itu pilih kelas yang dimaksud.Cara Mengirim Tugas di Classroom
  3. Setelah itu anda pilih Classwork untuk melihat tugas-tugas yang ada.pilih Classwork
  4. Jika gambar buku menyala itu menandakan anda belum mengumpulkan tugas tersebut. Jika berwarna abu-abu maka anda sudah mengumpulkan tugas tersebut. Sebagai contoh, disini saya klik TUGAS 3 karena saya belum mengumpulkan tugas ini.gambar buku menyala
  5. Pilih Add attachment untuk mengupload tugas anda. Cara Mengirim Tugas di Classroom Terbaru
  6. Jika sudah pilih Turn in untuk mengumpulkannya.Mengirim Tugas di Classroom Lewat HP 5

Cara Mengirim Tugas di Classroom Lewat Laptop

  1. Login dulu ke Google Classroom melalui browser. Kemudian pilih kelas.Cara Mengirim Tugas di Classroom Lewat Laptop
  2. Setelah itu pindah ke menu Classwork, disana anda akan melihat tugas mana saja yang belum dikumpulkan. Tugas yang belum dikumpulkan ditandai dengan warna buku yg menyala (TUGAS 3) sedangkan warna abu-abu menandakan tugas sudah dikumpulkan.Mengirim Tugas di Classroom Lewat Laptop 2
  3. Selanjutnya anda pilih View assignment.Cara Mengirim Tugas di Classroom Lewat Laptop
  4. Klik tombol Add or create untuk mengupload tugas anda.Mengirim Tugas di Classroom Lewat Laptop 4
  5. Kemudian anda pilih File dan tentukan lokasi file tugas yang akan diupload.Mengirim Tugas di Classroom Lewat Laptop 5
  6. Selanjutnya anda pilih Upload.Mengirim Tugas di Classroom Lewat Laptop 6
  7. Tugas yang berhasil diupload tampilannya nanti seperti ini. Terakhir tinggal pilih Hand in dan tugas berhasil dikumpulkan.Mengirim Tugas di Classroom Lewat Laptop 8

Kelebihan Menggunakan Google Classroom

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Classroom sehingga membuatnya sangat populer. Lalu apa saja kelebihan tersebut? Di bawah ini jawabannya:

1. Mudah digunakan

Google Classroom merupakan aplikasi layanan belajar online yang mudah digunakan. Bagi siapapun yang hendak menggunakan Classroom, mereka pasti tidak akan mengalami kesulitan. Yang harus mereka lakukan hanya memiliki akun Gmail. Menu-menu dan tampilannya pun terkesan sederhana. Dijamin, anda yang kurang pahan dengna teknologi pun tidak akan kesulitan ketika pertama klai menggunakan Google Classroom.

Meskipun tampilan dan penggunannya sederhana, namun Classroom hadir dengan banyak fitur yang bisa anda manfaatkan. Fitur-fitur tersebut dbuat untuk semakin mempermudah guru dan siswa di dalam menjalan proses pembelajaran dari rumah.

2. Kemudahan dalam manajemen tugas

Selain menjadi aplikasi yang mudah digunakan, ternyata Google Classroom merupakan aplikasi layanan online yang memberikan kemudahan di dalam manajamen tugas. Baik guru maupun siswa, mereka hanya perlu mengecek di halaman tugas untuk melihat tugas yang sudah dibagikan oleh guru. Selain itu, materi yang berkaitan dengan tugas tersebut sangat mudah disampaikan karena sekali dikirim, maka semua siswa bisa langsung mengaksesnya.

3. Semua file sudah terintegrasi dengan Google Drive

Karena Classroom merupakan aplikasi buatan Google, maka tidak mengherankan jika semua file yang ada sudah bisa langsung terintegrasi dengan Google Drive. Dengan begitu, kita bisa lebih mudah di dalam menyimpan file tersebut agar tidak mudah hilang. Kuncinya, anda harus memiliki akun Gmail terlebih dahulu agar bisa mendapatkan semua keuntungan tersebut. Dengan menyimpan di Google Drive, anda tidak perlu khawatir file anda terhapus secara tidak sengaja.

Itulah tutorial cara mengirim tugas di Classroom lewat HP dan laptop. Google Classroom merupakan layanan yang dibuat oleh Google. Tujuannya tidak lain untuk memudahkan proses pembelajaran secara online.

Sebenarnya aplikasi ini bukan aplikasi yang baru dibuat. Namun memang beberapa bulan sebelum adanya Covid-19 ini, Google Classroom masih belum banyak yang menggunakannya. Sekarang, karena kondisi yang menuntut kita mau tidak mau harus melakukan semua aktivitas di rumah, maka Classroom sudah mulai banyak dan semakin banyak orang yang menggunakannya.

Leave a Reply

Send this to a friend