Cara Mengubah Huruf Pertama Menjadi Huruf Kapital di Microsoft Excel

Bagi Anda yang sudah mengenal Microsoft Excel tentu tidak asing lagi dengan fungsi Lower, Upper dan Proper, bukan? Fungsi Lower digunakan untuk mengubah semua huruf pada sebuah teks menjadi huruf kecil kemudian Upper mengubah semua huruf pada sebuah teks menjadi huruf besar/kapital. Sedangkan, fungsi Proper mengubah huruf pertama dari setiap kata pada teks menjadi huruf kapital.

Namun, yang menjadi pertanyaannya adalah “Bagaimana cara mengubah huruf pertama di kata pertama pada sebuah kalimat menjadi huruf kapital tanpa mengubah setiap huruf pertama pada setiap kata di sebuah kalimat?”.

Mudah sekali menjawab pertanyaan tersebut jika Anda menggunakan Microsoft Word karena di Ms.Word sendiri tersedia fitur Change Case yang terdiri dari 5 pilihan dimana salah satunya adalah “Sentence Case”. Di Ms. Word, Sentence Case inilah yang akan menjadi jawaban dari pertanyaan tersebut.

Tapi bagaimanakah dengan Ms. Excel? Ms. Excel hanya memiliki 3 pilihan untuk mengatur besar dan kecilnya huruf seperti yang disebutkan sebelumnya. Nah, disini, kita dapat mengatur besar kecilnya huruf sesuai dengan kebutuhan kita dengan memanfaatkan ketiga fungsi diatas melalui beberapa teknik. Untuk lebih lengkapnya, mari simak penjelasan dibawah ini:

1. Mengubah Huruf Pertama Pada Suatu Kalimat Menjadi Huruf Kapital Dan Tidak Mengubah Huruf Selanjutnya

Untuk mengubah huruf pertama pada suatu kalimat menjadi huruf kapital, rumus excel yang dapat digunakan yaitu:

REPLACE(Teks,1,1,UPPER(LEFT(Teks,1)))

Anda dapat mengganti isi rumus excel tersebut dengan referensi sel yang tepat atau diganti dengan teks langsung yang harus diapit oleh double quote (“). Kemudian, pemisah argumen berupa titik koma (;) pada rumus juga bisa berupa tanda koma (,) sesuai pengaturan di komputer masing-masing.

Berikut dibawah ini contoh penerapan rumus excel ini:

1. Misalkan data berada di sel B2:B5.

2. Klik pada sel C2 dan ketik rumus:

=REPLACE(B2,1,1,UPPER(LEFT(B2,1)))

Seperti dibawah ini:
cara membuat huruf kapital diawal kata di excelPada gambar tersebut Anda akan melihat rumus yang dimasukkan ditandai dengan kotak biru dan hasil dari eksekusi rumus tersebut ditandai dengan kotak merah.

3. Kemudian, salin sel C2 ke sel dibawahnya hingga menjadi seperti dibawah ini:

cara membuat huruf besar di excel secara otomatis

Pada rumus ini, fungsi REPLACE digunakan untuk mengubah huruf pertama menjadi kapital. Kemudian, fungsi UPPER mengubah huruf kecil menjadi huruf kapital (1 huruf) dari teks yang dihasilkan oleh fungsi LEFT. Jadi, hanya huruf pertama saja yang berubah menjadi kapital sedangkan huruf selanjutnya masih tetap pada kondisi awal.

2. Mengubah Huruf Pertama Pada Suatu Kalimat Menjadi Huruf Kapital Dan Mengubah Huruf Selanjutnya Menjadi Huruf Kecil

Nah, Anda sebelumnya sudah mengetahui bagaimana cara mengubah huruf pertama pada suatu kalimat menjadi huruf kapital. Tetapi, cara diatas hanya mengubah huruf pertama saja menjadi kapital sedangkan huruf selanjutnya pada suatu kalimat tetap seperti kondisi semua (ada yang besar atau kecil). Jadi, bagaimana caranya agar anda dapat mengubah huruf pertama menjadi huruf kapital dan huruf selenjutnya menjadi huruf kecil?

Rumus excel yang dapat digunakan untuk kondisi tersebut yaitu:

REPLACE(LOWER(Teks),1,1,UPPER(LEFT(Teks,1)))

Ikuti, beberapa langkah dibawah ini:

1. Misalkan data berada di sel B2:B5.

2. Klik pada sel C2 dan ketik rumus:

=REPLACE(LOWER(B2),1,1,UPPER(LEFT(B2,1)))

Seperti dibawah ini:
Mengubah Huruf Pertama Pada Suatu Kalimat Menjadi Huruf Kapital

Pada gambar tersebut Anda akan melihat rumus yang dimasukkan ditandai dengan kotak biru dan hasil darieksekusi rumus tersebut ditandai dengan kotak merah.

3. Kemudian, salin sel C2 ke sel dibawahnya hingga menjadi seperti dibawah ini:

cara membuat huruf kapital otomatis di excel

Nah, cara kerja dari rumus ini sebenarnya sama dengan rumus yang sebelumnya tetapi sebelum mengubah huruf pertama menjadi huruf kapital maka perlu diubah terlebih dahulu menjadi huruf kecil semua dengan menggunakan fungsi LOWER.

Sekian pembahasan kali ini tentang cara mengubah huruf pertama pada suatu kalimat menjadi huruf besar/kapital di Ms. Excell. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih!

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend