3 Cara Mengunci Folder di Windows 7, 8 dan 10, Amankan Folder Penting Anda Sekarang Juga!

Data dan semua hal-hal privasi pada komputer merupakan hak mutlak bagi kita sebagai pemilik komputer.

Beberapa orang mungkin tidak ingin data yang ada di dalam komputernya diakses oleh orang lain, lebih parahnya lagi disalahgunakan oleh orang lain. Maka dari itu, mengamankan data-data komputer kita merupakan langkah awal yang perlu kita lakukan.

Ada beberapa cara untuk mengamankan data pada komputer, salah satunya dengan cara memberi password pada folder penting anda. Dalam tutorial kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara mengunci folder pada komputer. Tutorial ini dapat diterapkan pada beberapa versi windows, seperti windows XP, 7, 8 maupun 10.

Cara Mengunci Folder di Windows 7, 8 dan 10

Untuk mengunci folder penting pada komputer anda, ada tiga cara yang akan saya jelaskan. Pertama tanpa menggunakan software dan yang kedua dan ketiga menggunakan software.

1. Mengunci folder tanpa software

1. Pertama-tama kita buat dulu folder yang ingin dikunci. Dalam tutorial ini, saya membuat folder bernama Nesaba Media.

cara mengunci folder di windows

2. Masuk ke dalam foder yang anda buat barusan (folder yang ingin dikunci), kemudian buat file text baru dengan cara Klik kanan > New > Text Document.

cara mengunci folder di windows

3. Masukkan script dibawah ini ke dalam file text tersebut.


cls
@ECHO OFF
title Folder Private
if EXIST "HTG Locker" goto UNLOCK
if NOT EXIST Private goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Private "HTG Locker"
attrib +h +s "HTG Locker"
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Enter password to unlock folder
set/p "pass=>"
if NOT %pass%== PASSWORD_DISINI goto FAIL
attrib -h -s "HTG Locker"
ren "HTG Locker" Private
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Private
echo Private created successfully
goto End
:End

4. Ganti tulisan PASSWORD_DISINI dengan password yang anda inginkan. Sebagai contoh, saya menggunakan zakaria123 sebagai password folder Nesaba Media.

langkah-ketiga

5. Setelah itu Save As file text tersebut dan beri nama locker.bat dan ganti Save as type menjadi All files.

cara memberi password pada folder

6. Setelah anda selesai membuat file locker.bat, silakan hapus file New Text Document.

langkah-kelima

7. Klik dua kali file locker dan secara otomatis akan muncul folder bernama Private. Simpan semua file penting anda ke dalam folder Private.

langkah-keenam

8. Setelah anda selesai meletakkan file-file penting kedalam folder Private, jalankan kembali file locker. Anda akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini, tekan tombol Y kemudian Enter.

langkah-kedelapan

8. Secara otomatis folder Private (dimana anda menyimpan file-file penting anda) akan hilang.

langkah-kesembilan

9. Untuk melihat folder tersebut, tinggal klik dua kali file locker. Anda akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini, kemudian masukkan password yang anda buat tadi untuk membukanya.

cara membuat password pada folder tanpa menggunakan software

10. Taraaa, folder Private muncul kembali. Dan jika anda ingin mengunci sekaligus menghilangkannya kembali, tinggal klik dua kali folder locker, tekan tombol Y kemudian Enter.

Kalau lupa passwordnya bagaimana?

Jika anda lupa dengan passwordnya, tinggal klik kanan file locker, kemudian pilih Edit. Ganti password anda dengan cara seperti yang telah dijelaskan pada langkah nomor 4.

langkah-keduabelas

2. Mengunci folder dengan Folder Guard

Cara berikutnya yang bisa anda coba untuk mengunci folder penting anda adalah dengan menggunakan software. Dalam tutorial ini, saya menggunakan software bernama Folder Guard. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengunci folder menggunakan Folder Guard.

1. Download softwarenya disini.

2. Jika sudah selesai, install softwarenya seperti biasa. Usai instalasi, anda akan diminta membuat password seperti pada gambar berikut ini.

langkah-ketigabelas

3. Setelah itu klik tulisan Lock a folder with a password… untuk menambahkan folder yang ingin dikunci.

langkah-kelimabelas

4. Pilih Browse for folder untuk mencari letak folder yang ingin dikunci.

langkah-keenambelas

5. Masukkan password untuk mengunci folder yang dimaksud. Silakan masukkan password yang sama dengan yang tadi anda buat pada langkah nomor 2. Sebenarnya anda bisa saja membuat password yang berbeda untuk setiap folder, tapi agar lebih mudah diingat, dibuat sama saja passwordnya. Setelah itu, pilih Next.

langkah-ketujubelas

6. Jika sudah menentukan passwordnya, silakan pilih Finish.

langkah-kedelapanbelas

7. Untuk mengaktifkan password folder yang sudah anda atur tadi, klik tombol Protect seperti pada gambar dibawah ini.

langkah-kesembilanbelas

8. Untuk mengecek berhasil atau tidaknya, silakan masuk ke dalam folder yang anda beri password tadi. Nah, seperti yang anda lihat pada gambar dibawah ini, terlihat bahwa semua file yang terdapat pada Nesaba Media (folder yang dikunci) tidak ada/ tersembunyi. Untuk membukannya, klik tombol Unlock.

langkah-keduapuluh

9. Masukkan password yang telah anda buat tadi, kemudian pilih OK.

langkah-keduapuluhsatu

10. Jika password yang anda masukkan benar, semua file yang ada di folder tersebut akan muncul. Jika anda ingin menguncinya kembali, tinggal klik tombol Lock.

cara mengunci folder

3. Mengunci folder dengan Wise Folder Hider

Seperti namanya, fungsi utama dari Wise Folder Hider ini adalah menyembunyikan folder atau file penting agar tidak sembarang orang dapat mengaksesnya.

Meskipun begitu, setiap ada yang ingin mengakses folder / file tersebut, terlebih dahulu mereka harus memasukkan password yang telah ditentukan sebelumnya. Penasaran dengan software ini? Yuk simak langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Download Wise Folder Hider melalui link berikut ini.

2. Install software seperti biasa, kemudian buka Wise Folder Hider. Pertama kali anda membuka software ini, anda akan dimintai password seperti yang terdapat pada gambar dibawah ini.

Silakan masukkan password yang aman namun mudah diingat. Password ini nantinya digunakan ketika anda ingin membuka folder atau file yang telah disembunyikan. Jika sudah, klik OK.

Wise Folder Hider 1

3. Silakan drap and drop folder / file yang ingin anda sembunyikan pada layar utama Wise Folder Hider.

Wise Folder Hider 2

4. Folder atau file (contoh file: Test Folder) yang berhasil disembunyikan akan tampil pada layar utama Wise Folder Hider, kurang lebih gambarnya seperti gambar dibawah ini. Status Hidden menandakan bahwa folder tidak dapat dilihat oleh siapapun, kecuali anda yang mempunyai password untuk mengakses Wise Folder Hider.

Wise Folder Hider 3

5. Sebagai contoh, lokasi folder Test Folder berlokasi di folder Documents. Seperti yang kita lihat pada gambar dibawah, folder bernama Test Folder tidak ada dengan kata lain berhasil disembunyikan.

Wise Folder Hider 4

6. Ketika anda ingin membuka folder “Test Folder” maka anda harus klik tombol Open berwarna hijau.

Wise Folder Hider 5

7. Selanjutnya folder “Test Folder” akan terbuka dan pada layar menu Wise Folder Hider, statusnya berubah dari Hidden menjadi Visible.

Wise Folder Hider 6

8. Ketika anda sudah selesai dengan urusan anda, entah itu membuat file baru atau mengedit file di dalam folder tersebut, jangan lupa untuk menutup aplikasi Wise Folder Hider maka secara otomatis folder akan kembali disembunyikan.

9. Nah setiap kali anda ingin membuka aplikasi Wise Folder Hider, maka terlebih dahulu anda harus memasukkan password yang telah ditentukan sebelumnya. Dengan begini, hanya anda yang bisa membuka folder atau file yang telah disembunyikan.

Cara Mengunci Folder dengan Wise Folder Hider

Ada software yang lain?

Sebenarnya ada software lain yang bisa anda coba, seperti Folder Lock dan software sejenisnya lainnya. Tapi saya rasa Folder Guard atau Wise Folder Hider sudah lebih dari cukup.

Silakan tentukan sendiri cara mana yang anda sukai, tanpa software atau menggunakan software. Atau anda punya cara mengunci folder tersendiri? Tidak ada salahnya membagikannya di dalam kotak komentar yang telah tersedia.

236 Comments

  1. Avatar sinta
  2. Avatar riex
  3. Avatar Aurel
  4. Avatar aditya wima p
  5. Avatar Nyong
  6. Avatar Putri
  7. Avatar Riani HF

Leave a Reply

Send this to a friend