10 Cara Merawat Kamera DSLR dengan Baik dan Benar, Sudah Tahu?

Kamera pasti salah satu alat elektronik yang kamu sayangi, kan? Untuk itu kamu harus merawatnya dengan baik dan benar. Apakah kamu merawat kamera DSLR-mu dengan benar ?

Kamu harus tau bahwa, kalau kamera DSLR-mu jarang kamu bersihkan, jamur akan tumbuh dan menutupi lensa kamera DSLR kamu. Tentu hal ini akan berdampak buruk pada kualitas foto yang kamu ambil nantinya. Jamur-jamur itu juga akan membuat kameramu terlihat using, dan kurang bagus.

Cara Merawat kamera DSLR yang Benar

Maka dari itu kamu harus melakukan perawatan yang baik dan benar untuk menjaga agar kamera kamu dapat tetap awet dan terlihat seperti baru. Lalu, bagaimana cara merawat kamera DSLR yang benar ? nah, pada artikel ini saya akan membagikan tips-tips atau cara merawat kamera DSLR yang benar :

1. Biasakan Membawa Kamera Dengan Tas Khusus

tas kamera

Image : DSLRmurah.com

Untuk menjaga keamanan pada DSLR sebaiknya kamu membawa kamera tersebut di dalam tas khusus. Kamu tidak perlu khawatir, karena tas ini memiliki bantalan empuk didalamnya, sehingga dapat menjaga kamera dari segala jenis benturan.

Tidak hanya itu, di dalam tas tersebut juga terdapat ruang khusus untuk kamu menyimpan lensa, charger, dan perlengkapan kamera DSLR lainnya. Dipastikan ketika kamu menggunakan tas ini, kamu semakin gampang dan mudah untuk membawa kamera DSLR beserta perlengkapan lainnya.

Sehingga kamu merasa aman dan tidak perlu repot lagi untuk memikirkan bagaimana membawa alat perang kamu ketika pergi hunting foto.

Tas ini juga khusus di desain untuk melindungi kamera DSLR kamu agar tidak cepat rusak. Dan kamu perlu menghindari kebiasaan memasukkan kamera ke dalam tas biasa karena tas tersebut tidak memiliki pelindung untuk menjaga kamera kamu tetap aman.

2. Bersihkan Body Kamera Secara Rutin

bersihkan body kamera

Image : Liputan6

Perawatan rutin pada body kamera juga sangatlah penting. Kamu dapat membersihkan body kamera dengan menggunakan minyak kayu putih.

Mengapa harus menggunakan minyak kayu putih ? karena minyak kayu putih dapat lebih cepat kering dan ia memiliki kandungan air yang sedikit. Sehingga aman untuk digunakan pada kamera DSLR.

Tetapi lebih disarankan untuk kamu membersihkan body kamera DSLR menggunakan cairan khusus untuk pembersih kamera. Cairan tersebut sudah banyak dijual dimana-mana. Kamu dapat membelinya di toko online maupun toko kamera di sekitar rumah kamu.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi SD Card Tidak Terbaca yang Ampuh!

Kamu dapat membersihkannya dengan cara menuangkan cairan pembersih atau minyak kayu putih pada kain yang lembut dan halus. Lalu kamu dapat mengelapnya perlahan-lahan ke seluruh body kamera. Dan jangan lupa untuk membersihkan karet ring zoom dan ring fokus pada lensa kamera, ya.

3. Gunakan Lensa Hood pada Lensamu

lens hood

Image : Youtube

Fungsi hood pada lensa kamera DSLR kamu adalah untuk mencegah cahaya yang berlebih masuk ke sensor kameramu. Karena cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera dalam jangka waktu yang lama akan membuat kepekaan sensor pada kameramu berkurang.

Maka dari itu, disarankan kamu harus menggunakan lensa Hood jika kamu melakukan kegiatan foto di ruang yang terbuka apalagi jika pada siang hari. Dan jangan lupa juga untuk menggunakan UV filter, ya.

4. Jauhkan dari Air

cara merawat kamera DSLR yang benar

Image : Saintd.co

Memang ada sebagian kamera DSLR yang di desain khusus memiliki fitur waterproof atau weather sealed. Tetapi kamu harus tetap mengusahakannya menjauh dari air, ya.

Karena kamera DSLR sangat sensitive dengan air. Air tersebut dapat merusak komponen penting pada kamera jika air tersebut masuk ke dalam kamera. Dan juga, sisa air yang tertinggal akan mengendap dan bisa membuat lensa kamera DSLR kamu berembun.

Cara membersihkannya kamu cukup menggunakan cleaning kit tanpa air. Cleaning kit ini merupakan alat pembersih kamera dan menjaga kamera kamu agar tidak berdebu dan tidak jamuran.

5. Gunakan Pelindung Layar Pada LCD Kamera

screen guard

Image : Youtube

Merawat LCD pada kamera sama seperti kita menggunakan smartphone. Kita harus menggunakan dan memasang screen guard. Screen guard ini berguna untuk melindungi layar kameramu.

Selain untuk melindunginya dari goresan, screen guard ini juga dapat menjaganya dari bekas sidik jari. Dan juga screen guard akan menjaga layar LCD agar terus terlindung dari debu dan air.

6. Menggunakan UV Filter Lensa

UV filter

Image : Digital Trends

Salah satu hal yang penting yang harus kamu pasangkan pada lensa kamera kamu yaitu UV filter. Pemasangan filter ini tidak akan mengurangi kualitas dari bidikan foto kamu, kok. Jadi kamu tidak perlu khawatir.

UV Filter ini juga akan menjaga lensa dari dampak buruk dari sinar matahari yang mengandung ultraviolet. Selain itu, fungsi dari filter ini yaitu untuk mencegah debu yang menpel pada lensa.

Walau begitu, kamu juga harus membersihkan filter lensa ini secara berkala, ya. kamu bisa menggunakan kain yang lembut untuk membersihkannya.

7. Merawat baterai

cara merawat kamera DSLR yang benar

Image : Blibli.com

Biasanya baterai lithium-ion yang sering digunakan pada kamera memiliki siklus 500 kali charging. Apabila baterai kamera kamu telah melewati siklus 500 kali charging, biasanya performa dari baterai tersebut akan menurun dan kamu harus menggantinya dengan baterai yang baru.

Baca Juga: Cara Convert Video ke Format Lain dengan Wondershare Video Converter

Untuk merawat baterai agar tetap awet, kamu harus menyimpan baterai pada suhu yang sejuk. Jangan menyimpannya pada ruangan dengan suhu ekstrem seperti 43 derajat. Dan jangan lupa untuk mengisi daya baterai jika kamu sudah tidak menggunakan kamera dalam jangka waktu yang lama.

8. Simpan di Dry Box

dry box

Image : AliExpress

Untuk menjaga kamera DSLR agar tetap awet kamu dapat menyimpannya di dry box. Dry box tersebut akan melindungi kamera kamu dari suhu yang ekstrem. Dan dry box juga akan menjaga kamera kamu tetap kering dan terhindar dari kelembapan yang dapat merusak komponen internal pada kamera. Tidak hanya itu, dry box juga melindungi kamera kamu agar tidak jamuran.

9. Gunakan Shoulder Strap Saat Menggunakan Kamera

shoulder straps

Image : Youtube

Jika kamu ingin menjaga kamera agar tetap aman saat kamu menggunakannya, kamu dapat menggunakan shoulder strap. Kamu dapat membidik gambar di mana pun yang kamu mau dengan shoulder strap ini.

Tali ini juga berfungsi untuk menggantung kamera di leher saat kamu akan mengambil foto. tali ini juga berguna agar kamera kamu tidak gampang terjatuh dan rusak karena kamera telah tergantung, jadi tetap aman.

10. Membersihkan Lensa Kamera

cara merawat kamera DSLR yang benar

Image : IMURAL

Kamu dapat membersihkan lensa kamera menggunakan cleaning kit atau cairan pembersih khusus. Tapi perlu diperhatikan, jangan pernah menyemprotkan secara langsung cairan tersebut pada lensa kamera DSLR-mu.

Tetapi kamu harus menyemprotkannya pada kain microfiber terlebih dahulu. Dan kemudian kamu boleh untuk mengelapnya ke seluruh bagian lensa.

Baca Juga: 10+ Filter VSCO Ala Selebgram yang Paling Kece!

Kamu juga harus memasang lens cap ketika sedang tidak menggunakan lensa. Lans cap tersebut akan melindungin lensa kamera kamu dari sidik jari dan debu yang menempel. Serta lens cap dapat melindungi lensa dari segala benturan.

Itulah 10 cara merawat kamera DSLR yang benar yang dapat kamu terapkan, dan semoga kamera DSLR kamu tetap awet ya.

Leave a Reply

Send this to a friend