• Our Partners:

Cara Setting Remote TV Universal Tanpa Ribet

6 Cara Setting Remote TV Universal Tanpa Ribet (Semua Merk TV)

Untuk kamu yang masih bingung bagaimana menghubungkan remote ke TV, ada beberapa cara setting remote TV universal. Kamu bisa menghubungkannya menggunakan tombol volume, menggunakan kode, atau menggunakan aplikasi, dan masih banyak lagi.

Setting remot TV universal ini berguna ketika kamu kehilangan remote TV bawaan sehingga kamu tidak bisa menikmati fitur TV menggunakan remot.

Untuk itu, setting remote TV universal bermanfaat untuk menggantikan remote bawaan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa cara setting remote TV universal yang bisa kamu coba.

Cara Setting Remote TV Universal

cara setting remote TV universal

Inilah beberapa cara setting remote TV universal yang bisa kamu coba :

Cara Setting Remote TV Universal menggunakan Tomol Volume

Cara setting remote TV universal yang paling mudah adalah menggunakan volume. Cara yang satu ini bisa dikatakan cara yang efektif karena kamu tidak harus memasukkan kode remote TV. Berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk setting remote TV universal menggunakan tombol volume

  1. Nyalakan TV atau perangkat lain yang ingin kamu hubungkan
  2. Pastikan remote TV dekat dengan lampu indikator TV
  3. Tekan tombol set pada remote TV (tahan dan jangan dilepas dahulu) tunggu hingga lampu indikator remote TV menyala
  4. Tekan tombol volume + beberapa kali hingga muncul tulisan volume di layar TV kamu
  5.  Tekan tombol – untuk mencoba setting. Jika tombol volume TV atau perangkatmu berkurang, artinya remote sudah berhasil tersetting. Namun, jika belum tersetting, maka coba ulangi langkah awal hingga akhir.
  6. Jika sudah selesai, tekan tombol set lampu indikator remote hingga mati.

Cara Setting Remote TV Universal menggunakan Kode Remote TV Universal

Selanjutnya cara lain untuk setting remote TV universal adalah dengan menggunakan kode. Cara yang satu ini juga cukup mudah karena biasanya kode tertera pada buku panduan ketika kamu membeli remote TV. Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk setting remote TV universal menggunakan kode remote.

  1. Tekan tomol set pada remote (tahan beberapa saat dan jangan dilepaskan)
  2. Tekan tombol power lalu tunggu beberapa waktu hingga lampu pada indikator remote TV kamu menyala. Setelah itu, lepaskan tombol set tersebut.
  3. Tekan kode yang tertera pada kode remote TV kamu. Misalnya saja TV Polytron. Kamu bisa menekan beberapa kode TV Polytron, diantaranya 017, 024, 043, 053, 120, 147, 150, 151, 152, dan 214.
  4. Pilihlah salah satu kode di atas hingga kamu berhasil melakukan setting
  5. Jika berhasil, maka lampu indikator pada remote TV akan mati dan remote TV bisa kamu gunakan
  6. Jika belum berhasil, maka ulangi mulai dari langkah pertama

Cara Setting Remote TV dengan Aplikasi

Selanjutnya, selain kedua cara di atas, cara lain agar bisa setting remote TV adalah menggunakan aplikasi. Ternyata, aplikasi juga bisa digunakan untuk mengontrol TV kamu dari rumah. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk setting remote TV dengan aplikasi.

  1. Buka aplikasi Google Playstore di HP kamu
  2. Cari dan temukan aplikasi Peel Smart Remote
  3. Unduh dan instal aplikasi di HP kamu
  4. Setelah aplikasi terinstal, selanjutnya buka aplikasi tersebut
  5. Lalu ikuti petunjuk yang ada di aplikasi tersebut dengan menacri merk TV atau perangkat yang kamu punya atau kamu bisa mecari manual dengan cara mengetiknya
  6. Selanjutnya pilih next lalu tekan tombol power hingga TV atau perangkatmu kembali menyala
  7. Selesai

Cara Setting Remote TV Universal Tanpa Menggunakan Kode

Nah, jika kamu merasa ribet menggunakan kode, ada cara lain yang bisa kamu lakukan. Salah satunya dengan cara setting remote TV universal tanpa menggunakan kode.

  1. Langkah pertama tekan tombol “Set” dan “Power” secara bersamaan hingga lampu indikator menyala
  2. Tekan tombol volume +
  3. Selanjutnya tekan tombol –
  4. Jika setting berhasil, maka volume TV atau perangkatmu akan membesar ketika ditekan tombol + dan mengecil ketika ditekan tombol –
  5. Selesai

Cara Setting Remote TV Universal dengan Auto Code Search

Selain menggunakan cara yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan seperti menggunakan auto code search. Auto code search digunakan ketika kamu tidak memiliki akses atau kode khusus untuk merek TV yang ingin kamu kontrol. Nah, nantinya remote Universal ini akan membantu kamu mencari di seluruh daftar kode yang ada di databasenya untuk menguji kode-kode yang ada. Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan.

  1. Nyalakan TV atau perangkat lain yang ingin kamu hubungkan dengan remote TV universal
  2. Tekan dan lepaskan tombol Device pada remote yang kamu punya dengan TV atau perangkat lain yang ingin kamu hubungkan.
  3. Tekan kembali tombol “Device” dan “Power” secara bersamaan. Setelah itu, tombol power akan mati dan kemudian hidup kembali
  4. Lepaskan kedua tombol
  5. Tekan lalu lepaskan tombol “Play” di remote, tunggu beberapa detik dan lihat apakah perangkat yang kamu coba kendalikan mati. Jika begitu, maka remote sudah menemukan kode yang benar. Namun, jika TV atau perangkatmu kamu masih hidup, cobalah tekan kembali tombol “Play” dan lakukan proses menunggu dan matikan kembali. Lakukan tahap ini hingga perangkat kamu mati
  6. Tekan dan lepaskan tombol “Reverse” setiap dua detik hingga perangkat kamu menyala kembali. Jika berhasil, maka remote kamu sudah menemukan kode yang tepat
  7. Tekan tombol “Stop” untuk menyimpan kode
  8. Coba tes beberapa dungsi remote, jika sudah berfungsi, maka remote berhasil di setting

Cara Setting Remote TV Universal dengan Brand Code Search

Selanjutnya, cara lain yang bisa kamu lakukan untuk setting remote adalah dengan cara setting remote TV universal dengan Brand Code Search. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan :

  1. Nyalakan TV atau perangkat lain yang ingin kamu hubungkan
  2. Temukan kode brand dari daftar yang sudah disediakan bersama Remote Control Universal kamu
  3. Tekan dan tahan tombol “Device”. Tekan dan tahan tombol “Power”.  Pastikan tombol “Power” menyala
  4. Lepaskan tombol “Powe” dan “Device”. Pastikan tombol device harus tetap menyala (Jika tidak menyala, ulangi mulai dari langkah pertama)
  5. Dengan menggunakan keypad remote universal, coba masukkan Kode pertama dari merek yang kamu cari. Jika lampu LED menyala, kode itu cocok dengan TV atau perangkatmu
  6. Tekan dan lepaskan tombol “Power” berulang kali hingga TV atau perangkatmu mati. Jika TV mati maka remote TV universal sudah menemukan kode yang benar dan remote berhasil di setting
  7. Tekan tombol “Stop” pada remote TV universal kamu untuk menyimpan kode tersebut (LED akan mati)
  8. Gunakan beberapa tombol untuk memastikan TV sudah bisa dioperasikan menggunakan remote TV universal
  9. Jika perangkat tidak mati dan lampu LED berkedip empat kali, maka kamu sudah kehabisan kode untuk merek tersebut, dan kamu perlu mencoba menggunakan metode yang lain

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika ingin menghubungkan remote TV universal ke TV kamu. Ada beberapa keuntungan jika kamu mencoba remote universal untuk menggantikan remote kontrol bawaan.

Pertama, kamu mampu mengurangi kekcauan home theater. Kedua, cara penggunaannya sangat mudah. Ketiga, aktivitas pemrograma atau makro. Keempat, mengatasi bosan kehilangan remote. Kelima, mengurangi penggunaan baterai.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend