2 Cara Share Lokasi di Whatsapp dengan Sangat Mudah, Sudah Tahu Belum?

Kini, kegiatan mencari alamat atau lokasi tertentu tidak lagi menjadi sesuatu yang rumit. Hadirnya teknologi GPS menjadi kabar gembira bagi semua orang tentunya. Salah satu manfaat yang paling dirasakan terhadap penggunaan teknologi ini ialah dapat menghemat waktu. Walaupun tingkat akurasi dari alat navigasi GPS tidak mencapai 100%, sistem ini masih menjadi salah satu solusi yang tepat untuk menentukan lokasi, arah, kecepatan dan waktu.

Tak heran apabila beberapa perusahaan atau aplikasi terkenal menggunakan sistem GPS dalam penambahan fitur. WhatsApp merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi yang memanfaatkan GPS. Kabar baiknya, Indonesia menjadi negara yang beruntung karena termasuk negara yang lumayan cepat dengan adanya pembaruan ini.

Aplikasi WhatsApp yang lebih dikenal sebagai aplikasi chatting ini, kini hadir dengan fitur tambahan yaitu share location atau berbagi lokasi. Fitur share lokasi ini sangatlah bermanfaat khususnya bagi Anda yang sedang ingin mengirim atau menerima lokasi. Untuk menggunakan fitur ini, Anda hanya perlu melakukan update terhadap aplikasi ini apabila fitur share location di WhatsApp Anda belum ada. Lalu bagaimana cara share lokasi Anda di WhatsApp? Yuk simak penjelasan berikut.

2 Cara Share Lokasi di WhatsApp

Adapun fitur share lokasi ini terbagi menjadi dua yaitu:

  • Share live location atau bagikan lokasi terkini ialah untuk membagikan lokasi secara real-time. Fitur ini sering juga disebut dengan fitur pelacak. Hal ini dikarenakan setiap pergerakan akan dikirim melalui sinyal dari satelit. WhatsApp juga memberi kebebasan terkait durasi pada share live location ini.
  • Send your current location atau kirim lokasi Anda saat ini. Fitur ini hanya mengirim lokasi Anda saja. Tidak seperti fitur sebelumnya yang secara real time, fitur ini hanya sekadar mengirim lokasi Anda saat itu juga. Jadi ketika Anda berjalan atau berpindah tempat, lokasi yang telah dikirim tidak akan berubah.

Berikut langkah-langkah untuk cara share lokasi di WhatsApp:

1. Buka aplikasi WhatsApp Anda > Lalu buka ruang obrolan atau kontak yang ingin Anda kirimkan lokasi Anda.

2. Kemudian pilih ikon yang ditunjuk oleh tanda panah warna merah seperti gambar di bawah ini.

cara share lokasi di whatsapp

3. Setelah itu pilih Location atau Lokasi.

cara share lokasi terkini di whatsapp

4. Jika Anda belum mengaktifkan GPS Anda, silahkan hidupkan GPS Anda dengan klik OK.

Langkah 4 - OK

5. Lalu hidupkan atau ON GPS Anda. Setelah itu tekan back atau kembali untuk menuju halaman sebelumnya.

Langkah 5 - ON GPS

6. Terdapat dua pilihan untuk membagikan lokasi Anda. Pertama, jika Anda ingin membagikan lokasi Anda secara real time, silakan pilih Share live location atau Bagikan lokasi terkini.

Langkah 6 - Pilih Share Live Location

7. Anda dapat menentukan batas waktu untuk membagikan lokasi real time Anda, yaitu mulai dari 15 menit, 1 jam atau 8 jam. Pilih waktu yang Anda inginkan > Anda juga dapat menambahkan keterangan > Pilih tombol send atau kirim.

Langkah 7 - pilih waktu, isi keterangan, send

8. Anda telah berhasil melakukan share live location.

cara share lokasi lewat whatsapp

9. Pilihan kedua yaitu jika Anda ingin membagikan lokasi Anda saat ini saja. Jangan langsung memilih Send your current location atau Kirim lokasi Anda saat ini, namun tunggu hingga akurasi lokasi Anda semakin kecil agar lokasi yang dikirim akan semakin sesuai. Jika tingkat akurasi sudah sesuai, silakan pilih Send your current location atau pilih lokasi yang tersedia yang sesuai dengan lokasi Anda.

cara share lokasi lewat whatsapp

10. Anda telah berhasil mengirim current location Anda.

cara share lokasi di whatsapp dengan mudah

Mudah bukan cara share lokasi Anda di WhatsApp? Anda dapat memilih fitur mana yang ingin Anda gunakan untuk membagikan lokasi Anda. Tentunya pilih sesuai dengan kebutuhan Anda saja. Pastikan koneksi internet Anda baik agar tingkat akurasi koordinat lokasi yang dikirim semakin baik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend