Cara Upload CV di Linkedin untuk Pemula

3 Cara Upload CV di Linkedin Untuk Melamar Pekerjaan Secara Online

CV atau singkatan dari Curriculum Vitae merupakan sebuah dokumen yang berisikan riwayat hidup dan didalamnya terdapat riwayat pendidikan, profil, biodata, keahlian yang dimiliki serta riwayat pekerjaan sebelumnya.

Curriculum Vitae biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan, melamar beasiswa dan untuk keperluan resmi lainnya. CV dapat kita buat menggunakan Microsoft Word maupun aplikasi desain grafis. Saat ini CV yang didesain dengan sangat menarik sangat marak digunakan untuk melamar pekerjaan.

Jika dulu kita sering melamar pekerjaan dengan cara mendatangi setiap perusahaan atau melihat dari surat kabar, saat ini kita sudah dimudahkan dengan adanya teknologi internet. Karena dengan internet kita dapat mencari pekerjaan dengan lebih cepat dan juga mudah. Adapun berbagai website yang menyediakan informasi terkait lowongan kerja, contohnya seperti jobstreet, indeed, karir bahkan linkedin.

Cara Upload CV di Linkedin

Untuk melamar pekerjaan melalui LinkedIn, kita juga harus menyematkan berkas CV kita didalamnya. Dengan begitu, maka para perusahaan yang sedang mencari karyawan akan sangat mudah untuk meninjau kemampuan dari calon karyawannya. Pada artikel ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara upload CV di LinkedIn. Terdapat 3 cara untuk mengupload CV di LinkedIn, berikut cara-caranya.

1. Cara Upload CV di LinkedIn melalui Profil

1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan masuk ke dalam akun LinkedIn Anda. Jika Anda belum mempunyai akun LinkedIn, maka Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Untuk mendaftar akun LinkedIn, Anda dapat menggunakan akun Facebook maupun akun Google Anda. Apabila Anda sudah masuk ke tampilan beranda LinkedIn Anda, maka klik button Saya seperti pada gambar dibawah ini. Maka akan muncul berbagai menu didalam menu Saya, klik button Lihat Profil.

Cara Upload CV di Profile Linkedin

2. Anda akan masuk ke dalam halaman Profil, kemudian kliklah pada button Tambah bagian Profil yang berwarna biru. Dan selanjutnya klik menu Media.

Cara Upload CV di Linkedin

3. Maka folder direktori Anda akan terbuka dan masuklah ke dalam folder yang terdapat file CV didalamnya. Pilih CV Anda dan klik Save.

Cara Upload CV di Linkedin untuk Melamar Pekerjaan

2. Cara Upload CV di LinkedIn melalui Preferensi Pencarian Kerja

Anda tidak hanya bisa mengupload CV melalui profil saja, tetapi Anda juga bisa mengupload CV melalui Preferensi Pencarian Kerja. Dengan fitur tersebut, pada saat Anda akan melamar pekerjaan, maka CV Anda akan otomatis terkirim ke perusahaan yang sedang Anda lamar. Sehingga Anda tidak perlu khawatir perusahaan tersebut sudah melihat CV Anda atau belum. Berikut adalah cara upload CV di LinkedIn melalui Preferensi Pencarian Kerja.

1. Masuklah ke akun LinkedIn Anda, lalu klik button Saya. Selanjutnya pada bagian Akun, klik menu Pengaturan & Privasi.

linkedin

2. Kemudian Anda akan masuk kedalam menu Pengaturan dan Privasi. Didalam menu tersebut, pilihlah button Preferensi Pencarian Kerja. Dan lihatlah pada sisi kanan, pada bagian Preferensi Pencarian Kerja, klik menu Pengaturan Lamaran Kerja.

linkedin

3. Didalam menu Pengaturan Lamaran kerja, lihatlah pada bagian Kelola resume Anda. Klik button Upload Resume untuk mengunggah CV Anda.

Preferensi Pencarian Kerja

4. Lalu pilihlah file CV Anda yang terdapat didalam file direktori komputer Anda. Setelah itu klik Save.

linkedin

3. Cara Upload CV di LinkedIn melalui Easy Apply

Di LinkedIn, kita juga dapat mengupload CV dengan sangat mudah yaitu dengan fitur Easy Apply. Dimana fitur tersebut berfungsi untuk Anda mengupload CV dengan berbeda-beda isi di banyak perusahaan. Dengan begitu, maka Anda dapat mengupload CV yang isinya sesuai dengan posisi yang ingin Anda lamar.

1. Pertama Anda harus masuk ke akun LinkedIn Anda terlebih dahulu. Kemudian carilah perusahaan yang ingin Anda lamar, selanjutnya klik button Melamar Mudah.

linkedin

2. Maka akan muncul window pop up seperti gambar dibawah ini, klik button Unggah Resume.

Fitur Easy Apply ini sangat berguna apabila kamu memiliki CV yang berbeda-beda untuk pekerjaan berbeda. Soalnya, kamu bisa langsung melamar lewat iklan lamaran pekerjaan dan memilih CV mana yang ingin kamu upload.

3. Lalu pilihlah file CV Anda yang ada di komputer. Dan kemudian klik Berikutnya.

Cara Menambahkan CV di Linkedin

Itulah beberapa cara dalam mengaupload file CV di LinkedIn dengan berbagai cara. Semoga artikel tutorial ini dapat membantu Anda dalam melamar pekerjaan.

Leave a Reply

Send this to a friend