CFO Huawei Meng Wanzhou Ditunjuk Sebagai Chairwoman Baru Perusahaan

CFO Huawei Meng Wanzhou Ditunjuk Sebagai Chairwoman Baru Perusahaan

NESABAMEDIA.COMMeng Wanzhou yang sebelumnya menjabat sebagai Chief Financial Officer, telah ditunjuk untuk menjadi Chairman Huawei. Perubahan jabatan ini dilakukan enam bulan setelah jaksa Amerika Serikat membatalkan tuduhan penipuan yang menyebabkan dirinya menjalani penahanan di Kanada selama tiga tahun. 

Posisi baru itu telah dikonfirmasi di situs resmi Huawei, dan Meng Wanzhou juga akan terus melanjutkan tugasnya sebagai CFO. Peran Chairman bergilir adalah milik bersama, dengan masing-masing pihak yang menduduki posisi itu akan bergiliran dalam memimpin dewan dan bertindak sebagai pejabat ketua. 

Ini berarti di beberapa titik di masa mendatang, Meng akan menjabat sebagai pejabat ketua perusahaan sekaligus Kepala Dewan Direksi. Untuk saat ini, peran tersebut dipegang oleh Ken Hu, yang masa jabatannya dimulai pada tanggal 1 April dan akan berakhir pada tanggal 30 September 2022.

“Perusahaan mengoptimalkan dan menyempurnakan struktur tata kelola internal untuk memastikan agar perusahaan bisa bertahan lama. Dewan pengawas bertanggung jawab atas kelangsungan hidup, pengembangan dan prospek jangka panjang perusahaan,” kata juru bicara Huawei saat memberikan pernyataan ke para awak media. 

Meng sebelumnya ditangkap di Kanada pada bulan Desember tahun 2018 silam saat dipindahkan melalui negara itu, dan tetap di sana dengan jaminan selama tiga tahun, sembari berjuang untuk bisa diekstradisi. Pihak berwenang Amerika Serikat menuduh Meng membantu Huawei untuk menghindari sanksi dalam melakukan bisnis di Iran, dengan menempatkan organisasi perbankan multinasional yang beresiko melanggar sanksi tersebut. 

Baik Meng dan Huawei telah membantah tuduhan tersebut, dengan menyebut bahwa tuduhan itu bermuatan sarat politik. Namun, sebelum sidang ekstradisi terakhir di British Columbia, tuduhan itu dibatalkan dan Meng akhirnya bisa meninggalkan Kanada dan kembali ke Cina pada September 2021. 

Meng, yang memiliki nama Inggris sebagai Sabrina, memainkan peran yang sangat penting dalam segala aktivitas perusahaan ketika berseteru dengan pemerintah Amerika Serikat, yang berujung pada penahanan tersebut.

Di sisi lain, Huawei baru-baru ini mempresentasikan hasil keuangan pertama mereka sejak Meng kembali bertugas ke perusahaan, yang mengungkap rekor keuntungan pada tahun 2021, tetapi penurunan pendapatan yang signifikan akibat dari sanksi pemerintah Amerika Serikat dan perkembangan geopolitik lainnya terus mempengaruhi keuangan perusahaan. 

Tags:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend