Chipset Google Tensor Itu Adalah Exynos 9855

Chipset Google Tensor Itu Adalah Samsung Exynos 9855

NESABAMEDIA.COMSetelah beberapa bocoran, rumor dan render, Google akhirnya mengumumkan smartphone Pixel 6 dan Pixel 6 Pro yang akan datang di akun Twitter resmi mereka. Google mengungkapkan beberapa spesifikasi utama perangkat smartphone tersebut. Di saat yang sama, mereka juga memamerkan chipset Google Tensor buatan mereka sendiri. 

Namun tidak ada informasi soal tanggal peluncuran dari perangkat Google Pixel 6 tersebut, setidaknya mereka hanya mengabarkan peluncurannya pada akhir tahun ini. Smartphone tersebut akan diluncurkan di Australia, Kanada, Perancis, Jerman, Jepang, Taiwan, Inggris dan Amerika terlebih dahulu. 

Sorotan utama mengarah pada salah satu bagian dari Pixel 6, yakni bagian chipsetnya. Smartphone tersebut akan menjalani debut bersama dengan chipset Tensor buatan Google sendiri. Perusahaan juga mengatakan bahwa ini menjadi smartphone pixel yang paling powerful yang pernah ada. 

Sayangnya lagi-lagi Google tidak membagikan detail spesifikasi dari chipset itu, termasuk informasi soal CPU, GPU dan fabrikasinya. Namun sebuah laporan yang diterima nesabamedia.com mengungkap soal sosok tampilan pertama dari chipset Tensor itu. Chipset itu memang tidak membawa desain yang luar biasa, melainkan sebuah desain yang sangat sederhana dengan adanya logo Google. Chipset tersebut memiliki kode nama Whitechapel, yang rupanya menjadi milik Exynos 9855, chipset berikutnya dari Samsung

Sebagai informasi, Exynos 2100 tidak lain adalah Exynos 9840 secara internal. Dan Exynos 2200 (9855 internal) yang akan datang akan menggantikan chipset ini. Beberapa laporan mengatakan bahwa Samsung sebenarnya sedang mengerjakan dua chipset baru yakni, Exynos 9855 dan 9955. Sekarang sepertinya Exynos 9855 akan menjalani debut sebagai chipset Google Tensor di pasaran, sedangkan Exynos 9955 akan debut pada akhir tahun ini.

Chipset Google Tensor diyakini akan berbasis proses fabrikasi 5nm, meskipun informasi ini sebenarnya masih belum mendapatkan konfirmasi dari pihak Google secara resmi. Kemungkinan besar, Google akan segera memberikan detail lebih lanjut, yang mungkin akan berbeda dari bocoran dan rumor yang beredar selama ini. Mengingat, waktu peluncurannya tidak lama lagi, Google akan segera membagikannya dalam waktu dekat.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend