Chrome Security

Chrome Tingkatkan Akses Keamanan dari Bahaya Hacker

NESABAMEDIA.COM – Google Chrome mengimbau kepada seluruh penggunanya, untuk segera memperbaharui Chrome mereka ke versi terbaru. Google mengatakan bahwa pembaruan ini sangat penting, karena Chrome sempat mengalami kebocoran keamanan yang dapat dengan mudah diretas, Senin (12/09).

Dilansir dari Google, mereka mengatakan bahwa perusahaan telah curiga atas kebocoran keamanan mereka yang bisa saja diretas dengan mudah oleh seorang peretas melalui Chrome. Laporan ini telah cukup lama ditinjau, terhitung sejak 30 Agustus kemarin.

“Google menyadari bahwa ada sebuah laporan mengenai eksploitasi data, perbaikan telah dilakukan dengan kode CVE-2022-3075 yang saat ini telah dirilis,” tulis Google melalui blog mereka.

Meskipun Google memang belum memberikan informasi yang lebih jelas mengenai hal ini, namun diperkirakan bukan hanya Chrome saja yang mengalami hal serupa. Beberapa browser yang menggunakan basis Chromium akan mendapatkan perbaikan yang sama, karena mungkin saja masih menggunakan sistem dan Manifest yang sama.

Google terihat memberikan perawatan keamanan mereka dengan sangat baik, bahkan perusahaan dengan serentak memberikan pembaruan untuk semua pengguna Chrome di platform yang berbeda-beda, sebut saja seperti Windows, macOS, dan Linux.

Hari ini, Chrome dengan versi terbaru telah tersedia dan bisa langsung diunduh. Perlu diperhatikan bahwa setelah diinstal kembali, pengguna Chrome seharusnya telah menggunakan versi 105.0.5195.102 sebagai versi terbaru.

Perbaikan yang diberikan Google untuk Chrome ini memang terbilang sedikit, di mana memberikan peningkatan keamanan saja. Namun, bagaimanapun juga sistem keamanan menjadi hal terpenting, Chrome menjadi browser dengan pengguna terbanyak saat ini tentunya menyimpan banyak data pribadi.

Sangat disayangkan ketika Google malah mengalami kerentanan kebocoran data, yang mana tentu akan sangat berbahaya. Chrome juga telah memiliki banyak sekali data pribadi pengguna, bahkan telah menyimpan akses dari kartu kredit dan debit, tentu kebocoran data akan menjadi hal terburuk.

Mengenai kerentanan keamanan Google, di 2022 ini Google telah mengalami enam kali kerentanan keamanan. Peningkatan dari sistem keamanan mereka terakhir telah diperbaharui pada pertengahan Agustus 2022 kemarin.

Menurut Bleeping Computer, Google telah merilis setidaknya enam kali perbaikan terhitung sejak bulan Februari, Maret, April, Juli, pertengahan Agustus, dan akhir Agustus.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend