Cina Dibanjiri GPU Bekas Dengan Harga Miring, Setelah Pemerintah Larang Kripto

Cina Dibanjiri GPU Bekas Dengan Harga Miring, Setelah Pemerintah Larang Kripto

NESABAMEDIA.COMJerman bukan menjadi satu-satunya negara di mana harga kartu grafis terbaik bisa anjlok, karena kebijakan keras Cina atas cryptocurrency telah membanjiri pasar dengan GPU bekas. Ini tidak hanya membantu kembalinya MSRP setelah kelangkaan stok kartu grafis yang cukup lama, namun di sisi lain juga banyaknya kartu grafis yang muncul di toko barang bekas telah menyebabkan beberapa penurunan harga, bahkan lebih rendah dari harga wajar yang direkomendasikan.

Mantan penambang bitcoin dan koin kripto lainnya, menjual semuanya mulai dari RTX 3090 terbaru hingga GPU lama dari seri AMD Radeon RX 400 dan seri NVIDIA GeForce GTX 10. Namun yang menarik adalah mereka sebagian besar dijual dalam jumlah yang sangat besar. Ini artinya, jika anda tidak cukup beruntung untuk menemukan GPU model seperti itu, maka anda hanya akan bisa mendapatkan GPU baru dengan harga yang lebih mahal. 

Salah seorang penjual di Cina bahkan menawarkan 100 unit GPU NVIDIA RTX 3070 seharga Rp5 jutaan, dibandingkan harga normalnya di kisaran Rp7 jutaan. Sementara penjual lainnya rata-rata menjual RTX 3060 dan RTX 3060 Ti dalam paket 200 unit, seharga masing-masing Rp4 jutaan dan Rp5 jutaan. 

Salah satu hal paling utama yang penting untuk dipertimbangkan ketika membeli GPU bekas itu adalah sulitnya mengetahui seperti apa penggunaan perangkat keras tersebut sebelumnya, khususnya jika sebelumnya digunakan untuk menambang kripto. Perlu dicatat tidak akan ada jaminan garansi yang diberikan saat membeli GPU bekas. 

Hal kedua adalah sulitnya memverifikasi daftar barang yang dijual, karena ada banyak sekali scammer atau penipu yang memanfaatkan momentum seperti ini, di tengah kelangkaan GPU baru dan banjirnya GPU bekas. Pastikan, si penjual itu memiliki reputasi yang baik sebelum membeli dari mereka.

Meskipun GPU bekas ini tidak selalu berarti kartu grafis yang lebih murah untuk semua orang secara langsung, label harga yang lebih murah di mana pun itu adalah merupakan tanda yang baik di masa mendatang. Harga GPU di belahan dunia lain mulai mengalami penurunan sedikit demi sedikit.

Leave a Reply

Send this to a friend