Kenali Ciri-Ciri Demokrasi di Indonesia dan Penjelasannya, Yuk Disimak!

Indonesia adalah salah satu negara yang menganut sistem demokrasi dalam pemerintahannya. Dimana sistem pemerintahan diselenggarakan berdasarkan asas dari rakyat, untuk rakyat dan oleh rakyat.

Yang artinya bahwa semua yang terdapat dalam pemerintahan adalah berasal dari pilihan rakyat, untuk mewujudkan impian-impian rakyat, dan yang menyelenggarakan adalah rakyat. Dengan adanya sistem pemerintahan yang demokratis, rakyat dapat memilih perwakilannya untuk dapat mewakili dirinya dalam kursi pemerintahan.

Sistem pemerintahan demokratis tidak hanya dilakukan di Indonesia, melainkan banyak negara yang menerapkan sistem pemerintahan demokratis yang sebagian besar adalah rakyat ikut berperan penting dalam pemilihan kepala negara dan perwakilan rakyat.

Ciri-Ciri Demokrasi dan Penjelasannya

Ciri-ciri Demokrasi

Sistem demokrasi yang dianut dalam sistem pemerintahan memiliki beberapa ciri-ciri khusus. Sehingga dapat diketahui bagaimana untuk memahami sistem demokrasi. Berikut merupakan beberapa ciri-ciri demokrasi yang perlu diketahui:

1. Memiliki perwakilan rakyat

Rakyat tentu akan memiliki berbagai macam aspirasi untuk disampaikan kepada pemerintahan. Sehingga untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan perwakilan rakyat yang mampu menjalankan wewenang untuk menyampaikan amanah dan aspirasi dari rakyat atau masyarakat.

Hal ini merupakan hal yang sangat penting, karena suatu negara yang memiliki sistem demokrasi harus mempertimbangkan aspirasi rakyat untuk dapat menjalankan pemerintahannya. Sehingga ada campur tangan rakyat dalam menjalankan kepemerintahan.

Perwakilan rakyat menjadi salah satu representatif dari rakyat suatu daerah tersebut. sehingga perwakilan rakyat ini biasa disebut dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). DPR dipilih melalui pemilu yang dipilih langsung oleh rakyat di Negara tersebut. Dalam kasus ini, adalah negara Indonesia.

2. Keputusan pemerintahan yang diputuskan untuk seluruh rakyat

Keputusan untuk menjalankan suatu hal dalam pemerintahan harus didasarkan pada keputusan yang diambil dengan mempertimbangkan aspirasi dan kepentingan dari rakyat atau seluruh warga Negara Indonesia.

Hal ini menjadi hal yang penting karena tidak semua keputusan didasarkan pada aspirasi masyarakat, sehingga terkadang masyarakat tidak puas dengan kinerja pemerintahan.

Oleh karena itu, keputusan pemerintahan yang diputuskan harus mempertimbangkan aspirasi dari masyarakat. Hal ini bertujuan agar tidak adanya konflik, tindakan korupsi, nepotisme dan kejahatan-kejahatan lainnya dalam dunia pemerintahan.

3. Memiliki sistem partai

Partai dalam negara yang menganut sistem pemerintahan demokrasi menjadi hal yang wajar. Hal ini dikarenakan dalam sistem partai menjasi salah satu sarana dan prasarana untuk menjalankan sistem demokratis pemerintahan.

Partai menjadi salah satu media untuk menyampaikan aspirasi dari masyarakat yang sah dan legal dimata hukum. Sehingga segala aspirasi yang disampaikan melalui partai merupakan aspirasi yang dapat diterima secara sah.

Partai tidak hanya sebagai tempat penyampaian aspirasi masyarakat dan dapat dianggap sah saja. Melainkan partai juga memilikki tanggung jawab dan wewenang untuk melakukan pengawasan terhadap kinerja dari pemerintah.

Sehingga pemerintah tidak bisa melakukan segala hal dengan sesuai keinginan masing-masing. Adanya partai juga dapat menjadi salah satu wadah untuk menyampaikan rekomendasi siapa yang pantas menjadi wakil rakyat untuk menjalankan amanah sebagai penyampai aspirasi masyarakat kepada pemerintahan.

4. Menjalankan konstitusi pemerintahan

Konstitusi pemerintahan adalah hal-hal mengenai beragam aturan yang sudah tertuang dalam Undang-Undang. Sehingga pemerintahan secara demoktaris harus menjalankan hal tersebut. pemerintahan demokratis harus tunduk terhadap Undang-Undang yang berlaku di Indonesia.

Segala hal yang berkaitan dengan keputusan, kepentingan, kehendak dan kekuasaan rakyat harus dilakukan berdasarkan konstitusi pemerintahan. Dimana konsititusi pemerintahan wajib mengikuti Undang-Undang yang berlaku.

Pemerintahan dengan sistem demokratis memiliki beragam ciri-ciri yang dapat mempermudah kita dalam memahaminya. Sehingga kita paham bagaimana sebenarnya ciri-ciri sistem pemerintahan yang  demokratis.

Kelebihan-Kelebihan Sistem Demokrasi

Ciri-Ciri Demokrasi dan Penjelasannya

Dalam sistem pemerintahan yang demokratis memiliki kelebihan-kelebihan yang dapat mendukung terciptanya kehidupan yang rukun dan sejahtera. Berikut merupakan beberapa kelebihan-kelebihan dari penerapan sistem demokrasi:

1. Penerimaan kekeuasaan melalui campur tangan masyarakat melalui hak suara

Adanya sistem pemerintahan demkratis dapat membuat masyarakat memiliki hak suara. Dimana, hak suara ini dapat digunakan untuk memilih kepala pemerintahan atau yang sejenis untuk menjalankan amanahnya dalam pemerintahan. Dimana, hak suara ini dilakukan dengan melalui pemilu atau pemilihan umum.

2. Tiap masyarakat diperkenankan untuk mengambil bagian dalam bidang politik

Setiap masyarakat memiliki hak yang sama sebagai warga negara. Setiap orang berhak untuk mengambil bagian untuk berpertisipasi dalam bidang politik. Sehingga tidak ada batasan untuk masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam mengambil bagian dalam bidang politik.

3. Sistem monopoli ditangan penguasa bisa diatasi dengan sistem demokratis

Dengan adanya sistem demokrasi, dapat mencegah adanya monopoli yang dilakukan oleh pemegang kekuasaan. Sehingga segala hal dapat dipantau dan diawasi sesuai dengan tanggung jawab dan kewajibannya. Hal ini mengakibatkan tidak adaya sistem monopoli yang dilakukan oleh pemegang kekuasaan.

4. Pemerintahan dalam kondisi stabil

Dengan adanya sistem demokrasi, kondisi pemerintahan dapat diawasi dengan baik. Masyarakat juga dapat menilai bagaimana kinerja wakil rakyat mereka dalam menjalankan amanah dan menyampaika aspirasi dari masyarakat. Sehingga dengan adanya sistem pemerintahan demokrasi, kondisi pemerintahan dapat stabil.

5. Rakyat dapat menjadi warga negara yang baik

Adanya sistem demokrasi juga dapat berdampak pada masyarakat atau rakyat. Dimana, dengan adanya sistem demokrasi, rakyat dapat menjadi warga negara yang baik. Hal ini dikarenakan, rakyat harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang yang berlaku.

Dengan adanya informasi mengenai bagaimana ciri-ciri demokrasi dan dilengkapi dengan penjelasannya akan mempermudah kita dalam memahami dan mengerti maksud dari demokrasi itu sendiri.

Sehingga dengan adanya hal tersebut, kemampuan dan wawasan kita mengenai demokrasi akan meningkat. Hal ini dapat membuat kita menjadi lebih memiliki wawasan tinggi dan luas mengenai bagaimana ciri-ciri demokrasi tersebut. semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend