Fitur Clipboard Microsoft Windows 10

Clipboard di Windows 10 Dapatkan Fitur Baru Untuk Mudahkan Copy Paste

NESABAMEDIA.COMPembaruan pratinjau di Windows 10 membawa opsi “Paste as Plain Text” untuk secara otomatis menghilangkan format dari tulisan yang disalin di Clipboard, juga peningkatan pada ARM64 dan penautan Bluetooth. Microsoft telah merilis pembaruan pratinjau Windows 10 Build 21318 ini ke kanal Developer di Windows Insider. Diketahui, build ini merupakan cabang dari RS_PRERELEASE.

Build RS sendiri ditujukan sebagai cabang bernama Cobalt, selain cabang FE yang juga sedang diuji cobakan oleh Microsoft di kanal Windows Insider. Namun Microsoft telah menekankan berkali-kali bahwa rilisan yang ada di Dev Channel tidak terkait dengan pembaruan fitur tertentu, jadi semua fitur yang diuji cobakan itu bisa saja akan hadir di pembaruan Windows 10 21H1 atau pembaruan Windows 10 21H2. 

Versi RS Build ini menyertakan penyesuaian pada fungsionalitas Clipboard yang memungkinkan pengguna untuk menempel sebagai teks biasa dari riwayat Clipboard. Untuk melakukan pengujian, pengguna Windows 10 perlu membuka riwayat di Clipboard dengan menekan tombol WIN+V dan kemudian memilih tombol elipsis (…) yang berada di samping entri berbasis teks apapun dalam riwayat Clipboard. Windows 10 sekarang menampilkan opsi “Tempel sebagai teks biasa” di samping opsi pin (sematkan) dan hapus. 

Tindakan yang diambil dari riwayat Clipboard tersebut akan menempelkan konten teks tanpa dipengaruhi jenis font, warna, ukuran dan format lainnya. 

Pengguna bisa memberikan feedback atau masukan pada fungsionalitas fitur melalui Input and Language → Clipboard yang ada di halaman Feedback Hub. Microsoft mengatakan, fitur ini akan dirilis terbatas untuk beberapa pengguna tertentu pada awalnya, dan secara bertahap akan tersedia untuk semua pengguna yang tergabung dalam Dev Channel. 

Pembaruan tersebut juga akan membawa perubahan pada bagian notifikasi atau pemberitahuan, yang akan muncul ketika terhubung dengan perangkat lain melalui Bluetooth. Pemberitahuan itu nantinya akan bertahan lebih lama, sehingga bisa memberikan kesempatan pengguna untuk berinteraksi sebelum hilang. 

Microsoft juga mengungkapkan sejumlah detail pada aplikasi baru mereka yang saat ini masih dalam tahap pengembangan oleh tim di Microsoft Garage, yang bernama Journal. Aplikasi itu nantinya hanya akan tersedia secara khusus pada perangkat Windows 10. Microsoft Garage selama ini juga terus mengembangkan aplikasi-aplikasi baru sejak dimulainya Windows Phone. 

Aplikasi Journal itu dibuat  untuk stylus dan fitur penintaan di Windows 10, yang merupakan cara Microsoft untuk menerapkan kesederhanaan dari pena dan kertas. Dalam penjelasan detail di halaman Microsoft Store disebutkan bahwa, “Membantu orang-orang yang menyukai Journal untuk mengembangkan ide mereka dan mengekspresikannya secara cepat dengan kekuatan pena digital mereka.”

“Bagi kebanyakan orang, cara untuk mengekspresikan sesuatu adalah melalui tulisan. Kami akan menggunakan semacam lembaran kertas itu untuk menangkap ide-ide tersebut. Kami akan mensketsakan ide. Kami akan membolak-balikan halaman sebelumnya untuk menampilkan sesuatu yang kami ingat yang pernah kami buat,” kata tim Microsoft Garage. 

Leave a Reply

Send this to a friend