Clubhouse Untuk Android Masuki Tahap Pengujian Beta

Clubhouse Untuk Android Masuki Tahap Pengujian Beta

NESABAMEDIA.COMCukup mengagumkan bahwa aplikasi media social Clubhouse begitu populer meskipun hanya tersedia untuk pengguna iOS saja. Bagi para pengguna Android yang terus menunggu kehadiran Clubhouse di platform milik Google itu, mungkin dalam waktu dekat akan segera mendapatkannya. 

Pada awal tahun ini pihak Clubhouse mengatakan bahwa mereka telah mendapatkan pendanaan kedua, jadi tidak mengejutkan jika kini mereka berusaha cukup keras untuk mengembangkan Clubhouse di platform Android, agar bisa mendapatkan jatah di pasar tersebut.

Clubhouse merupakan sebuah aplikasi media sosial berbasis audio yang mengalami peningkatan popularitas secara masif di saat masa pandemi dan menjadi alternatif dari aplikasi video konferensi yang ada. Popularitasnya itu mungkin dikarenakan bahwa aplikasi ini tidak membutuhkan perangkat kamera, dan membutuhkan lebih sedikit bandwith untuk digunakan, dibandingkan dengan aplikasi lain seperti Zoom, Google Meet, atau Microsoft Teams

Aplikasi ini benar-benar begitu populer, sampai-sampai media sosial ternama harus susah payah menyediakan versi Clubhouse mereka sendiri, seperti yang dilakukan Twitter dengan Spaces-nya, Telegram Voice Chat 2.0 dan bahkan Facebook dengan Live Rooms-nya. 

Versi Android dari Clubhouse ini memang masih belum ada, namun pihak Clubhouse mengatakan bahwa mereka mulai melakukan pengujian beta untuk beberapa pengguna terpilih. Clubhouse juga mengatakan bahwa mereka akan lebih banyak mengundang pengguna Android untuk melakukan pengujian dalam beberapa minggu mendatang. Kemungkinan mereka juga akan menerapkan metode ‘undangan’ seperti yang dilakukan untuk iOS. 

Mereka juga mengumumkan akan memberikan sejumlah peningkatan untuk aplikasi iOS. Mereka yang bergabung ke rooms dan berada di sana selama lebih dari lima menit, akan mendapatkan sebuah notifikasi untuk mengikuti akun tersebut, sehingga mereka akan mendapatkan pemberitahuan jika ada room baru yang dibuat. 

Selain itu akan ada juga peningkatan dalam hal penjelajahan atau discovery, kualitas pemberitahuan yang ditingkatkan, dan pencegahan penyalahgunaan. Pengguna kini juga bisa menggunakan gesture Magic Tap di dalam room untuk mengetahui siapa yang sedang berbicara. 

Meski demikian, jadwal kapan aplikasi itu hadir di Android masih belum disampaikan oleh pihak Clubhouse. Namun setidaknya, dengan kabar bahwa statusnya sudah mulai pengujian beta, diperkirakan hal itu tidak akan lama lagi.

Leave a Reply

Send this to a friend