Contoh Aplikasi AR (Augmented Reality)

10 Contoh Aplikasi AR (Augmented Reality) yang Membantu Produktivitas

Kumpulan contoh aplikasi AR (Augmented Reality) yang membantu produktivitas dan paling direkomendasikan

Teknologi AR dengan kata lain adalah teknologi yang mampu menggabungkan benda maya ke dalam lingkungan nyata. Augmented reality (AR) semakin mendorong perkembangan teknologi menjadi semakin futuristik.

Bagaimana tidak, inovasi ini bisa membawa hal yang maya seakan-akan ada di dunia nyata. Yuk, simak aplikasi apa saja yang menggunakan teknologi AR.

10 Contoh Aplikasi AR (Augmented Reality)

1. Google Translate

Google Translate

kamu pasti tahu salah satu fitur Google yang bisa menerjemahkan nyaris semua bahasa di dunia ini. Lebih hebat lagi, Google membuat Google Translate dalam versi aplikasi AR.

Aplikasi penerjemah ini sudah berkembang menjadi selangkah lebih maju. Ia bisa menerjemahkan tulisan yang ada di buku, petunjuk jalan, atau bahkan meme ke bahasa lain.

Ketika ada tulisan yang tidak kamu mengerti, tinggal arahkan kamera aplikasi ini kepadanya. Setelah itu, biarkan aplikasi ini bekerja. Mudah kan? Kamu tidak perlu menulisnya ulang lho!

2. Google Sky Map

Google Sky Map

Google Sky Map adalah salah satu aplikasi augmented reality tertua yang ada di Play Store. Aplikasi ini menyediakan fitur untuk penggunanya bisa menjelajah luar angkasa dari smartphone Android mereka. Cukup mengarahkan smartphone ke langit, aplikasi ini akan memperlihatkan letak planet, benda langit dan kondisi galaksi.

3. Wanna Kicks

Wanna Kicks

Ingin mencoba sepatu dari beragam brand tapi malas datang ke tokonya? Kamu bisa mencoba Wanna Kicks. Aplikasi ini memungkinkanmu untuk mengenakan sepatu secara digital dan melihat apakah mereka pantas untuk kamu pakai.

Tidak hanya itu, Wanna Kicks juga bisa mengambil gambar dan video sehingga kamu bisa meminta saran kepada temanmu. Ada banyak brand yang bekerja sama dengannya, seperti Adidas, Nike, dan lain-lain.

4. Google Maps

Google Maps

Google telah menambahkan sejumlah fitur baru ke dalam Live View, mode augmented reality dari Google Maps. Dengan fitur ini mendapatkan informasi tentang jarak dan petunjuk arah ke lokasi tersebut.

Tambahan terbesar adalah kemampuan untuk melihat isyarat visual bangunan ikonik dunia atau landmark. Serta informasi tentang sebarang jauh lokasi landmark dan petunjuk arah menuju ke sana.

Selain itu fitur menarik lainnya di adalah kemampuan untuk langsung masuk ke mode Live View dari arah posisi transit di tengah perjalanan. Sehingga pengguna dapat lebih mudah mengetahui arah yang benar saat berada di persimpangan jalan yang berpotensi membingungkan.

Google memiliki beberapa fitur lainnya untuk mode Live View termasuk berbagi lokasi untuk melihat jarak dari arah dan arah ke teman yang berbagi lokasi mereka di Google Maps. Dan pin yang lebih akurat sehingga jalan terkenal, landmark dan tmpat lain yang melibatkan perubahan ketinggian muncul lebih akurat di Live View saat ditetapkan sebagai tujuan.

5. Spark AR

Spark AR

Pesatnya perkembangan teknologi Augmented Reality (AR) kini telah merambah ke media sosial. Hal ini ditunjukkan dengan semakin banyaknya orang yang menuangkan kreativitasnya pada teknologi AR hingga menciptakan berbagai filter menarik yang ada di fitur Instagram Story.

Filter di Instagram Story mengubah gambar yang ditampilkan kamera depan atau belakang dengan dilapisi efek AR. Filter-filter tersebut adalah penerapan dari teknologi AR yang dibuat oleh creator.

Terlebih saat ini, Facebook sebagai perusahaan induk Instagram meluncurkan aplikasi Spark AR Studio yang memungkinkan semua orang dapat membuat filter kreasi mereka sendiri.

Kini siapa pun bisa membuat filter Instagram sendiri dengan menggunakan aplikasi Spark AR Studio. Spark AR Studio adalah sebuah platform AR untuk membuat efek AR pada kamera smartphone. Sebelum diluncurkan pada Agustus 2019, hanya creator Instagram tertentu yang dapat merancang dan menerbitkan filter AR.

Sekarang, siapa pun dapat berkreasi dengan Spark AR Studio untuk membuat filter yang menarik. Spark AR Studio dirancang untuk memudahkan para creator dari berbagai tingkatan skill yang berbeda, bahkan orang awam sekalipun dapat menghadirkan pengalaman Augmented Reality di Instagram.

Di Spark AR Studio, para pengguna bisa membuat filter AR dengan tools yang tersedia. Pengguna juga bisa membagikan filter yang mereka ciptakan ke komunitas Instagram.

6. Google Lens

Google Lens

Google Lens adalah aplikasi Google untuk menggunakan kamera peranti dalam usaha menemukan detail tentang lingkungan sekitar. Dengan basis data besar yang dibanggakan raksasa teknologi Amerika ini, Google Lens dapat mengenali hampir apa saja.

Utilitas lain dalam Google Lens dapat mengidentifikasi furnitur atau pakaian yang menarik perhatian ketika kamu keluar. Fokus saja pada objek yang dimaksud, dan alat ini akan menyediakan data tentang produk tersebut. Ini sangat praktis jika kamu ingin mencari toko yang menjual barang itu.

Google Lens juga mengenali hewan dan tanaman. Jadi, kamu dapat menemukan spesies baru yang belum diidentifikasi dan kemudian mendapat informasi tentang makhluk hidup yang ditemukan di mana saja.

Dengan Google Lens, kamu dapat mengidentifikasi objek, hewan, atau tanaman dengan peranti Android. Semua dilengkapi label kualitas yang disediakan oleh Google. Tak ragu lagi, ini adalah alat yang dapat membantu kamu memahami dunia sekitar sekaligus membawa kamu ke area lain.

7. Google Earth

Google Earth

Google Earth merupakan salah satu pemetaan citra satelit dengan resolusi hingga 15m per piksel, google earth juga merupakan salah satu aplikasi gratis yang bisa dimanfaatkan oleh setiap orang untuk melihat data umum bumi dari udara, daratan, maupun lautan.

Dengan bantuan google earth kita bisa melihat lokasi rumah, bentuk bangunan, morfologi dan juga topologi suatu daerah, dan  dengan berkembangnya zaman Google Earth selalu memperbarui fitur-fitur yang ada untuk memberikan informasi terbaik yang bisa diberikan kepada penggunanya.

8. Travel With AR

Travel With AR

Pernah membayangkan bagaimana rasanya memiliki pintu ajaib seperti di kartun Doraemon? Sebenarnya belum ada ilmuwan yang menemukan alat seperti itu. Akan tetapi untuk merasakannya kamu bisa download aplikasi Travel With AR.

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk masuk portal visual ke tempat lain. Ada banyak tempat yang bisa kamu “kunjungi”. Mulai dari Roma, Maldives, Paris, dan lain-lain. Cocok nih untuk yang ingin traveling tapi belum memiliki uang yang cukup.

9. Star Walk

Star Walk

kamu hobi mengamati bintang-bintang atau benda langit lainnya? kamu akan menyukai aplikasi yang satu ini. Star Walk bisa membantu mengidentifikasi benda langit yang sedang kamu amati.

Cukup arahkan kamera ke langit, setelahnya aplikasi tersebut akan memberikan informasi yang kamu butuhkan. Dengan begitu kamu bisa belajar benda langit dengan lebih mudah.

Di masa depan, penggunaan AR akan semakin merajalela dan memudahkan segala aspek kehidupan.

10. Just a Line

Just a Line

Aplikasi yang disponsori oleh Google ini memungkinkanmu untuk mencoret-coret apa pun yang ada di sekitarmu. Gambar yang kamu buat akan menjadi tiga dimensi dengan bantuan AR.

Caranya pun mudah, tinggal gambar objek yang kamu inginkan di handphone. Setelahnya gambar tersebut seakan-akan menjadi kenyataan. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini bersama dengan temanmu lho. Tinggal sambungkan perangkat, kalian pun bisa berbagi virtual space.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 contoh aplikasi AR (Augmented Reality). Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi kamu . Terima kasih 🙂

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments