Contoh Aplikasi Client Server

10 Contoh Aplikasi Client Server untuk Sistem Operasi Windows

Client/server adalah solusi terbaik untuk mendapatkan aplikasi database yang handal dalam hal sekuritas dan fault-tolerance serta mampu mengurangi kepadatan lalulintas jaringan. Client/server dilihat dari namanya, berarti terdapat dua aplikasi yaitu aplikasi client dan aplikasi server (atau sering juga disebut servis).

Konsep dimana client membuat suatu permintaan (client make a request) serta server merespon permintaan tersebut (server responding).

Secara absolut client tidak mempunyai kontrol atas data yang berada di server, dalam hal ini client hanya perlu membuat permintaan untuk semua aktifitas yang diinginkan

Pada dasarnya client server merupakan konsep arsitektur perangkat lunak atau software yang menghubungkan dua objek berupa sistem client dan sistem server yang saling berkomunikasi melalui jaringan komputer maupun satu komputer yang sama. Server akan menyediakan pengelolaan aplikasi, data dan keamanan data client.

10 Contoh Aplikasi Client Server

Pada fungsi pertukaran akses web, client server berperan sebagai program web browser yang memberikan informasi kepada pengguna atau user di seluruh dunia.

Hal ini serupa dengan akses email, database dan sebagainya yang berkaitan dengan jaringan browser. Aplikasi client server membutuhkan laman web dan IP address dari server khusus.

Client dapat meminta informasi pada server kapanpun ia mau, karena client adalah pengguna informasi yang ada di server. Proses komunikasi selalu bergerak dua arah, jika client ingin menggunakan informasi maka rute yang dituju selalu pada server. Client tidak bisa berkomunikasi kepada sesama client.

1. FileZilla

filezilla

FileZilla adalah sebuah aplikasi FTP client yang bisa digunakan di sistem operasi Windows maupun Linux. Dengan menggunakan FileZilla, Anda dapat melakukan manage dan upload file ke FTP server dengan mudah.

FileZilla juga merupakan salah satu agen FTP gratis paling populer di internet. Meskipun sebagian besar fungsinya gratis, baru-baru ini juga ada beberapa perubahan di FileZilla Deluxe pada Windows dan Mac, serta FileZilla Pro hanya dibayar untuk Windows.

Klien Filezilla FTP dapat mendukung alat canggih seperti HIVE (High Importance Group File), yang digunakan untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber. Alat-alat ini membantu Anda dalam melakukan transfer lebih cepat dan lebih efisien. FileZilla digunakan untuk berbagi dan mengunduh file besar di seluruh web.

FileZilla memiliki fitur yang sangat berguna yang disebut transfer queue. fitur adalah fitur yang memungkinkan Anda menentukan grup transfer atau file mana yang ingin Anda lakukan transfer segera. fitur Ini membuat klien FTP jauh lebih responsif karena tidak akan lambat ketika Anda mulai mentransfer file dengan ukuran file yang sangat besar.

2. WinSCP

Download WinSCP Terbaru

WinSCP merupakan sebuah software SCP & FTP open source gratis yang akan membantu Anda untuk melakukan transfer file dari dan ke remote server dengan mudah.

WinSCP menjadi open source file transfer client gratis, dan simpel untuk Windows yang mengunakan teknologi Secure Shell (SSH) untuk menyimpan file yang telah disalin antara PC remote dan local dengan menggunakan File Transfer Protocol (FTP), SSH FTP, atau SCP (Secure Copy) protocols dan juga menyediakan beberapa feature pengaturan file dasar.

Winscp berfungsi untuk transfer file atau copy file antara windows dengan linux. Kegunaan dari File Transfer ini yaitu sebagai alat untuk transfer, atau lebih familiar kita kenal dengan sebutan upload dan download file melalui protokol ftp dan secure shell (SSH), Dengan WinSCP kita juga dapat melakukan editorial seperti mengedit isi file, merubah nama file, menghapus file, membuat folder serta mengubah chmod file.

Kegunaan dari WinSCP ini adalah sebagai alat untuk transfer, atau lebih familiar kita kenal dengan sebutan upload dan download file melalui protokol ftp dan secure shell (SSH), Dengan WinSCP kita juga dapat melakukan editorial seperti mengedit isi file, merubah nama file, menghapus file dan lain sebagainya.

3. VMware Server

vmware server

VMware merupakan software Virtual Machine (mesin virtual) yang berguna untuk menjalankan banyak sistem operasi (OS) di dalam sebuah perangkat keras (hardware) seperti Personal Computer (PC) atau laptop. Hal tersebut memungkinkan Anda untuk membagi memori hardware, sehingga Anda seolah seperti memiliki 2 unit hardware dengan sistem operasi yang berbeda namun sebenarnya tergabung dalam satu hardware yang sama.

VMware memiliki fungsi ketika perpindahan PC dari sistem operasi yang berbeda, Anda tidak perlu melakukan booting ataupun restart karena VMware akan membantu perpindahan tersebut secara langsung dan kedua sistem bisa tetap berjalan secara bersamaan, selain itu juga dapat mengembangkan aplikasi ataupun software multiplatform dengan cepat karena adanya sistem operasi yang dapat berjalan bersamaan.

Pengguna juga dapat memaksimalkan penggunaan hardware yang dimiliki, tanpa harus memiliki hardware tambahan. Software ini juga digunakan untuk mempelajari suatu sistem operasi, baik saat dalam pembelajaran maupun saat pengambangan sistem operasi.

Dan yang paling penting karena migrasi atau perpindahan dari satu sistem ke sistem lainnya lebih cepat dan mudah, pengguna tidak perlu khawatir jika ada kehilangan data.

4. BigAnt Messenger

BigAnt Messenger

BigAnt Messenger adalah program sejenis  seperti Windows Live Messenger serta aplikasi lainnya yang apat digunakan untuk kebutuhan komunikasi di kantor.

Progam pesan instan ini dirancang untuk semua jenis organisasi yang memungkinkan Anda untuk membuat jaringan komunikasi yang lebih dekat dimana hal tersebut memiliki percakapan teks, suara dan video melalui jaringan lokal atau Internet.

BigAnt Messenger terdiri dari program klien dan pengguna utama. Pengguna utama  bertugas memusatkan komunikasi dan memberikan pelayanan kepada klien. Program ini menggunakan basis data Access atau SQL Server untuk menyimpan informasi. Di dalamnya, program harus meminta pengguna dan kelompok pengguna yang akan membentuk jaringan perusahaan. Anda harus menentukan aturan untuk

membatasi akses ke fungsi atas nama klien. Untuk terhubung ke jaringan Anda memerlukan nama pengguna dan kata sandi, serta alamat IP peladen. Layanan yang ditawarkan oleh BigAnt Messenger sebagai perpesanan klien adalah: percakapan teks, panggilan telepon dan konferensi video, berkas dan folder pengiriman, riwayat percakapan, tangkapan layar, pesan luring, dll.

5. FireFTP

Aplikasi FTP Client Terbaik

FireFTP (File Transfer Protocol) adalah tools yang digunakan untuk mentransfer file dari lokal host ke server hosting atau mendownload file dari server hosting ke local host.

Berbeda dengan FTP Software pada umumnya yang memerlukan beberapa tahap instalasi, penginstalan FireFTP hanya sebatas pengunduhan add-on pada browser Mozilla Firefox Anda. Namun, pastikan bila Mozilla Firefox Anda telah terupdate sebelum menginstal versi FireFTP terbaru.

FireFTP mendukung daftar direktori caching, dan juga dapat melakukan perbandingan antara pohon direktori lokal dan satu remote. Hal ini dapat terhubung melalui proxy server dan dapat secara otomatis menyambung kembali setelah pemutusan.  FireFTP juga menawarkan fungsionalitas untuk menjaga upload / download cap waktu di sync. Namun, timestamp lokal dimodifikasi bukan satu remote.

6. Cyberduck

Cyberduck

Cyberduck adalah klien FTP dengan kapabilitas cloud gratis dan dukungan untuk sistem Windows dan Mac OS X. Cyberduck menggunakan antarmuka pengguna grafis (GUI) untuk memberi pengguna akhir akses ke file dari server dan sebaliknya mengelola data di berbagai lokasi, termasuk akses file, opsi pengeditan dan penyimpanan.

Cyberduck sendiri merupakan protokol setandar untuk mengirimkan file baik upload data ke server maupun download data dari server ke komputer client.

Cyberduck sangat direkomendasikan bagi Anda pengguna Mac baik di tingkat pemula maupun tingkat lanjut. Walaupun Software ini juga dapat beroperasi pada Windows, proses integrasinya jauh lebih sempurna dengan Mac.

7. TeamSpeak

TeamSpeak

TeamSpeak (TS) adalah Voice over Internet Protocol (VoIP) untuk komunikasi audio antar pengguna di saluran obrolan. Perangkat lunak klien terhubung ke server TeamSpeak yang dapat dipilih pengguna, dari mana mereka dapat bergabung dengan saluran obrolan (beberapa bersifat publik dan beberapa bersifat pribadi).

Target audiens TeamSpeak adalah gamer, yang dapat menggunakan perangkat lunak untuk berkomunikasi dengan pemain lain di tim yang sama dalam video game multipemain.. Perangkat lunak ini tersedia secara gratis untuk diinstal pada semua sistem operasi utama. Pada baris berikut kita akan melihat bagaimana kita dapat menginstal klien Ubuntu TeamSpeak.

8. UltraVNC

Download UltraVNC Terbaru

UltraVNC adalah utilitas sederhana dan mudah digunakan yang fokus pada sistem Windows untuk mengendalikan setiap mesin yang terhubung ke jaringan atau internet. UltraVNC memungkinkan Anda menggunakan tetikus dan papan tik untuk mengendalikan PC lainnya dari jarak jauh.

Artinya, Anda dapat bekerja pada komputer jarak jauh seolah-olah Anda sedang duduk di depannya, langsung dari lokasi Anda saat ini. Ultra VNC didasarkan pada VNC (Virtual Network Computing), versi asli dari program klien/server yang menawarkan kemampuan akses jarak jauh ke sesi yang dimulai pada komputer Anda dari PC lain yang terhubung ke internet.

9. Radmin

Download Radmin Terbaru

Radmin (Remote Administrator) merupakan suatu program yang dapat  digunakan untuk melakukan remote terhadap mesin komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan. Dengan mengggunakan program Radmin, memungkinkan Anda dapat bekerja pada komputer lain melalui komputer sendiri.

Jadi, tampilan komputer Anda akan sama persis seperti apa yang tertampil pada komputer tujuan. Dengan menggunakan mode full control, Radmin mampu menjalankan semua operasi yang dapat dijalankan oleh komputer target, termasuk melakukan pengcopyan data, penghapusan data, penginstalan komponen/ program tambahan atau bahkan melakukan restart dan shut down komputer tujuan melalui komputer kita

Didalam penggunaannya, Radmin memiliki dua tingkatan, yaitu sebagai server dan sebagai klien. Pada komputer target kita instalkan RAdmin server sedangkan komputer kita sendiri di instalkan RAdmin viewernya.

10. SSH Explorer

SSH Explorer

SSH Explorer adalah klien SSH/Telnet generasi baru dan emulator terminal yang membuat administrasi server Linux jarak jauh terlihat jauh lebih menyenangkan daripada yang sebenarnya.

Panel Tampilan File memungkinkan Anda menavigasi dan mengoperasikan direktori dan file jarak jauh dengan mudah seolah-olah mereka berada di komputer rumah Anda.

Editor teks terintegrasi dan klien SFTP selalu ada di ujung jari Anda saat Anda perlu mengedit atau mentransfer file. SSH Explorer juga menyertakan paket perintah Linux yang berguna dan memungkinkan Anda membuat cuplikan sendiri sehingga Anda tidak perlu mengingat dan mengetiknya lagi. Dengan SSH Explorer, emulasi terminal VT100, SSH1, SSH2 dan protokol Telnet didukung.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 contoh aplikasi Client Server. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih 🙂

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend