10 Contoh Aplikasi Close Source

10 Contoh Aplikasi Close Source Yang Paling Banyak Digunakan

Close Source merupakan software yang source codenya tidak dapat dibuka oleh umum. Kode close source hanya bisa dibagikan oleh pemiliki melalui sebuah lisensi, dengan gratis ataupun berbayar. Lisensi tertentu membuat kebijakan, meskipun gratis namun software tidak sepenuhnya opensource.

Jika sebuah lisensi memiliki larangan memodifikasi kode, maka software tidak open-source. Namun jika sebuah software berbayar, bisa menjadi program gratis ketika kita mengeditnya dengan ketentuan si pemiliki program memberikan kode-kode tersebut secara gratis.

10 Contoh Aplikasi Close Source

Dalam pengertiannya software Closed Source adalah aplikasi dengan kode sumber yang tertutup sehingga user tidak dapat memodifikasi, mengubah, mengcopy isi dari kode sumber software tersebut.

Pengguna closed source didunia bisa dibilang lebih sedikit daripada open source karena mungkin hanya orang-orang yang bisa mengerti kode yang dapat mengoperasikannya.

Adapun kelebihan dan kekurangannya yaitu:

Kelebihan

  • kestablian sistem terjamin
  • lebih mudah digunakan
  • banyak dukungan pemasaran

Kekurangan

  • Adanya lisensi yang mengharuskan pengguna menyediakan dana
  • Pengembangan terbatas
  • Harga lisensi mahal

Berikut merupakan 10 contoh aplikasi Close Source. Langsung saja, silakan simak pembahasan di bawah ini.

1. Microsoft Windows

windows

Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan memakai antarmuka pengguna grafis. Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, suatu sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line.

Pada dasarnya fungsi utama dari sistem operasi Windows adalah penghubung antara hardware dengan software. Merupakan program perangkat lunak yang mendukung fungsi dasar seperti mengelola file dan aplikasi Anda yang sedang berjalan, dan menggunakan periferal seperti printer, monitor, keyboard, dan mouse.

2. Internet Explorer

Contoh Aplikasi Close Source Terbaru

Internet Explorer merupakan browse  yang dapat mengakses berbagai situs untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Tentunya ini menjadi salah satu komponen yang penting agar Anda dapat berselancar dengan mudah di dunia maya. Bagi pengguna sistem operasi Windows, pasti sudah tidak asing dengan browser Internet Explorer. Browser ini tersedia bagi PC yang mempunyai sistem operasi Windows.

Internet Explorer tercipta berawal dari web browser Mosaic dari perusahaan Spyglass. Dengan melisensikan Mosaic, Microsoft akhirnya berhasil menciptakan sebuah web browser yang bernama Internet Explorer dan merupakan web browser tertua.

Keuntungan memakai Internet Explorer ialah mempunyai fitur-fitur up-to-date didalamnya dan sangat menguntungkan bagi PC kita yang sistem operasinya Windows. Tentunya hal ini membuat kita tidak perlu repot untuk menginstall web browser tersebut.

3. Adobe Photoshop

adobe photoshop

Photoshop merupakan perangkat lunak khusus untuk mengedit atau mengoreksi hasil foto atau gambar dan membuat atau menambah efek pada foto/gambar.

Bukan hanya para penggemar fotografi, para desainer grafis juga kerap menggunakan perangkat lunak ini. Photoshop menawarkan beberapa fitur efek dan tool untuk memanipulasi foto untuk meningkatkan hasil yang berkualitas.

Software berbasis bitmap ini dipakai para desainer grafis untuk mengolah gambar dengan mengubah pewarnaan, menggabungkan, memberi efek, hingga membuat masking dari objek yang diedit. Banyak sekali fitur editing yang bisa digunakan dari Adobe Photoshop.

4. Winamp

winamp

Winamp adalah suatu pemutar media buatan Nullsoft, yang sekarang merupakan suatu cabang Time Warner. Winamp merupakan perangkat lunak freeware atau shareware yang dapat memainkan berbagi kodek dan tipe audio dan juga dapat dikostumisasi.

Winamp adalah sebuah freeware gratis yang mempunyai fungsi dasar untuk memutar musik dan video. Akan tetapi, dengan plug-in yang tepat kita bisa mengubah player musik winamp menjadi program multiguna untuk bertukar musik di internet, meng-copy CD, mengoperasikan TV, dan pekerjaan lainnya. Winamp adalah media player untuk Windows based PC dan perangkat android.

5. Avast Antivirus

Contoh Aplikasi Close Source Security

Avast! Free Antivirus adalah program aplikasi keamanan yang berguna untuk membersihkan virus (antivirus). Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan pada ketersediaannya dalam berbagai platform sistem operasi dan lengkapnya fitur keamanan yang ada.

Fitur yang terdapat pada versi gratis ini antara lain antivirus dan anti-spyware, anti-rootkit, dan proteksi untuk file, email, web, peer-to-peer, script, jaringan, dan lainnya.

6. Pascal

Pascal

Turbo Pascal adalah sebuah sistem pengembangan perangkat lunak yang terdiri atas kompiler dan lingkungan pengembangan terintegrasi (dalam bahasa inggris: Integrated Development Environment – IDE) atas bahasa pemrograman pascal untuk sistem operasi CP/M, CP/M-86, dan MS-DOS, yang dikembangkan oleh Borland pada masa kepemimpinan Philippe Kahn.

Pascal adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling sederhana dan merupakan bahasa yang dasar. Sehingga bisa jadi bagi seseorang yang ingin menjadi programmer bahasa pascal salah satu yang harus dikuasai.

Turbo pascal sebagai sebuah software yang dapat digunakan untuk membuat program yang berhubungan dengan kehidupan kita sehari-hari yang dapat dikonsepkan dengan algorima dan pascal. Program umum yang biasanya digunakan dengan pascal antara lain: program kasir, program nilai siswa, program data mahasiswa, program mencari rata-rata, dan sebagainya.

7. Microsoft Office

microsoft office

Microsoft Office adalah perangkat lunak atau software yang produktif dalam mengolah data dan menghasilkan data. Selain digunakan di kantor, microsoft office ini dapat digunakan juga di dunia formal seperti lembaga pendidikan dan lembaga kedinasan karena memudahkan penggunanya dalam memproses pengolahan data dalam bidang yang difokuskan.

Hingga sekarang Microsoft Office terus diperbarui, bahkan berkembang dengan pesat. Versi dari microsoft Office ini ditandai dengan peluncuran pembaharuannya, seperti microsoft office 2001, 2003 lalu 2007 lalu 2010 hingga yang sekarang terbaru adalah microsoft office 2017. Terdiri dari Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, Microsoft Office Power Point, Microsoft Office Access.

8. Coreldraw

Contoh Aplikasi Close Source

Coreldraw adalah program perangkat lunak untuk mengedit grafik vektor. Grafik vektor dibuat dalam paket grafik dan terdiri dari objek. Setiap objek dapat diedit secara terpisah, artinya bentuk, warna, ukuran, dan posisinya dapat diubah.

Coreldraw memungkinkan pengguna untuk melakukan hal-hal seperti menambahkan efek khusus seperti bingkai ke gambar, selain memungkinkan penyesuaian kontras, penyeimbangan warna, dan lainnya.

Coreldraw lebih berfokus pada proses editing gambar, sehingga banyak dipakai oleh pengguna dalam bidang advertising, desain visual, serta percetakan dan bidang lain yang memerlukan format visualisasi.

9. Pinnacle Studio

pinnacle studio

Pinnacle merupakan salah satu ikon utama di dalam dunia editing profesional, khususnya real-time 3D maupun non-linear editing environment. Tak mengherankan bila Pinnacle Studio berhasil meraih delapan penghargaan Emmy Award untuk kategori technical achievement dan excellence video terbaik.

Pinnacle Studio merupakan software editing yang dinilai memiliki fasilitas editing, variasi serta efek khusus yang lengkap. Sejumlah fitur seperti Multi-track editing atau overlay, efek picture-in-picture , Chroma key, Fast/Slow Motion, animated slideshow (pan & zoom) dan Photo editing terdapat di Pinnacle Studio.

10. Spotify

spotify

Spotify merupakan layanan streaming musik, di mana Anda bisa mendengarkan jutaan musik yang ada didalamnya melalui berbagai perangkat. Spotify juga menyediakan web player yang bisa Anda akses melalui browser.

Spotify tersedia untuk sebagian besar perangkat modern, termasuk komputer Windows, macOS dan Linux, iOS, Windows Phone dan smartphone dan tablet Android, serta TV melalui cara yang dipasang oleh pabrik, Roku Players, Amazon FireTV Devices, PlayStation 3, PlayStation 4 dan konsol Xbox One di rumah.

Itulah 10 software close source yang mempermudah Anda dalam membantu pekerjaan sehari-hari. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih 🙂

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend