Contoh Aplikasi Multimedia Interaktif

10 Contoh Aplikasi Multimedia Interaktif Online / Offiline

Multimedia menurut bahasa berarti multi dan media. Multi artinya banyak, sedangkan media berarti sesuatu yang digunakan untuk mengekspresikan pesan ataupun perantara. Jadi, multimedia adalah perantara pesan yang terdapat lebih dari 1 elemen atau banyak.

Dengan berkembangnya zaman, multimedia memiliki beberapa jenis, diantaranya multimedia interaktif, multimedia hiperaktif, dan lain sebagainya. Jenis multimedia yang paling sering digunakan saat ini terutama untuk media pembelajaran adalah multimedia interaktif.

10 Contoh Aplikasi Multimedia Interaktif

Berikut ini 10 contoh aplikasi multimedia interaktif yang wajib Anda ketahui. Langsung saja, silakan simak pembahasannya berikut ini.

1. Microsoft Power Point

microsoft powerpoint

Contoh aplikasi multimedia interaktif yang pertama adalah Microsoft PowerPoint. Dilihat dari namanya sudah jelas aplikasi ini merupakan aplikasi besutan Microsoft. Aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk membuat sebuah presentasi dengan tampilan visual yang sangat menarik dengan menambahkan teks, audio, animasi, bahkan video sekalipun.

Mungkin aplikasi ini bisa dikatakan sebuah aplikasi yang dapat membuat sebuah multimedia interaktif secara visual. Aplikasi ini sering digunakan oleh para pendidik seperti guru ataupun dosen dalam memberikan materi pembelajaran agar lebih mudah dipahami.

2. Canva

canva

Contoh aplikasi multimedia interaktif selanjutnya adalah Canva. Akhir-akhir ini aplikasi Canva sangat booming dan populer dikalangan para content creator. Bukan hanya termasuk salah satu aplikasi multimedia interaktif saja, namun Canva juga termasuk aplikasi pembuat multimedia interaktif itu sendiri.

Sama seperti Microsoft PowerPoint, aplikasi Canva memudahkan Anda dalam membuat sebuah presentasi, video, animasi, poster, dan multimedia interaktif lainnya. Tampilan antarmukanya yang sederhana membuat aplikasi Canva ini menjadi sangat populer. Selain tampilannya, ribuan template yang tersedia juga membuat banyak orang jatuh cinta pada aplikasi satu ini.

3. PowToon

Contoh Aplikasi Multimedia Interaktif Online

Aplikasi multimedia interaktif selanjutnya adalah PowToon. Aplikasi PowToon merpakan sebuah aplikasi presentasi dan video animasi interaktif. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat media pembelajaran secara interaktif seperti presentasi, infografi yang bergerak, video animasi, dan lain sebagainya.

Sama seperti Canva dan Microsoft PowerPoint sebelumnya, aplikasi Powtoon juga menyediakan berbagai macam template yang dapat memudahkan Anda dalam membuat sebuah media pembelajaran. Anda dapat menambahkan sebuah karakter animasi, teks efek, background, dan lain sebagainya.

4. Quipper

quipper

Aplikasi multimedia interaktif selanjutnya ini agak berbeda dari sebelumnya. Quipper merupakan salah satu aplikasi belajar online terbaik di Indonesia. Saat ini sudah banyak aplikasi-aplikasi sejenisnya yang sama-sama bersaing di dunia yang sama. Sebagai media belajar online tentunya aplikasi ini memudahkan para pelajar di Indonesia untuk belajar di rumah.

Aplikasi Quipper ini menyediakan ribuan video pembelajaran yang dapat diakses dengan mudah di mana saja dan kapan saja asalkan Anda memiliki sambungan internet. Aplikasi seperti ini tentunya akan membuat para siswa lebih mudah memahami pelajaran-pelajaran yang mungkin masih belum paham saat diajarkan di sekolah. Quipper juga menyajikan video dengan tutor-tutor terbaik dan sudah berpengalaman tentunya.

5. KineMaster

kinemaster

Aplikasi multimedia interaktif selanjutnya adalah KineMaster. Anda sebagai content creator atau video editor pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. KineMaster merupakan sebuah aplikasi multimedia interaktif yang dapat Anda gunakan untuk membuat sebuah video pembelajaran yang interaktif.

Tidak perlu menjadi seorang profesional untuk dapat menggunakan aplikasi ini karena aplikasi ini memang dibuat untuk orang awam. Aplikasi KineMaster ini memiliki fitur yang sangat lengkap, mulai dari penyuntingan teks, penghilangan background video, audio, berbagai efek, dan lain sebagainya. Aplikasi ini gratis dan dapat digunakan di Android maupun iOS.

6. Zoom

Contoh Aplikasi Multimedia Interaktif untuk Meeting

Selanjutnya, aplikasi multimedia interaktif yang wajib Anda ketahui adalah Zoom. Di masa pandemi separti sekarang ini tentunya aplikasi yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga. Zoom merupakan salah satu aplikasi multimedia interaktif yang paling banyak digunakan oleh orang pada masa ini. Zoom merupakan aplikasi komunikasi yang menggunakan audio dan video yang dapat digunakan di berbagai macam perangkat secara gratis.

Aplikasi Zoom ini menjadi aplikasi alternatif saat pandemi karena banyak yang menggunakannya untuk melakukan meeting, kegiatan belajar mengajar, hingga konferensi video dan audio. Aplikasi ini gratis dan dapat Anda gunakan di perangkat apapun.

7. Games Virtual Reality

games virtual reality

Selain digunakan sebagai media pembelajaran, aplikasi multimedia interaktif juga dapat Anda gunakan untuk bermain game. Saat ini games virtual reality sedang merajalela. Virtual Reality adalah teknologi dimana Anda sebagai pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan 3 Dimensi yang disimulasikan oleh komputer seakan-akan membuat Anda merasa berada di dalam dunia nyata. Beberapa games yang dapat Anda mainkan seperti, Resident Evil 7 : Biohazard, No Man’s Sky, dan lain sebagainya.

8. Lectora

lectora

Lectora merupakan aplikasi dan tools yang dapat Anda gunakan untuk membuat atau mengembangkan e-learning. Aplikasi multimedia interaktif ini akan memenuhi kebutuhan Anda dalam membuat sebuah presentasi, kuis, bahkan permainan atau game pembelajaran berbasis flash. Anda juga dapat menyisipkan video, gambar, games, soal-soal evaluasi, dan lain sebagainya dengan sangat mudah.

Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda sebagai pengajar yang ingin membuat media pembelajaran menjadi semakin lebih menarik. Saat Anda menginstal aplikasi Lectora, Anda juga akan mendapatkan aplikasi pendukung seperti Camtasia (merekam layar), flypaper (menggabungkan gambar dan animasi) dan snagit (print/capture layar monitor).

9. Prezi

Contoh Aplikasi Multimedia Interaktif untuk Presentasi

Prezi merupakan salah satu aplikasi multimedia interaktif yang dapat Anda gunakan untuk membuat dan mengelola presentasi secara online. Aplikasi Prezi ini mempunyai kemiripan dengan aplikasi Microsoft PoerPoint dan Google Slide.

Anda dapat mengakses aplikasi ini secara online ataupun offline. Jika Anda ingin mengaskses secara online maka Anda tinggal membuka situs webnya yaitu prezi.com, sedangkan untuk penggunaan offline silakan Anda install terlebih dahulu.

Fitur utama yang dimiliki aplikasi Prezi ini adalah fitur ZUI atau Zooming User Interface. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memperbesar dan memperkecil tampilan media presentasi Anda secara dinamis dan fleksibel. Prezi memiliki tampilan antarmuka yang sederhana dan memiliki berbagai macam tema dan template yang akan memudahkan Anda dalam membuat presentasi ataupun animasi.

10. Google Classroom

google classrom

Aplikasi multimedia interaktif  terakhir yang wajib Anda ketahui adalah Google Classroom. Sama seperti aplikasi Zoom, dengan adanya pandemi aplikasi Google Classroom ini menjadi sangat populer. Google Classroom merupakan salah satu aplikasi atau produk keluaran Google. Aplikasi ini digunakan untuk melakukan proses pembelajaran secara online.

Aplikasi ini sangat memudahkan para siswa dan guru untuk saling berkomunikasi mengenai pelajaran. Google Classroom menempati posisi kedua teratas sebagai aplikasi yang paling sering digunakan selama Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ. Semuanya yang ada di Google Classroom akan terintegrasi dengan fitur Google lainnya, contohnya Google Drive. Semua file yang diunggah oleh guru atau siswa akan tersimpan di GDrive yang Anda

Demikianlah artikel kali ini yang membahas tentang 10 contoh aplikasi multimedia interaktif yang dapat Anda coba. Semoa artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih 🙂

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments