10+ Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dijamin Dilirik HRD!

Untuk membuat CV lamaran kerja yang baik dan benar, maka Anda harus mempelajari dan juga mencatat informasi yang sekiranya bermanfaat yang berkaitan erat dengan kualifikasi, persyaratan kerja, skill maupun posisi yang diinginkan dari perusahaan yang akan dilamar. Dan tidak lupa dengan informasi tentang batas usia yang diperbolehkan pada saat mendaftar pekerjaan.

Tidak hanya itu, selain dari mencari suatu informasi tentang jenis-jenis pekerjaan yang nantinya akan dilamar, Anda juga harus mencari informasi-informasi tentang perusahaan yang nantinya akan Anda lamar.

Informasi yang harus Anda cari yaitu seperti sejarah terbentuknya perusahaan tersebut, visi misi perusahaan, budaya yang terdapat dalam perusahaan, dan juga nilai etos kerja yang biasanya sering diterapkan oleh perusahaan tersebut.

Apabila Anda sudah mendapatkan berbagai macam informasi yang sekiranya diperlukan, maka Anda dapat menyaring informasi-informasi itu dan bisa menyaring serta menentukan bagaimana CV untuk surat lamaran kerja tersebut cocok untuk perusahaan itu.

Contoh-Contoh CV Lamaran Kerja

Dibawah ini akan menjelaskan contoh-contoh dari CV yang sering dibuat dan digunakan. Dengan contoh-contoh CV tersebut, Anda tidak perlu bingung lagi membuat sebuah CV untuk keperluan tertentu. Berikut beberapa contoh CV yang sering digunakan di kehidupan sehari-hari :

1. Contoh CV Lamaran Kerja

Contoh CV Lamaran Kerja

Diatas merupakan salah satu dari contoh CV lamaran kerja, Anda harus menyertakan data diri Anda secara lengkap. Dari data diri tersebut jangan lupa untuk menyertakan email maupun nomor handphone yang dapat dihubungi. Hal tersebut berguna apabila Anda di nyatakan lolos, maka pihak perusahaan akan menelpon Anda.

Dan tidak lupa, Anda juga harus menyertakan detail dari pendidikan Anda, jenis pendidikan yang dapat Anda cantumkan yaitu formal maupun nonformal. Keahlian dan kepribadian pun dapat Anda cantumkan, agar pihak perusahaan dapat melihat keunikan dan kelebihan Anda.

2. Contoh CV yang Menarik

Contoh CV yang Menarik

Untuk membuat sebuah CV yang menarik, Anda dapat memperindahnya dengan tampilan desain yang menarik seperti contoh diatas. Dengan begitu, pihak yang akan membaca CV Anda akan semakin tertarik untuk mengetahui diri Anda lebih dalam karena dinilai lebih kreatif.

Dan untuk membuatnya lebih menarik lagi, Anda harus mencantumkan informasi-informasi yang menarik juga. Anda harus menyertakan data diri Anda lebih jelas, asli dan juga lengkap.

Yang perlu untuk Anda perjelas lebih dalam yaitu pada bagian pengalaman pekerjaan, karena dengan pengalaman pekerjaan tersebut dapat membuat pihak HRD lebih tertarik dengan Anda.

3. Contoh CV untuk Beasiswa

beasiswa

CV yang biasa untuk di apply ke beasiswa biasanya harus menonjolkan di bidang akademik, seperti pengalaman organisasi dan juga IPK terakhir Anda. Maka dari itu untuk membuat CV beasiswa Anda harus memperbanyak pengalaman organisasi dan juga IPK Anda harus diatas dari IPK minimum, agar Anda dapat diterima di beasiswa tersebut.

Anda juga bisa mengikuti format CV diatas agar lebih menarik ketika dilihat. Dengan tampilan yang rapi dan sedikit desain, CV Anda akan terlihat lebih menarik.

4. Contoh CV untuk Fresh Graduate

Contoh CV untuk Fresh Graduate

Pada pembuatan CV untuk seseorang yang baru saja lulus atau bahasa inggrisnya yaitu fresh graduate memang sedikit berbeda dengan CV yang sebelum-sebelumnya. Karena di dalam CV tersebut ia tidak mencantumkan pengalaman pekerjaan, tetapi hanya menuliskan kata Fresh Graduate saja.

Tapi tenang saja, walaupun belum memiliki pengalaman pekerjaan, Anda tetap bisa untuk menarik perhatian HRD di dalam CV tersebut. Yaitu dengan cara Anda harus memperbanyak mengisi informasi tentang pengalaman organisasi, kemampuan, kegemaran Anda, dan lain sebagainya.

Anda dapat menjadikan CV diatas ini sebagai pedoman Anda untuk membuat CV fresh graduate.

5. Contoh CV untuk Magang

magang

Terkhusus untuk membuat CV program magang, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal. Karena dengan beberapa hal tersebut bisa membuat suatu perusahaan bisa menerima Anda untuk masuk sebagai karyawan magangnya. Nah untuk itu, Anda harus memperbanyak menuliskan keahlian di dalam CV tersebut.

Karena dengan keahlian mereka akan semakin tertarik dengan Anda dan kemudian Anda akan di terima sebagai karyawan magang di perusahaan mereka.

6. Contoh CV untuk Mahasiswa

Contoh CV untuk Mahasiswa

Sebagai mahasiswa Anda juga memerlukan CV untuk berbagai keperluan, seperti untuk mendaftarkan diri ke laboran agar bisa menjadi asisten lab dan lain sebagainya.

Nah di dalam CV untuk keperluan mahasiswa, Anda dapat menuliskan beberapa hal yang penting seperti pengalaman organisasi, pendidikan akademik dan non akademik, maupun seminar atau workshop yang telah Anda hadiri.

7. Contoh CV untuk Organisasi

organisasi

Untuk mendaftar sebagai anggota organisasi maupun badan pengurus organisasi, pasti diperlukannya CV sebagai syarat mendaftar. Karena di dalam CV tersebut pihak organisasi dapat menilai kepribadian dan jejak organisasi dari seorang pelamar.

Maka dari itu, apabila Anda ingin mendaftarkan diri ke suatu organisasi, Anda harus mengisi pengalaman organisasi Anda sebanyak-banyaknya.

8. Contoh CV untuk Lulusan SMK

lulusan smk

Apabila Anda lulusan SMK dan ingin membuat sebuah CV untuk melamar pekerjaan dan keperluan lainnya, Anda dapat mengikuti format dan struktur dari contoh CV di atas.

9. Contoh CV untuk PKL

pkl

Apabila Anda ingin melakukan suatu program PKL dari sekolah maupun universitas, pasti Anda memerlukan CV sebagai syarat untuk masuk ke dalam program PKL tersebut. Dan  didalam CV tersebut Anda dapat menuliskan data diri dan juga pendidikan formal seperti contoh diatas.

10. Contoh CV untuk Job Fair

Contoh CV untuk Job Fair

Anda dapat mengikuti format dan struktur pada contoh diatas apabila Anda ingin memasukkan CV ke Job Fair. Usahakan untuk memasukkan beberapa hal yang dianggap sangat penting dan dapat menunjang karir Anda kedepannya.

Demikianlah contoh-contoh dari beberapa CV yang dapat Anda lihat diatas. Anda bisa mengikuti struktur dan format CV tersebut, dan menentukan CV mana yang sangat Anda butuhkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

No Responses

  1. Avatar Zakaria
  2. Avatar Anonim
  3. Avatar Anonim

Leave a Reply

Send this to a friend