• Our Partners:

Contoh Laporan Keuangan

10+ Contoh Laporan Keuangan Sederhana, Perusahaan, Rumah Sakit Dll

Laporan keuangan adalah suatu laporan yang dapat menunjukkan kondisi finansial dari sebuah entitas didalam perioda yang tertentu. Hal itu dikarenakan dengan melalui suatu laporan keuangan, Anda bidsa memantaukan perkembangan bisnis yang sedang Anda jalankan.

Informasi didalam laporan keuangan itu sendiri juga tak hanya dapat digunakan oleh pemilik maupun manajemen. Namun pihak lainnya juga bisa menggunakan laporan keuangan tersebut.

Ada beberapa pihak yang memiliki kepentingan dan sering menggunakan laporan keuangan tersebut, contohnya seperti kreditor, investor, pemerintahan sampai pada masyarakat umum.

Laporan keuangan juga dapat digunakan dan dibuat untuk berbagai keperluan seperti laporan keuangan untuk perusahaan, rumah sakit, yayasan, sebuah kegiatan dan lain sebagainya.

Contoh Laporan Keuangan

Untuk melaksanakan suatu kegiatan maupun menjalankan suatu perusahaan, maka Anda juga harus memikirkan keuangannya, baik keuangan yang akan dihabiskan atau sisanya. Semua laporan keuangan tersebut harus ditafsirkan dan dibuat menjadi suatu laporan yang valid.

Maka dari itu, dibawah ini akan memberikan penjelasan kepada Anda tentang contoh-contoh dari laporan keuangan untuk perusahaan, rumah sakit, yayasan, kegiatan, organisasi, koperasi, masjid, dan manufaktur.

1. Contoh Laporan Keuangan Sederhana

Contoh Laporan Keuangan Sederhana

Laporan keuangan dapat dibuat menjadi berbentuk tabel dan seperti pada gambar diatas ini. Diatas merupakan contoh dari laporan keuangan yang sederhana.

Anda dapat menggunakan contoh laporan keuangan ini untuk keperluan yang sederhana. Ketika membuat laporan keuangan, Anda harus berhati-hati, jangan sampai salah dalam mentaksasikan dana.

2. Contoh Laporan Keuangan Perusahaan

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan

Untuk sebuah perusahaan, laporan keuangan sangatlah penting, karena dengan laporan keuangan, sebuah perusahaan mengetahuo laba dan rugi nya pada periode tertentu. Dengan begitu, sebuah perusahaan akan membuat strategi baru untuk bisa menaikkan laba atau keuntungan.

Diatas merupakan contoh dari laporan keuangan yang dapat Anda contoh dari sebuah perusahaan. Bisa Anda lihat, laporan keuangan untuk perusahaan lebih detail dan juga lebih jelas dalam melakukan traksasi dananya.

Anda bisa berpedoman kepada laporan keuangan untuk perusahaan diatas dalam membuat laporan keuangan perusahaan ataupun usaha Anda sendiri.

3. Contoh Laporan Keuangan Rumah Sakit

Contoh Laporan Keuangan Rumah Sakit

Sebuah rumah sakit juga perlu membuat laporan keuangan, hal itu berguna untuk mengetahui kondisi keuangan dari rumah sakit tersebut. Tidak hanya itu, dalam membuat laporan keuangannya tersebut, maka Anda dapat menggunakan bantuan microsoft excel.

Karena dengan membuat laporan di microsoft excel akan membantu Anda dalam menjumlahkan uang yang telah dikeluarkan maupun uang pemasukan. Anda bisa berpedoman kepada contoh laporan keuangan rumah sakit diatas ini ketika Anda diminta untuk membuat laporan keuangan sebuah rumah sakit.

4. Contoh Laporan Keuangan Restoran atau Rumah Makan

laporan keuangna

Apabila Anda membuka sebuah usaha rumah makan atau restoran, maka Anda harus melakukan pembukuan atau laporan keuangan. Hal ini beguna agar Anda bisa mengetahui pengeluaran dan pemasukan dari usaha rumah makan yang Anda jalani dalam periode tertentu.

5. Contoh Laporan Keuangan Yayasan

Contoh Laporan Keuangan Yayasan

Pada suatu yayasan, laporan keuangan juga menjadi suatu hal yang penting. Karena dengan begitu, sebuah yayasan mengetahui berapa aset yang lancr dan juga tidak lancar.

Dan itu semua akan diperhitungkan agar kepala yayasan mengetahui anggaran dana yang sudah ada. Diatas merupakan contoh dari laporan keuangan sebuah yayasan, Anda juga bisa mengikuti laporan keuangan tersebut untuk yayasan yang sedang Anda kelola.

6. Contoh Laporan Keuangan Kegiatan

kegiatan

Dalam sebuah kegiatan pasti memerlukan uang untuk dapat melaksanakannya. Seperti contoh kegiatan ramadhan, pasti menyiapkan untuk hidangan buka puasa bersama. Maka dari itu, apabila sudah melakukan  suatu kegiatan, maka Anda juga harus membuat suatu laporan keuangan.

Laporan keuangan ini berfungsi untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan dari kegiatan tersebut. Apakah dalam kegiatan tersebut, uang yang diberikan terjadi kekurangan atau tidak. Anda bisa melihat pada contoh dari laporan keuangan untuk kegiatan ramadhan diatas.  Anda juga dapat membuat laporan keuangan untuk kegiatan lainnya dan berpedoman kepada laporan keuangan  diatas.

7. Contoh Laporan Keuangan Organisasi

Contoh Laporan Keuangan Organisasi

Untuk menjalankan suatu organisasi pasti memerlukan keuangan, dimana uang tersebut berguna untuk membuat sebuah acara ataupun menjalankan kegiatan keorganisasian agar dapat membantu masyarakat sekitar. Di atas ini merupakan contoh dari laporan keuangan suatu organisasi.

Banyak organisasi-organisasi yang membuat laporan keuangan seperti OSIS, nirlaba, bisnis, himpunan mahasiswa, dan lain sebagainya. Anda dapat membuat laporan keuangan dari organisasi Anda dan berpedoman kepada laporan keuangan diatas.

8. Contoh Laporan Keuangan Koperasi

koperasi

Koperasi merupakan suatu badan usaha yang memiliki anggota dan tiap anggotanya mendapatkan tugasn dan juga tanggungjawab yang berbeda. Tidak hanya itu koperasi juga memiliki prinsip yang didasari oleh ekonomi rakyat dan kemudian disesuaikan dengan asas kekeluargaan yang sudah tercantum didalam UU No 25 tahun 1992.

Diatas merupakan contoh dari laporan keuangan koperasi. Dapat Anda lihat, laporan keuangan koperasi tersebut menggunakan laporan geuangan neraca (balance sheet).

9. Contoh Laporan Keuangan Masjid

masjid

Sebuah masjid juga memiliki pengurus yang bertugas untuk mengelola kegiatan dan keuangan yang ada dan sudah disumbangkan kepada masjid. Uang tersebut nantinya akan digunakan untuk membuat sebuah kegiatan dan lain sebagainya.

Maka dari itu, untuk melihat pengeluaran dan pemasukan dana kepada masjid, diperlukan laporan keuangan. Anda dapat berpedoman kepada laporan keuangan diatas untuk membuat laporan keuangan pada masjid di sekitar Anda.

10. Contoh Laporan Keuangan Manufaktur

Contoh Laporan Keuangan Manufaktur

Perusahaan manufaktur merupakan industri yang memiliki aktivitas untuk mengubah bahan baku, komponen dan lainnya untuk menjadi barang jadi dan memenuhi suatu standar spesifikasi.

Untuk menjalankan kegiatannya tersebut, sebuah perusahaan industri manufaktur membutuhkan uang. Dimana uang tersebut nantinya digunakan untuk membeli bahan baku, membiayai tenaga kerja, dan lain sebagainya. Maka dari itu, perlu untuk membuat suatu laporan keuangan untuk industri manufaktur. Anda dapat mengikuti laporan keuangan diatas.

Demikianlah kumpulan contoh dari laporan keuangan untuk perusahaan, rumah sakit, yayasan, kegiatan, organisasi, koperasi, masjid, dan manufaktur.

Leave a Reply

Send this to a friend