15 Contoh Pelanggaran HAM di Indonesia, Sekolah, Masyarakat, Keluarga Dll

Jika membicarakan masalah Hak Asasi Manusia, maka hal yang harus kita ketahui yaitu contoh-contoh pelanggaran yang terdapat dalam Hak Asasi Manusia.

Untuk mengetahui apakah yang dilakukan seseorang atau siapapun adalah pelanggaran Hak Asasi Manusia, maka kita juga perlu mengetahui apa saja jenis-jenis pelanggaran dari HAM. Jenis dari Hak Asasi Manusia ada dua, yaitu jenis pelanggaran HAM berat dan jenis pelanggaran HAM ringan.

Pelanggaran HAM berat merupakan sebuah pelanggaran Hak Asasi Manusia yang bersifat berat. Yang mana kasus tersebut sudah tidak termaafkan lagi. Sedangkan pelanggaran HAM ringan adalah kebalikan dari pelanggaran HAM berat. Kasus pada pelanggaran HAM ringan tersebut tidak seberat pada pelanggaran HAM berat. Untuk mengetahui dari contoh-contoh pelanggaran HAM, dapat dilihat di bawah ini:

Contoh Pelanggaran HAM Berat

Contoh Pelanggaran HAM Berat

Seperti yang telah dijelaskan sedikit diatas, pelanggaran HAM berat adalah pelanggaran HAM yang memiliki sifat yang berat. Contohnya yaitu seperti membunuh seseorang atau sekelompok orang secara massal, melakukan tindakan penyiksaan, melakukan perbudakan, dan lain-lain. Untuk cantoh kasusnya, dapat Anda lihat di bawah ini :

1. Pembunuhan Munir pada Tahun 2004

Jika kalian masih ingat, kasus pembunuhan Munir pada tahun 2004 pada saat itu membuat Indonesia sangat berduka. Karena Munir Said Thalib bukanlah orang yang sembarangan, beliau merupakan seorang aktifis HAM yang juga pernah menangani kasus-kasus seperti pelanggaran HAM.

Munir lahir pada tanggal 8 Dasember 1965, di Malang. Contoh kasus yang pernah ditangani oleh Munir yaitu kasus Timor-Timur, kasus pembunuhan Marsinah dan lain sebagainya. Munir dinyatakan telah meninggal pada tanggal 7 September 2004, pada saat itu ia sedang berada di perjalanan menuju Amsterdam, Belanda. Dan ia meninggal tepat di dalam pesawat Garuda Indonesia.

Banyak sekali opini dari orang-orang yang semakin bermunculan, seperti ia sengaja dibunuh, diracuni dan bahkan ada yang bilang karena serangan jantung. Tetapi, beberapa orang mempercayai bahwasanya Munir meninggal karena telah diracuni menggunakan Arsenikum pada makanan ataupun minumannya pada saat ia berada di pesawat.

Baca Juga : Pengertian Ideologi

2. Penculikan Aktivis pada tahun 1997-1998

Kasus pelanggaran HAM berat berikutnya yaitu pada kasus penculikan aktivis pada tahun 1997-1998. Pada saat itu telah terjadi beberapa peristiwa yang merupakan menghilangkan orang dengan cara paksa atau biasa kita sebut dengan penculikan pada beberapa orang aktivis yang dilihat dari catatan Kontras ada 23 orang korban, dimana 9 orang telah dilepaskan, 1 orang meninggal, dan 13 orang yang lain masih dinyatakan hilang.

3. Penembakan pada Mahasiswa Trisakti pada Tahun 1998

Sebuah tragedi atau peristiwa terjadi pada tanggal 12 Mei 1998, dimana ada 4 mahasiswa yang meninggal dan puluhan mahasiswa lainnya mengalami luka-luka. Peristiwa tersebut adalah penembakan pada mahasiswa Trisakti yang pada saat itu mereka tengah melakukan demonstrasi oleh para anggota militer dan anggota polisi.

Contoh Pelanggaran HAM di Indonesia

Contoh pelanggaran HAM di Indonesia

Contoh pelanggaran HAM juga banyak yang terjadi di Indonesia. Kali ini akan diberikan 3 contoh kasus pelanggaran HAM yang ada di Indonesia, yaitu seperti dibawah ini :

1. Aksi Bom Bali pada Tahun 2002

Sebuah insiden atau peristiwa telah terjadi pada tahun 2002. Yaitu bom berhasil diledakkan yang terletak di kawasan Legian Kuta, Bali. Bom tersebut diledakkan oleh sekelompok orang yang diduga adalah jaringan teroris.

Akibat dari kejadian tersebut, seluruh Indonesia sempat mengalami kepanikan. Dan dari kejadian tersebut juga banyak sekali orang yang meninggal dunia, seperti warga lokal hingga turis-turis asing yang berada di lokasi tersebut.

2. Penganiayaan Terhadap Wartawan Bernama Udin pada Tahun 1996

Fuad Muhammad Syafruddin atau biasa dipanggil Udin merupakan korban dari penganiayaan yang terjadi di Yogyakarta ada tahun 16 Agustus 1996. Dan ia pun tewas terbunuh dikarenakan kejadian tersebut.

Sebelum peristiwa tersebut terjadi, Udin memang sering menulis sebuah artikel yang mengkritisi tentang kebijakan pada pemerindah Orde Baru dan militer. Udin adalah wartawan di Bernas sejak pada tahun 1986. Ia di duga diculik dan dianiaya oleh seseorang yang tidak dikenal, dan pada akhirnya Udin di temukan dalam kondisi tidak bernyawa.

3. Tragedi Abepura pada Tahun 2003

Pada tahun 2003 telah terjadi tragedi di Abepura, Papua. Tragedi tersebut adalah sebuah penyisiran yang sangat membabi buta kepada pelaku yang di duga telah menyerang Mabolsek Abepura. Dan Komnas HAM pun telah menyimpulkan bahwa kejadian tersebut adalah bentuk dari pelanggaran HAM.

Baca Juga : Pengertian Administrasi

Contoh Pelanggaran HAM di Sekolah

Contoh Pelanggaran HAM di Sekolah - bullying

Tahukah Anda bahwasanya pelanggaran HAM juga bisa terdapat pada sekolah ? Ya, pelanggaran HAM juga bisa terjadi pada sekolah, apabila siswa atau guru melakukan hal di bawah ini :

  • Seorang siswa dengan sengaja mengejek, mencemooh dan menyiksa siswa lainnya.
  • Seorang siswa secara paksa menganiaya, memalak atau mengompas teman-temannya.
  • Seorang siswa secara sengaja terlibat tawuran dengan pelajar lainnya, baik dengan siswa sekolah lain ataupun teman-teman satu sekolahnya.
  • Seorang guru memberikan sebuah hukuman ataupun sanksi terhadap anak muridnya secara fisik seperti ditendang, dijewer, dijemur dilapangan sekolah, dan lain sebagainya.
  • Seorang guru yang telah membeda-bedakan muridnya yang ada di sekolah, baik itu dari segi kekayaan, kepintaran ataupun perilaku murid tersebut.

Contoh Pelanggaran HAM di Masyarakat

Contoh Pelanggaran HAM di Masyarakat - tawuran

Tanpa kita sadari, pelanggaran Hak Asasi Manusia juga terdapat di kehidupan bermasyarakat. Untuk itu, kita harus berhati-hati dan juga jangan sampai kita malah melakukan pelanggaran HAM tersebut. Contoh dari pelanggaran HAM di Masyarakat yaitu :

  • Tawuran antar warga, RT, RW ataupun desa. Emosi yang memuncak membuat peristiwa itu bisa terjadi.
  • Menghalangi seseorang untuk melakukan ibadah.
  • Melakukan pencurian.
  • Menghalangi orang untuk mengeluarkan pendapatnya.

Contoh Pelanggaran HAM di Keluarga

Contoh Pelanggaran HAM di Keluarga - kekerasan KDRT

Yang terakhir yaitu contoh pelanggaran HAM di keluarga. Pada sebuah keluarga juga bisa melakukan pelanggaran Hak Asasi Manusia, apabila ia melakukan hal-hal yang seperti di bawah ini :

  • Mengeksploitasikan anak untuk terus bekerja.
  • Melarang seorang anak untuk belajar dan menuntut ilmu.
  • Melakukan kekerasan didalam rumah tangga, baik itu ayah yang melakukan kekerasan terhadap ibu, maupun ibu yang melakukan kekerasan terhadap seorang anak.
  • Melakukan pembunuhan terhadap anggota keluarganya.
  • Memperkosa seorang anak oleh seorang ayahnya.

Baca Juga : Pengertian Korupsi

Demikianlah pembahasan mengenai contoh-contoh pelanggaran Hak Asasi Manusia yang terjadi di sekitar kita. Dengan informasi diatas, diharapkan Anda dapat mengerti dengan jelas apa saja contoh pelanggaran HAM tersebut. Semoga bermanfaat !

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend