• Our Partners:

Contoh Surat Edaran

10+ Contoh Surat Edaran yang Baik dan Benar, Yuk Disimak!

Contoh Surat Edaran yang Baik dan Benar – Pernahkah Anda mendengar tentang nama surat edaran? Surat edaran adalah sebuah surat yang ditujukan untuk bawahan dari atasan. Semua atasan dalam organisasi maupun perusahaan tertentu berhak untuk membuat jenis surat ini. Ada banyak sekali format surat edaran yang ada, sehingga Anda harus bisa memahami beberapa diantaranya.

Surat edaran dibuat dan disebarkan sesuai pada orang yang dituju. Biasanya, surat edaran disebarkan kepada sekelompok orang, bukan hanya spesifik pada satu orang saja.

Kumpulan Contoh Surat Edaran

Agar Anda bisa lebih memahami lagi tentang surat edaran, berikut ini adalah 10 jenis surat edaran yang sangat mungkin Anda temui dalam kehidupan sehari-hari:

1. Surat Edaran Rapat Besar Dinas

Surat edaran rapat dinas, biasanya surat ini dipergunakan di instansi-instansi pemerintahan. Biasanya digunakan untuk mengkoordinasi dari pusat pemerintahan ke cabang atau bawahan-bawahan. Surat ini berisi keterangan kepentingan rapat dinas dan pejabat setempat bisa menerbitkannya dalam format sebagai berikut

Contoh Surat Edaran Rapat Besar Dinas

 

2. Surat Edaran Rapat Persiapan Ujian Nasional

Ujian nasional merupakan sebuah agenda penting yang dilakukan oleh instansi pendidikan untuk menentukan lulus atau tidaknya siswa dalam menyelesaikan jenjang pendidikan mulai dari SD sampai SMA.

Dengan adanya ujian nasional maka siswa biasanya jauh lebih giat dalam belajar di akhir-akhir mendekati hari ujian nasional diadakan, tidak jarang dijumpai siswa yang biasanya jarang sholat tiba menjadi rajin sholat, mengaji dan tahajud, semua itu merupakan dampak positif dari momok yang bernama ujian nasional.

Maka dari itu surat ini sangat penting untuk dikoordinasikan dari pusat pemerintahan dari Jakarta sampai daerah. Karena untuk proses persiapan ujian nasional pasti membutuhkan banyak orang yang terlibat. Contoh surat edaran rapat persiapan ujian nasional bisa dilihat sebagai berikut.

Surat Edaran Rapat Persiapan Ujian Nasional

3. Surat Edaran Pemeritahuan Ujian Semester

Ujian semester merupakan momentum bagi siswa untuk menunjukkan hasil belajarnya selama belajar selama satu semester. Surat edaran ini juga untuk membuat dosen/guru di lingkungan pendidikan lebih menyiapkan mental peserta didiknya ketika hari ujian semester diadakan.

Maka dari itu surat pemberitahuan ujian semester diberitahukan kepada siswa dan juga wali murid untuk bisa menyiapkan dirinya sebaik mungkin dalam belajar sebelumnya. Dan juga memberitahukan kepada wali murid tentang kewajiban keuangan yang masih dirasa kurang untuk dilunasi sebelum pelaksanaan ujian semester dilaksanakan.

Surat Edaran Pemeritahuan Ujian Semester

4. Surat Edaran CPNS

Siapa yang tidak menunggu informasi mengenai lowongan pekerjaan pemerintahan yang satu ini, pasti dari kalangan lulusan SMA sampai lulusan S1 menunggu informasi lowongan pekerjaan ini. Karena lowongan ini termasuk populer, karena setiap orang tua selalu mendambakan anaknya bisa menjadi pegawai negeri sipil.

Biasanya dalam satu tahun pemerintahan atau setiap beberapa tahun sekali diadakan pembukaan untuk calon pegawai negeri sipil yang baru ingin mendaftar. Biasanya surat edaran ini terdapat pada instansi kementrian, daerah, maupun pusat.

Dan biasanya informasi yang disediakan adalah berisi tentang jumlah formasi penempatan kerja, persyaratan akademis, administrasi, kesehatan, dan jenis tes yang dibutuhkan dalam formasi tersebut.

Contoh Surat Edaran CPNS

 

5. Surat Edaran Hari Libur di Instansi Kampus

Biasanya kampus mengeluarkan informasi berupa hari libur yang dikeluarkan oleh pusat rektorat kegiatan ke fakultas-fakultas yang ada di kampus. Biasanya kegiatan belajar-mengajar akan melalui hari libur baik hari libur nasional maupun digunakannya gedung untuk kegiatan di luar kegiatan belajar-mengajar yang diadakan oleh kampus, sehingga mahasiswa tidak bisa menyelenggarakan kegiatan belajar-mengajar di kampus, sehingga pihak kampus mengeluarkan surat untuk memberitahukan akan diadakannya sebuah kegiatan di gedung perkuliahan, sehingga pada hari itu diliburkan.

Surat Edaran Hari Libur di Instansi Kampus

6. Surat Edaran Pelaksanaan Wisuda

Momen wisuda merupakan momen yang sangat ditunggu – tunggu oleh para mahasiswa perguruan tinggi. Setelah melalui proses belajar di dalam kampus yang sangat ketat, akhirnya mahasiswa mampu menyelesaikan disertasinya dan sajian mata kuliah yang diberikan oleh kampus. Sehingga kegiatan wisuda merupakan momen yang paling membahagiakan bagi mahsiswa dan orang tua.

Sewaktu melaksanakan wisuda, maka akan ada banyak undangan yang menghadiri wisuda tersebut. Baik itu dari pihak mahasiswa itu sendiri, sampai dengan pihak dosen. Untuk memberitahukan pelaksanaan wisuda kepada para dosen, maka pihak perguruan tinggi bisa memberikan surat edaran kepada para dosen terkait.

Surat Edaran Pelaksanaan Wisuda

7. Surat Edaran Lomba MTQ

Lomba ini mungkin saja diselenggarakan oleh pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten. Untuk menyaring para peserta dari sekolah, maka pihak panitia bisa memberikan surat edaran ke sekolah – sekolah yang ada di wilayah tersebut.

Selain itu biasanya lomba MTQ diselenggarakan untuk para anak remas yang ingin mengikuti kegiatan tersebut, karena anak remaja masjid yang biasanya bertanggung jawab terhadap penyaringan setiap peserta yang dianggap berpotensi untuk mengikuti kegiatan lomba yang diselengggarakan baik tingkat nasional maupun tingkat daerah tersebut.

Contoh Surat Edaran Lomba MTQ

8. Surat Edaran Kerja Bakti

Budaya gotong royong adalah sebuah budaya masyarakat Indonesia yang sudah dikenal sejak dulu dan harus dilestarikan sampai sekarang. Kita bisa melihat contohnya, ketika RT ataupun sebuah RW melaksanakan kerja bakti secara bersama – sama. Untuk memberitahukan kerja bakti tersebut, maka ketua RT ataupun Kepala Desa bisa memberikan surat edaran kepada masyarakat untuk menghadiri kerja bakti yang akan dilakukan. Biasanya surat ini dikeluarkan atas dasar rapat di tingkat kelurahan maupun tingkat RT yang warganya sepakat untuk melakukan kegiatan kerja bakti, lalu surat ini dibuat atas dasar rapat yang dilakukan di tingkat RT.

9. Surat Edaran Kepada Mahasiswa

Sebuah perguruan tinggi atau kampus tentu memiliki peraturan tersendiri yang harus dipatuhi oleh semua mahasiswa ataupun mahasiswa dari jurusan tertentu. Peraturan ini tentu harus disosialisasikan dan diberitahukan kepada para mahasiswa untuk selanjutnya dipatuhi.

Jenis peraturan yang terdapat di kampus biasanya meliputi jenis pakaian yang boleh digunakan ketika mengikuti proses belajar, pakaian yang digunakan ketika mengikuti ujian semester, potongan rambut tertentu yang biasanya hanya diperbolehkan, dan juga barang-barang yang tidak diperbolehkan dibawa ketika mengikuti kegiatan belajar mengajar meliputi minuman keras, benda tajam dan narkoba.

10. Surat Edaran Perusahaan

Perusahaan tentu saja memiliki peraturan – peraturan yang harus diikuti dan ditaati oleh para karyawannya. Peraturan tersebut bisa  berupa peraturan yang sudah lama dibuat, maupun peraturan yang masih baru. Nah, untuk peraturan yang masih baru, tentu dibutuhkan surat edaran untuk mensosialisasikannya kepada para karyawan.

Peraturan di suatu perusahaan terkadang ada cukup aneh untuk diterapkan. Ada sebuah perusahaan yang menerapkan peraturan tidak memperbolehkan jatuh cinta sesama karyawan, dikarenakan cinta mampu mengurangi produktifitas pekerjaan dan terkadang penyelewengan jabatan di perusahaan juga bisa terjadi karena hasrat dari cinta.

10 contoh surat edaran diatas tentunya sudah cukup untuk bisa menjelaskan apa arti dan maksud dari surat edaran. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahuinya, apalagi kalau Anda bekerja di sebuah instansi tertentu. Setidaknya saat ini Anda sudah tahu apa saja format yang mungkin digunakan dalam surat edaran.

Leave a Reply

Send this to a friend