Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

10 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah dengan Alasan Sakit, Kecelakaan Dll

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah – Penggunaan surat pada zaman sekarang memang bukan suatu hal yang pokok atau yang sering dilakukan. Berbagai macam perkembangan teknologi saat ini yang semakin maju atau berkembang membuat banyak orang mulai meninggalkan cara surat dan beralih ke aplikasi instan yang tersedia, hal ini terjadi karena dalam segala aspek aplikasi instan memang lebih mampu untuk menyampaikan suatu informasi secara cepat, akurat, dan hemat.

Meski demikian dalam beberapa kondisi posisi dari surat ini masih tetap tidak bisa digantikan. Salah satu kegunaannya adalah untuk menyampaikan surat izin tidak masuk sekolah, penggunaan surat izin tidak masuk sekolah ini dianggap lebih sopan, formal, dan bisa dipertanggungjawabkan. Oleh sebab itu meski zaman masih terus berkembang namun pihak sekolah pun masih tetap meminta orang tua murid untuk memberikan izin melalui surat.

Dalam membuat surat izin ada beberapa unsur-unsur yang harus dipersiapkan dan diperhatikan dalam membuat surat izin, walaupun biasanya surat izin dibuat dan ditulis secara pribadi, namun surat izin ini bisa dikatakan surat yang resmi. Oleh sebab itu dalam menulis surat izin sebaiknya di tulis secara jelas dan buku. Berikut beberapa bagian yang harus diketahui untuk menulis atau membuat surat izin :

  • Tujuan Pengirim Surat
  • Alasan Izin
  • Tanggal dan tempat pembuatan surat
  • Alamat tujuan
  • Salam pembuka
  • Isi dalam surat
  • Salam penutup surat
  • Nama pengirim surat

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Berikut ini adalah beberapa contoh surat izin tidak masuk sekolah.

1. Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Dengan Alasan Sakit

Jika Anda sedang mengalami sakit dan membutuhkan istirahat yang cukup, maka tidak ada gunanya jika Anda memaksakan diri untuk datang ke sekolah. Akan lebih baik jika Anda beristirahat dirumah dan mengirimkan surat izin sakit untuk meminta izin dari guru-guru ataupun pihak sekolah, dari pada Anda sakit di sekolah dan merepotkan orang lain. Berikut contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit.

Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Dengan Alasan Sakit

 

2. Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Dengan Alasan Pernikahan Saudara

Contoh yang kedua ini yaitu surat izin tidak masuk sekolah dikarenakan murid atau siswa yang bersekolah di tempat tersebut akan menghadiri acara akad nikah dari saudaranya entah acaranya berada di luar kota maupun di dalam kota, sehinga murid atau siswa tersebut tidak dapat hadir di waktu sekolah seperti biasanya.

Memang Anda sebagai anak sekolah belum waktunya untuk terjun ke dunia pernikahan ataupun menikah. Namun disini mempunyai maksud pernikahan dari anggota keluargamu, seperti kakak kandung, dll. Apabila saudara kandung Anda menikah dan Anda harus hadir, maka Anda bisa mengirimkan surat izin tidak masuk sekolah seperti di bawah ini contohnya.

Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Dengan Alasan Pernikahan Saudara

3. Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Dengan Alasan Sakit Disertai Surat Keterangan Dokter

Contoh yang ketiga adalah surat izin tidak masuk sekolah dikarenakan sakit namun yang membedakan dengan surat izin tidak masuk sekolah yang diatas tadi adalah surat ini disertai dengan surat keterangan dokter yang menyatakan bahwa anak tersebut memang benar-benar sakit dan butuh istirahat, untuk menjaga kondisinya agar segera membaik.

Surat keterangan dokter juga dapat digunakan untuk melampirkan penyakit apa yang sedang Anda derita atau alami, sehingga para guru dan pihak sekolah pun bisa memahami seberapa parah mungkin atau memang dimaklumkan untuk beristirahat dengan surat keterangan dari dokter sebagai bukti.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Dengan Alasan Sakit Disertai Surat Keterangan Dokter

4. Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Dengan Alasan Kecelakaan

Contoh yang ke empat adalah surat izin tidak masuk sekolah dikarenakan murid atau siswa yang bersangkutan tidak dapat masuk sekolah dikarenakan mengalami kecelakaan. Kecelakaan pasti siapapun akan menghindarinya, namun Anda sebagai manusia yang terbatas tentunya tidak bisa mengetahui kapan dan dimana malapetaka itu akan menimpa Anda.

Nah jika Anda mengalami kecelakaan dan harus menginap ataupun dirawat dirumah sakit, maka Anda bisa mengirimkan surat izin sakit ke pihak sekolah atau guru, seperti contoh dibawah.

Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Dengan Alasan Kecelakaan

 

5. Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Dengan Alasan Keperluan Penting

Contoh yang ke lima adalah surat izin tidak dapat masuk sekolah dikarenakan ada keperluan penting yang mendadak atau mengharuskan anak tersebut tidak dapat masuk sekolah, terkadang hal seperti ini memang bisa saja terjadi karena setiap manusia tidak ada yang tau apa yang akan terjadi nanti, besok, ataupun lusa.

Sehingga terkadang dalam kondisi yang seperti ini secara mendadak terkadang ada sesuatu hal yang tak bisa di hindari dan menyebabkan siswa atau murid tidak bisa hadir di sekolah karena urusan mendadak tersebut.

Sebagai manusia pasti Anda memiliki keperluan-keperluan yang sangat penting lainnya, tapi sebagai seorang siswa Anda juga tidak bisa seenaknya tidak masuk sekolah begitu saja, dan menganggap rendah Pendidikan. Maka dari itu demikian contoh surat izin tidak masuk sekolah apabila ada keperluan penting lainnya yang menyebabkan Anda tidak dapat hadir di sekolah pada saat itu.

Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Dengan Alasan Keperluan Penting

6. Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Dengan Alasan Acara Keluarga

Didalam keluarga pasti ada yang namanya acara keluarga. Hal itu sudah merupakan hal yang biasa. Acara yang dimaksud bisa jadi acara kecil ataupun acara besar. Jika Anda terpaksa tidak bisa masuk sekolah karena berencana atau akan mengikuti acara tersebut maka Anda bisa mengirimkan surat izin tidak masuk sekolah kepada pihak sekolah ataupun guru dimana Anda bersekolah. Seperti contoh dibawah ini.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Dengan Alasan Acara Keluarga

 

7. Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Dengan Alasan Keperluan Keluarga

Setiap keluarga pastinya memiliki keperluan masing-masing yang harus diperhatikan tentunya. Mungkin keperluan tersebut bisa dikerjakan oleh orang tua Anda sendiri, namun juga sesekali Anda akan ikut berpartisipasi. Jika demikian, maka Anda haruslah mengirimkan surat izin tidak masuk kepada pihak sekolah ataupun guru untuk meminta izin.

Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Dengan Alasan Keperluan Keluarga

9. Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Jika Dibuat Sendiri

Sebuah surat izin memang seharusnya akan terlihat lebih baik apabila tertera tanda tangan dari orang tua atau wali. Namun bisa juga kemungkinan bawah Anda tinggal jauh dari orang tua dan tidak memiliki bapak/ibu kost sebagai wali, maka Anda bisa memberikan surat izin tidak masuk sekolah dengan tanda tangan Anda sendiri.

Sebagai tanda bahwa Anda bertanggung jawab penuh pada diri Anda sendiri. Berikut contoh surat izin tidak masuk sekolah yang Anda tanda tangani sendiri.

Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Jika Dibuat Sendiri

 

10. Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Ditandatangani Oleh Sakit-Bapak/Ibu Kost/Wali

Mungkin Anda adalah seorang yang menempuh Pendidikan di luar kota ataupun pulau dan jauh dari orang tua. Hal ini pastinya akan menyusahkan Anda ketika sakit, karena tidak ada orang tua sebagai penanda tangan surat izin sakit. Namun jangan khawatir, karena meskipun selain orang tua, tanda tangan perizinan sakit masih bisa di wakilkan oleh bapak/ibu kost atau wali yang berada di dekat Anda, ataupun memiliki hubungan dengan Anda.

Anda bisa meminta tolong kepada saudara terdekat sebagai wali, atau Bapak/Ibu kost sebagai wali untuk menanda tangani surat izin sakit tersebut. Berikut contoh dari surat izin sakit yang ditanda tangani oleh wali yang Anda tentukan.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Ditandatangani Oleh Sakit-Bapak/Ibu Kost/Wali

Leave a Reply

Send this to a friend