10+ Contoh Surat Kuasa dalam Berbagai Keperluan, Lengkap dengan Penjelasannya

Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai beberapa contoh dari surat kuasa yang biasa digunakan dalam berbagai keperluan. Namun sebelumnya, apa itu surat kuasa ? Surat kuasa (power of attorney) merupakan jenis surat yang berisi tentang pemberian kuasa atau wewenang oleh seseorang terhadap pihak tertentu berupa kepercayaan untuk dapat melaksanakan suatu tanggung jawab sesuai isi yang tercantum didalamnya.

Nantinya, pihak yang dipercaya bertindak sebagai penerima kuasa yaitu mewakili pemberi kuasa yang memiliki hak dan kewajiban dalam melakukan tugas seperti yang tercantum dalam surat kuasa.

Umumnya, ada beberapa hal yang menyebabkan pihak pemberi kuasa tidak dapat melakukan tanggung jawab, seperti faktor usia dan faktor kesibukan. Dengan begitu, surat kuasa dibuat untuk membantu pemberi kuasa agar dapat menjalankan tugasnya melalui pihak yang telah dipercaya.

Contoh Surat Kuasa dalam Berbagai Keperluan

Pada dasarnya, surat kuasa memiliki struktur penulisan yang hampir mirip dengan jenis surat lainnya, yaitu menggunakan kalimat baku dan memiliki struktur bahasa yang jelas, singkat dan padat.

Adapun beberapa unsur dalam surat kuasa, yakni bagian kop atau kepala surat (judul surat, nama organisasi), bagian isi (identitas pemberi kuasa, identitas penerima kuasa, pernyataan kuasa yang diserahkan, pernyataan konsekuensi) dan bagian penutup (tempat dan tanggal surat, tanda tangan dari kedua belah pihak). Untuk lebih jelasnya, simak beberapa contoh surat kuasa yang akan dijelaskan dibawah ini.

Contoh Surat Kuasa Tanah

Ketika Anda ingin menjual sebidang tanah, namun lokasinya berada jauh dari domisili saat ini. Anda dapat memberikan kuasa kepada seseorang yang bisa dipercaya untuk mengurus kegiatan penjualan tanah yang dilakukan.

Pihak penerima kuasa akan memperoleh imbalan sebesar persenan yang telah disepakati dari hasil penjualan tanah tersebut. Dibawah ini merupakan contoh dari surat kuasa penjualan tanah dengan komisi.contoh surat kuasa tanah

Contoh Surat Kuasa Bank

Selain buku tabungan, nasabah akan menerima kartu ATM untuk memudahkannya dalam mengambil uang tanpa harus mengantri di bank terlebih dahulu. Kartu ATM ini dilengkapi dengan nomor identitas yang unik bagi masing-masing nasabah. Akan tetapi, ketika kartu ATM hilang, rusak atau pin yang terblokir maka Anda dapat memperolehnya kembali dengan mengurus administrasi di bagian Customer Service bank tersebut.

Pengurusan ATM yang lebih mudah adalah dengan mendatangi kantor cabang dari bank yang menjadi tempat Anda membuka rekening saat pertama kali. Apabila Anda sedang berada jauh dari domisil, maka Anda dapat mewakilkannya kepada orang yang bisa dipercaya untuk mengurus kartu ATM milik Anda. Seperti contoh surat kuasa dibawah ini yang bisa Anda gunakan untuk mengurus ATM yang terblokir.contoh surat kuasa atm terblokir di bank

Contoh Surat Kuasa Khusus

Surat kuasa khusus ini ditujukan untuk pemberian kuasa terhadap penerima kuasa untuk melakukan satu jenis kepentingan tertentu.

Struktur surat kuasa khusus sama seperti surat kuasa lain hanya saja yang membedakan adalah dalam surat kuasa khusus terdapat tindakan apa saja yang boleh dilakukan penerima kuasa. Tindakan tersebut akan dijelaskan secara rinci sehingga surat itu disebut dengan surat kuasa khusus.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) merupakan buku yang diterbitkan sebagai bukti dasar kepemilikan kendaraan bermotor. Bagi Anda yang ingin melakukan pengambilan BPKB, namun berhalangan karena kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan dapat memberikan kuasa terhadap orang lain untuk melakukannya.

Surat kuasa pengambilan BPKB memuat identitas kendaraan yang akan diterima beserta pernyataan konsekuensi yang menjadi tanggung jawab dari pemberi kuasa. Contoh surat kuasa pengambilan BPKB dapat Anda lihat pada gambar berikut.contoh surat kuasa pengambilan BPKB

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Paspor

Paspor merupakan suatu dokumen penting yang diterbitkan oleh Kementerian Luar Negeri kepada seorang warga negara yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri. Kita dapat menggunakan paspor untuk bepergian ke luar negeri selama masa berlakunya masih ada.

Proses pembuatan paspor memang tidak bisa diwakilkan, sebab pemohon yang harus mendatangi kantor imigrasi untuk mengurus segala kelengkapan yang dibutuhkan. Ada sebagian paspor yang membutuhkan waktu beberapa hari untuk proses pembuatannya. Ketika Anda berhalangan hadir di waktu yang sudah dijadwalkan, maka Anda dapat meminta format surat kuasa ke kantor imigrasi dengan menyertakan identitas pihak yang bertindak sebagai penerima kuasa.contoh surat kuasa pengambilan paspor

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang

Ketika Anda hendak melakukan pengambilan uang di suatu bank, namun Anda tidak sempat karena kesibukan atau sedang berada jauh dari bank yang menjadi tempat Anda menyimpan uang. Anda dapat memberikan kuasa kepada istri atau anggota keluarga yang lain untuk melakukannya.

Dalam surat kuasa itu akan memuat identitas Anda sebagai pemberi kuasa dan identitas penerima kuasa dengan pernyataan pengambilan jumlah uang yang dilengkapi dengan identitas rekening Anda. Untuk lebih jelasnya, berikut contoh dari surat kuasa pengambilan uang di bank.contoh surat kuasa pengambilan uang

Contoh Surat Kuasa Ahli Waris

Berikutnya adalah contoh untuk surat kuasa ahli waris yang bisa Anda gunakan untuk memberikan wewenang kepada pihak yang bisa dipercaya untuk membagikan harta warisan. Disini Anda harus dinyatakan sebagai ahli waris dari orang yang telah meninggal dunia.contoh surat kuasa ahli waris

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji

Saat ini, masih ada beberapa perusahaan yang menggunakan budaya antrean untuk membagikan gaji terhadap para pekerjanya. Ketika dalam penjadwalan gaji Anda berhalangan untuk hadir dikarenakan suatu alasan yang mendesak, Anda dapat membuat surat kuasa untuk memberikan kuasa kepada keluarga ataupun orang yang bisa dipercaya dengan membuat pernyataan konsekuensi yang Anda terima.contoh surat kuasa pengambilan uang gaji

Contoh Surat Kuasa Grab

Syarat utama untuk menjadi seorang driver transportasi online seperti Grab adalah memiliki kendaraan atas nama pribadi. Itu artinya nama yang tertera pada STNK haruslah sama dengan nama yang tertera pada SIM dan KTP. Namun, bagaimana jika kendaraan tersebut dibeli secara bekas dan Anda belum sempat untuk mengurus pemindahan nama pemilik kendaraan

Atau dalam kasus lain, kendaraan yang akan Anda gunakan bukan miliki pribadi, melainkan atas nama anggota keluarga yang lain. Anda dapat menggunakan surat kuasa yang bisa digunakan sebagai administrasi dengan menyertakan identitas pemiliki kendaraan dan spesifikasi kendaraannya.contoh surat kuasa grab

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah

Surat kuasa pengambilan ijazah adalah jenis surat yang bisa Anda gunakan untuk memberikan kewenangan terhadap seseorang untuk menggantikan Anda dalam kegiatan mengambil ijazah yang menjadi bukti bahwa telah menyelesaikan pendidikan, baik itu jenjang SD, SMP, SMA, ataupun perguruan tinggi.

Umumnya, ijazah akan dikeluarkan setelah beberapa bulan kita menyelesaikan pendidikan. Pihak sekolah akan mengeluarkan SKUHN atau surat tanda lulus sementara yang dapat digunakan untuk melamar pekerjaan.

Hal inilah yang seringkali terjadi, dimana Anda sudah bekerja di luar kota sehingga tidak memungkinkan untuk pulang mengambil ijazah. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat surat kuasa kepada orang lain untuk mengambil ijazah.contoh surat kuasa pengambilan ijazah

Contoh Surat Kuasa Pelimpahan Wewenang

Surat kuasa berikutnya adalah pelimpahan wewenang yang bisa Anda lakukan ketika tidak dapat melaksanakan suatu tanggung jawab dan harus melimpahkannya kepada orang lain.

Dibawah ini merupakan contoh surat kuasa seorang dokter yang tidak bisa menangani pasien yang harusnya menjadi tanggung jawabnya sehingga harus melimpahkannya kepada dokter lain untuk segera menangani pasien tersebut.contoh surat kuasa pelimpahan wewenang

Itulah beberapa contoh surat kuasa yang bisa digunakan dalam berbagai keperluan. Anda juga perlu menyertakan materai untuk memperkuat surat kuasa yang telah dibuat. Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan Anda dan terima kasih.

Overall
5

Summary

Kumpulan contoh surat kuasa untuk berbagai keperluan seperti kuasa tanah, bank, pengambilan BPKB, pengambilan ijazah, pengambilan uang, pengambilan paspor dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Send this to a friend