15 Contoh Surat Rekomendasi Kerja, Sekolah, Beasiswa, Jabatan Dll

Surat rekomendasi merupakan surat yang diberikan kepada pimpinan atau pejabat tertentu dimana berisi keterangan tentang seseorang berdasarkan fakta yang ada dengan diisi data diri dari orang yang meminta rekomendasi tersebut.

Surat rekomendasi diperlukan untuk keperluan pribadi dalam suatu kepentingan. Isi dari surat rekomendasi lebih ke membenarkan atau menguatkan hal-hal baik dan sebagai dukungan moral bagi pengurus surat rekomendasi.

Tujuan dari surat rekomendasi ini adalah untuk keperluan mempermudah pengurus surat dalam suatu kepentingan atau tujuan. Surat ini tidak bersifat rahasia karena diketahui oleh pihak ketiga (pemegang surat terakhir nanti).

Kumpulan Contoh Surat Rekomendasi

Berikut ini adalah contoh surat rekomendasi yang bisa anda gunakan untuk keperluan apapun, antara lain:

1. Contoh Surat Rekomendasi Kerja

Surat ini dibuat berdasarkan penilaian kapabilitas dan kinerja si pembuat surat atau pemohon. Jika si pemohon berhak menerima rekomendasi tersebut, maka rujukan juga ditulis dalam bentuk format tertentu.

Surat ini biasanya dikeluarkan oleh kepala perusahaan untuk memberikan rekomendasi mantan karyawannya dalam melamar pekerjaan yang baru. Biasanya surat diisi keterangan positif terkait dengan kinerja dan prestasi yang pernah pemohon raih selama bekerja di perusahaan yang dulu.

Jika dalam perusahaan baru, surat ini bisa digunakan untuk mengetahui kepribadian dan identitas dari si pemohon. Surat ini memuat beberapa hal antara lain: jabatan pemberi rekomendasi, poin-poin positif tentang kelebihan dan nilai tambah si pemohon, maksud dan tujuan dari surat ini.

Berikut adalah salah satu contoh surat rekomendasi kerja, yaitu:

Contoh Surat Rekomendasi Kerja

2. Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa

Bagi siswa/siswi yang memiliki prestasi bisa membuat surat ini untuk mengajukan beasiswa dari pemerintah atau swasta. Pihak sekolah harus juga memberikan surat rekomendasi kepada siswa/siswi yang mengajukan surat ini agar lebih mudah dalam mendapatkan beasiswa.

Berikut adalah contoh surat rekomendasi beasiswa, yaitu:

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa

3. Contoh Surat Rekomendasi Sekolah

Surat ini bisa dibuat untuk menyelenggarakan kegiatan baik dari pihak pemerintah maupun swasta dengan melibatkan siswa/siswi di sekolah. Bisa siswa/siswi tersebut diundang dan setiap sekolah ada perwakilannya masing-masing. Para siswa/siswi yang telah ikut dalam acara ini sudah dipastikan telah membawa surat rekomendasi dari sekolahnya masing-masing.

Berikut ini adalah contoh dari surat rekomendasi sekolah, yaitu:

Contoh Surat Rekomendasi Sekolah

4. Contoh Surat Rekomendasi Jurusan

Surat ini bisa digunakan untuk syarat pendaftaran siswa baru SMA dan sederajatnya. Surat ini dibuat oleh pihak sekolah sebelumnya (MTs/SMP) dimana berisi keterangan tentang siswa yang sebaiknya masuk jurusan IPA atau IPS.

Berikut adalah contoh surat rekomendasi jurusan, yaitu:

Contoh Surat Rekomendasi Jurusan

5. Contoh Surat Rekomendasi Jabatan

Surat ini digunakan untuk anda yang ingin naik pangkat atau ingin diberi keterangan akan kinerja selama ini bekerja sehingga dari hal tersebut, pihak atau kepala yang terkait bisa memberikan keterangan tentang kinerja anda dan cocok atau layak jika ditambahkan jabatannya atau naik pangkat.

Berikut adalah contoh surat rekomendasi jabatan, yaitu:

Contoh Surat Rekomendasi Jabatan

6. Contoh Surat Rekomendasi Kuliah

Surat ini digunakan bagi anda yang ingin kuliah di universitas atau sekolah kedinasan yang dituju dengan pertimbangan dari sekolah sebelumnya atau SMA sederajat. Isi dari surat itu lebih kepada keterangan bahwa siswa ini ingin kuliah atau sekolah kedinasan disini. Biasanya pembuatan surat didasarkan pada syarat-syarat yang berlaku dalam universitas atau sekolah kedinasan tersebut.

Berikut adalah contoh surat rekomendasi kuliah, yaitu:

contoh surat rekomendasi kuliah

7. Contoh Surat Rekomendasi Organisasi

Surat ini dibuat untuk perwakilan yang ditugaskan dalam sebuah organisasi dalam menghadiri sebuah acara. Sehingga dengan surat tersebut forum akan percaya jika orang tersebut mewakili organisasi yang ia ikuti atau undang. Dalam menghadiri suatu acara sudah dipastikan setiap perwakilan harus membawa surat rekomendasi tersebut.

Berikut adalah contoh surat rekomendasi organisasi, yaitu:

contoh surat rekomendasi organisasi

8. Contoh Surat Rekomendasi Kepala Desa

Surat ini dikeluarkan oleh Kepala Desa/Kelurahan dimana tujuan dari surat ini untuk menjelaskan bahwa si pemohon benar-benar membutuhkan dan harus segera dilaksanakan untuk suatu kepentingan si pemohon tersebut.

Berikut adalah contoh surat rekomendasi kepala desa, yaitu:

contoh surat rekomendasi kepala desa

9. Contoh Surat Rekomendasi Pindah Sekolah

Surat ini digunakan oleh para orang tua yang ingin memindahkan anaknya untuk belajar ke sekolah lain. Alasan pindah sekolah tersebut bisa karena pindahnya domisili atau tempat tinggal orang tua atau memang orang tua ingin anaknya lebih baik dalam hal kualitas pendidikannya.

Berikut adalah contoh surat rekomendasi pindah sekolah, yaitu:

Contoh Surat Rekomendasi Pindah Sekolah

10. Contoh Surat Rekomendasi Pindah Tugas

Surat ini dibuat berdasarkan rekomendasi PNS yang ingin pindah ke tempat yang lebih membutuhkan atau ingin mendapatkan suasana tempat kerja baru sesuai keinginan. Bisa jadi digunakan untuk PNS yang ingin dekat kerjanya dengan rumah saat akan pensiun. Para PNS bisa meminta surat rekomendasi dari atasan akan hal tersebut.

Berikut adalah contoh surat rekomendasi pindah tugas, yaitu:

contoh surat rekomendasi pindah tugas

11. Contoh Surat Rekomendasi Perusahaan

Surat ini dibuat untuk anda yang ingin mendapatkan penilaian kinerja anda selama bekerja di perusahaan. Sehingga surat ini cocok juga bagi anda yang ingin mencari pekerjaan baru.

Berikuta adalah contoh surat rekomendasi perusahaan, yaitu:

contoh surat rekomendasi perusahaan

12. Contoh Surat Rekomendasi Atasan

Surat ini cocok bagi anda yang ingin mengajukan suatu hal kepada atasan seperti pengajuan akan pinjaman, tugas di luar kantor, dan lain sebagainya.

Berikut adalah contoh surat rekomendasi atasan, yaitu:

contoh surat rekomendasi atasan

14. Contoh Surat Rekomendasi Paspor

Surat ini cocok bagi anda yang ingin pergi ke luar negeri, salah satunya untuk melaksanakan ibadah haji. Selain itu, surat ini juga untuk mengajukan kepentingan anda seperti ingin belajar atau berlibur ke luar negeri.

Berikut adalah contoh surat rekomendasi paspor, yaitu:

contoh surat rekomendasi paspor

14. Contoh Surat Rekomendasi Dosen

Surat ini digunakan untuk seseorang yang berhak mendapatkan suatu pelayanan dimana surat ini dibuat secara resmi oleh seorang dosen. Biasanya surat ini digunakan untuk seseorang yang masih menjadi pelajar atau mahasiswa dan direkomendasikan untuk bisa mendapatkan beasiswa atau melanjutkan studi.

Surat ini juga untuk merekrut calon mahasiswa pascasarjana untuk pihak yang memang membutuhkan hal tersebut. Surat ini hanya diketahui oleh pihak pemberi rekomendasi dan dikirimkan secara langsung oleh instansi pemberi rekomendasi.

Berikut adalah contoh surat rekomendasi dosen, yaitu:

contoh surat rekomendasi dosen

15. Contoh Surat Rekomendasi Dinas

Surat ini digunakan untuk anda para PNS yang ingin melakukan pengurusan izin akan suatu urusan yang dimana surat tersebut harus disetujui oleh pihak dinas.

Berikut adalah contoh surat rekomendasi dinas, yaitu:

contoh surat rekomendasi dinas

Nah, itulah 15 contoh surat rekomendasi dari berbagai kepentingan yang bisa anda gunakan untuk mendapat persetujuan dari pihak terkait yang dituju. Surat rekomendasi sekarang sudah bisa dibuat secara mudah karena sudah banyak dan tahu akan surat tersebut tetapi tidak semuanya. Sehingga dengan penjelasan ini semoga info yang diberikan dapat bermanfaat dan bisa dimengerti maupun diaplikasikan.

Leave a Reply

Send this to a friend