contoh teks prosedur

Kenali Contoh Teks Prosedur Sederhana, Kompleks dan Protokol

Ketika mempelajari pelajaran bahasa indonesia, pasti Anda akan mendapati materi mengenai teks prosedur. Teks ini merupakan teks yang bertujuan untuk membantu pembacanya melakukan sesuatu.

Tidak hanya itu, teks ini juga sangat berguna bagi para pembaca karena didalamnya mengandung tips dan trik untuk melakukan sesuatu. Seperti contohnya teks prosedur membuat mie ramen jepang, teks prosedur membuat kerajinan origami, dan lain sebagainya.

Dalam artikel ini akan memberikan dan menjelaskan pengertian dari teks prosedur dengan contoh-contohnya yaitu contoh teks prosedur sederhana, contoh teks prosedur protokol dan Contoh teks prosedur kompleks. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Contoh Teks Prosedur

prosedur teks

Sebelum masuk pembahasan mengenai contoh teks prosedur, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan teks prosedur. Pengertian teks prosedur adalah teks yang didalamnya berisi cara-cara atau langkah-langkah, dengan tujuannya yaitu untuk melakukan atau membuat sesuatu dengsn langkah-langkah secsrs tepat dsn berurutan sampai bisa menghasilkan suatu tujuan yang sudah diinginkan.

Teks prosedur juga umumnya ada pada tulisan yang didalamnya mengandung tips, cara maupun tutorial untuk melakukan langkah tertentu. Idak hanya itu, didalam teks ini juga mengandung kata perintah stau imperaktif untuk melakukan apa yang sudah dibahas didalam teks. Hal tersebut dibuat agar para pembaca melakukan apa yang sudah diindtruksikan didalam teks tersebut.

Contohnya yaitu seperti Anda tengah mencari tulisan mengenai cara menghilangkan jerawat menggunakan bahan alami di internet. Maka didalam tulisan di artikel tersebut akan menampilkan tutorial atau cara untuk menghilangkan jerawat menggunakan bahan alami.

Cara-cara tersebut juga akan disajikan dengan baik dan berurut agar kamu mudah untuk melakukan cara-caranya. Nah, oleh karena itu dibawah ini akan memberikan contoh-contoh teks prosedur sederhana, kompleks dan protokol.

Contoh Teks Prosedur Sederhana

Contoh Teks Prosedur Sederhana

Teks peosedur sederhana berguna untuk para pelajar. Tetapi tidak hanya itu, teks prosedur ini tidak hanya berguna bagi para pelajar saja, tetapi juga seluruh manusia. Karena tanpa teks prosedur, orang-orang tidak akan bisa membuat atau menjalankan sesuatu.

Dalam teks prosedur, terdapat tiga jenis teks prosedur yang mana salah satunya adalah teks prosedur sederhana. Berikut adalah contoh teks prosedur sederhana.

1. Cara menggunakan whatsapp di web

Dobawah ini merupakan tips untuk Anda apabila Anda ingin login ke akun WhatsApp Anda menggunakan web. Anda dapat mengikuti panduan dibawah ini :

  1. Pastikan data seluler di handphone yang memiliki akun WhatsApp Anda sudah menyala.
  2. Anda dapat membuka komputer Anda dan masuk ke link WhatsApp yaitu web.whatsapp.com .
  3. Setelah itu, maka muncullah kode QR code dan Anda dipersilahkan untuk melakukan scan pada QR code tersebut.
  4. Untuk melakukan scan, Anda harus membuka aplikasi WhatApp Anda yang ada di handphone Android Anda.
  5. Klik titik tiga yang berada di pojok kanan atas dan kemudian klik WhatsApp Web.
  6. Maka kamera handphone Anda akan menyala dan Anda dapat melakukan scan QR Code tersebut menggunakan kamera handphone tersebut.
  7. Akun WhatsApp Anda pun sudah dapat diakses menggunakan Web di browser komputer Anda.

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Contoh Teks Prosedur Kompleks Dilihat dari teksprosedur sederhana seperti diatas dapat disimpulkan bahwasanya teks prosedur tersebut mempunyai cara singkat. Dan teks prosedur juga mempunyai jenis teks yang lain, yakni teks prosedur kompleks.

Di dalam teks peosedur kompleks telah menyeajikan cara yang lebih panjang, hal itu dikarenakan hasil akhir dari cara tersebut dapat tercapai. Dan dibawah ini merupakan contoh dari teks prosedur kompleks.

1. Teks prosedur membuat Rekening Bank

Rekening bank adalah suatu hal yang wajib dimiliki oleh seseorang apabila ia hendak menyimpan uang dengan jumlah yang banyak.

Tidak hanya itu,rekening bank tersebut juga dapat digunakan menjadi sarana seperti menerima uang yang berasal dari transfer orang lain. Dibawah ini sdalah prosedur didalam membuat suatu rekeningg bank.

  1. Hal pertama yang dilakukan yaitu calon nasabah harus menyiapkan KTP yang sudah sesuai dengan daerahnya. Apabila tidak sesuai dengan daerahnya, maka dari pihak bank berhak untuk meminta suatu surat keterangan yang dikeluarkan oleh Kepala Desa atau RT.
  2. Kemudian, calon nasabah harus menyiapkan saldo pertama. Dimana saldo pertama tersebut wajib untuk dimasukkan kedalam rekening calon nasabah. Umumnya pada setiap bank mempunyai nilai saldo awal yang berbeda.
  3. Lalu setelah semuanya sudah disiapkan, maka calon nasabah harus datang ke bank yang ia pilih dan mengambil nomor antrian. Apabila merasa kebingugan ketika mencari tempat yang dikhususkan untuk membuka rekening, maka dapat menanyakan kepada satpam.
  4. Apabila nomor antrian yang telah diambil sudah sesuai dengan yang disebutkan, maka calon nasabah dapat menuju ke kursi customer service untuk membuka rekening. Dan kemudian, harus mengikuti instruksi dari Customer service tersebut.
  5. Selanjutnya dapat menunggu sampai nama dipanggil kembali yang berkaitan dengan rekening calon nasabah. Apabila sudah, maka rekening sudah selesai dibuat.

Contoh Teks Prosedur Protokol

Contoh Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur protokol adalah teks prosedur yang cara-caranya tak terlalu susah atau rumit dan juga sangat mudah untuk dipahami.

Dan pasti banyak orang yang lebih suka ketika membaca teks prosedur jenis ini apabila dibandingkan teks prosedur kompleks yang bacaannya lebih panjang. Dan dibawah ini adalah contoh teks prosedur protokol :

1. Teks prosedur membuat akun Gmail

Gmail adalah suatu layanan email yang telah dibuat oleh Google di tahun 2004. Untuk bisa menggunakan layanannya, maka kita harus membuat akun terlebih dahulu. Membuat akun Gmail merupakan hal wajib, apalagi untuk para pemilik handphone Android. Oleh karena itu, tanpa memiliki akun Gmail, pengguna handphone Android tak bisa untuk memasang aplikasi menggunakan Google Play Store. Untuk Anda yang ingin membuat akun Gmail, maka Anda dapat mengikuti prosedur di bawah ini

  1.  Hal pertama yang dilakukan yautu mengetikkan link gmail.com pada kolom address di browser komputer.
  2. Setelah itu, apabila sudah memasuki halaman Gmail, maka dapat klik pada button Create An Account.
  3. Selanjutnya yaitu dapat mengisi form pendaftaran yang harus disesuaikan dengan data diri pribadi.
  4. Lalu halaman akan diarahkan ke halaman untuk memverifikasi akun. Dan isilah nomor handphone yang masih aktif dan selanjutnya dapat mengklik Lanjutkan.
  5. Setelah itu, akan masuk kode verifikasi melalui SMS. Dan kemudian dapat memasukkan kode verifikasi tersebut kedalam kolom yang sudah tersedia.
  6. Kemudian Google dengan otomati akan menerima kode untuk verifikasi tersebut.
  7. Akun Gmail sudah selesai dibuat.

Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai contoh teks prosedur yang terdiri atas teks prosedur sederhana, teks prosedur kompleks dan teks prosedur protokol. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend