Control Panel di Windows 11 Masih Ada, Secara Lambat Akan Berganti Aplikasi Settings

Control Panel di Windows 11 Masih Ada, Perlahan Berganti Windows Settings

NESABAMEDIA.COMDengan Windows 8, Microsoft memperkenalkan antarmuka modern pada aplikasi Settings, dan itu pada awalnya ditujukan untuk menggantikan keberadaan Control Panel. Windows 10 telah beredar hampir enam tahun lamanya, dan Windows masih memiliki dua cara untuk melakukan perubahan pada aplikasi.

Migrasi besar-besaran fitur yang ada di Control Panel tidak akan terjadi dalam waktu dekat di Windows 11, karena aplikasi Settings sendiri belum memiliki semua fitur yang dibutuhkan.

Di Windows 11, yang merupakan Windows Generasi Berikutnya, beberapa pengaturan tingkat lanjut masih bergantung pada keberadaan Control Panel. Control Panel adalah sebuah fitur penting jika pengguna ingin melakukan perubahan tingkat lanjut seperti mengatur profile, namun Microsoft tengah mengupayakan beberapa fitur baru yang akan mendorong pengguna untuk beralih ke pengaturan yang lebih modern.

Misalnya, aplikasi Settings di Windows 11 kini akan memungkinkan pengguna untuk mengelola Network Adapters tanpa harus menggunakan Control Panel. Untuk mengubah pengaturan adaptor itu, pengguna bisa membuka Network & Internet → Advanced Network Settings. 

Pengguna bisa langsung mengklik tombol enable/disable untuk koneksi jaringan di bawah bagian Network Adapters. Fitur ini sebelumnya hanya bisa diakses melalui Control Panel saja. Dalam waktu dekat, Windows 11 akan secara otomatis mengarahkan pengguna ke aplikasi Settings bila memungkinkan.

Windows 11 juga telah mendesain ulang pengaturan penyimpanan untuk membantu pengguna menjadi lebih paham mengenai ruang penyimpanan yang tersisa di perangkat mereka. Perubahan terbaru adalah peningkatan tata letak dengan kemampuan untuk bisa mengosongkan ruang di drive dengan mendeteksi file yang telah lama atau tidak dipergunakan lagi.

Bagi pengguna tingkat lanjut, ada sebuah fitur baru yang bernama Manage Disk and Volumes. Seperti namanya, pengalaman modern tersebut berbasis pada pengelolaan disk lama dan telah didesain ulang dengan kemudahan aksesibilitas. Fitur itu memiliki integrasi yang lebih baik dengan pengaturan penyimpanan dan Microsoft menjanjikan peningkatan desain tambahan.

Microsoft juga tengah bekerja pada halaman aplikasi Setting yang ditujukan untuk pengelolaan baterai. Nantinya akan ada tampilan grafik baru untuk menunjukkan kepada pengguna detail lebih lengkap mengenai baterai dan penggunaan daya perangkat. Pengguna bisa melihat aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan baterai dan melakukan penyaringan berdasarkan kurun waktu tertentu. Grafik itu mirip dengan yang ada di smartphone Android.

Microsoft memahami bahwa Control Panel telah memiliki komunitas yang kuat, dan Windows Settings masih belum selesai pengembangannya. Jadi Microsoft tidak akan menghapus Control Panel dalam waktu dekat, namun secara bertahap dan perlahan akan mengarahkan pengguna ke pengaturan yang lebih modern. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend