10 Dampak Pemanasan Global bagi Kehidupan dan Lingkungan, Yuk Diketahui!

Dampak Pemanasan Global – Pemanasan global menjadi salah satu permasalahan yang cukup serius jika terlalu berlebihan. Pemanasan global atau yang disebut dengan Global Warming merupakan suatu proses dimana suhu rata-rata pada artmosfir, laut dan daratan semakin meningkat. Hal ini dipicu oleh berbagai kondisi.

Pemanasan global memang sangat dibutuhkan bagi semua mahkluk hidup di Bumi. Mengapa demikian? Karena jika tidak ada pemanasan global, maka semua hal yang ada di Bumi akan semakin membeku karena tidak ada panas yang sampai ke Bumi.

Hal ini jika dibayangkan akan semakin mengerikkan, karena mengingat di Bumi, tidak hanya terdapat satu Negara saja, melainkan banyak Negara dan banyak penduduk serta makhluk hidup yang hidup didalamnya.

Dampak Pemanasan Global Bagi Kehidupan / Lingkungan

Dampak Pemanasan Global

Pemanasan global bisa menghasilkan dampak yang signifikan bagi kehidupan manusia. Dimana dengan adanya dampak tersebut akan berpengaruh terhadap kehidupan bahkan lingkungan di masyarakat.

Sehingga perlu diketahui bagaimana saja dampak pemanasan global bagi kehidupan atau lingkungan. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa dampak pemanasan global bagi kehidupan / lingkungan:

Dampak Pemanasan Global Bagi Lingkungan

Dampak Pemanasan Global Bagi Lingkungan

Bagi lingkungan, pemanasan global akan sangat berdampak karena dapat menyebabkan berbagai bencana dan dampak-dampak yang merugikan manusia. Berikut merupakan dampak pemanasan global bagi lingkungan:

1. Gletser mencair

Pencairan gletser ini akan berakibat dengan adanya kenaikan air pada permukaan laut sehingga lebih tepatnya bisa mengakibatkan banjir. Dimana ketika banjir terjadi, maka lingkungan yang terkena banjir akan mengalami kerusakan. Tidak hanya itu saja, mungkin akan banyak kerusakan lainnya sehingga dapat menghambat kondisi lingkungan yang lainnya.

2. Perubahan iklim

Perubahan iklim yang tiba-tiba ini bisa terjadi dikarenakan adanya pemanasan global. Dengan adanya pemanasan global, maka penguapan akan semakin tinggi dan dapat mengakibatkan tingginya curah hujan. Sehingga banyak tanaman akan mati ketika tidak bisa beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang terjadi.

3. Kekeringan semakin meluas

Meningkatnya pemanasan global bisa mengakibatkan banyaknya dan semakin meluasnya daerah yang kering. Hal ini dapat berdampak pada lingkungan karena akan semakin banyak debu dan tanah-tanah kering.

4. Frekuensi badai meningkat

Pemanasan global yang semakin meningkat, bisa mengakibatkan adanya kenaikan frekuensi angin. Sehingga dengan kapasitas frekuensi angin yang semakin meningkat dan ditambah dengan adanya kenaikan air dipermukaan laut akan mengakibatkan terjadinya badai. Hal ini sangat berdampak bagi lingkungan, karena lingkungan yang terkena badai akan mengalami kerusakan.

5. Menyebabkan adanya kebakaran hutan

Sejalan dengan adanya kekeringan yang semakin meluas, juga bisa mengakibatkan adanya kebakaran hutan. Mengapa begitu? Karena dengan adanya udara yang semakin panas dan menyengat, banyak tanaman akan kering dan mati, sehingga ketika panas terik dan menyengat bisa dengan mudah mengakibatkan kebakaran pada tanaman-tanaman tersebut.

Dan sangat mudah hal tersebut terjadi dibagian hutan, karena akan ada banyak tanaman didalamnya. Sehingga pemanasan global ini bisa mengakibatkan dampak yang serius bagi lingkungan.

6. Ekosistem laut bisa rusak

Pemanasan global juga menjadi salah satu faktor perubahan iklim di laut sehingga menyebabkan datangnya badai-badai laut semisal Typhoon, Cyclone serta El Nino dan La Nina dimana badai-badai tersebut dapat menciptakan gelombang yang cukup tinggi dibarengi dengan pergerakan arus yang cukup tingga dan dapat berdampak juga pada karang-karang dan ekosistem yang berada di laut. Jika hal ini terus terjadi, maka akan terjadi kerusakan pada gugusan terumbu karang,

Dampak Pemanasan Global Bagi Kehidupan

Dampak Pemanasan Global Bagi Kehidupan

Selain berdampak bagi lingkungan, pemanasan global juga akan sangat berdampak pada kehidupan manusia. Berikut merupakan beberapa dampak pemanasan global bagi kehidupan:

1. Penyakit semakin meluas dan beraneka ragam

Dengan diiringi dampak pada lingkungan yang telah dijelaskan diatas, maka otomatis kehidupan juga akan terkena dampaknya. Salah satunya dengan menyebarnya berbagai penyakit. Salah satunya adalah malaria yang bisa disebabkan oleh nyamuk demam berdarah, yang biasanya terjadi ketika lingkungan terjadi banjir. Selain itu, akan banyak jenis-jenis penyakit lain yang mudah menyerang kesehatan manusia karena adanya perubahan iklim yang tiba-tiba.

2. Pertanian mengalami penurunan

Cuaca ekstrim dan berbagai bentuk kondisi alam seperti kenaikan curah hujan dan sebagainya juga berdampak pada industri pertanian. Dimana biasanya, pertanian akan sangat bergantung dengan cuaca dan musim yang sedang berjalan.

Ketika cuaca tiba-tiba berubah dengan ekstrim akan mengakibatkan pertanian bisa mengalami gagal panen. Hal ini bisa disebabkan karena adanya banjir bahkan kekeringan yang berlangsung dalam waktu yang lama.

3. Cuaca panas yang lebih berbahaya

Pemanasan global yang semakin tinggi bisa meningkatkan suhu cuaca panas yang semakin tinggi. Dimana cuaca panas ini juga bisa berbahaya bagi manusia karena kadar sinar UV lebih tinggi sehingga bisa berbahaya untuk kesehatan kulit. Oleh karena itu, saat bepergian keluar rumah akan lebih baik untuk menggunakan pelindung kulit agar dapat meminimalisir paparan sinar matahari.

4. Hewan bisa punah

Adanya pemanasan global bisa mengakibatkan perubahan iklim dan cuaca yang bisa berdampak pada kehidupan ekosistem hewan-hewan pada habitatnya. Akibatnya adalah banyak hewan yang akan bermigrasi ke tempat yang lain dan meninggalkan habitat aslinya. Sehingga dengan adanya hal ini, maka hewan-hewan tersebut bisa saja mengalami kepunahan, karena hewan-hewan tersebut tidak bisa beradaptasi dengan habitat mereka yang baru.

Adanya pemanasan global bisa mengakibatkan banyak hal mengalami kerusakan, baik dari sisi lingkungan dan kehidupan. Dimana pemanasan global ini harus dicegah dengan salah satu caranya adalah tidak menebang pohon sembarangan.

Sehingga kita dapat menjaga fungsi hutan sebagai tempat oksigen dan zat-zat berguna lainnya bagi kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan. Selain itu, pemanasan global juga bisa disebabkan adanya peningkatan jumlah efek rumah kaca yang melebihi batas normal. Sehingga dengan adanya hal tersebut, akan ada pemanasan global.

Nah, setelah mengetahui bagaimana saja dampak yang bisa dihasilkan oleh pemanasan global, maka akan lebih mudah untuk mempelajari dampak-dampak pemanasan global. Sehingga wawasan dan pengetahuan anda semakin meningkat. Selain itu, dengan mengetahui apa saja dampak pemanasan global, maka kita akan lebih waspada untuk menjaga lingkungan kita. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend