NVIDIA GeForce RTX 3060 12GB

Detail Spesifikasi Dari NVIDIA GeForce RTX 3060 Terbaru

NESABAMEDIA.COMNVIDIA baru saja mengungkap detail spesifikasi dari kartu grafis mereka yang akan datang yakni, RTX 3060. GPU tersebut memiliki CUDA core 3,584, base clock sebesar 1.32GHz, dan boost clock sebesar 1.78GHz. NVIDIA GeForce RTX 3060 dijadwalkan akan mulai dijual ke pasaran mulai tanggal 25 Februari dengan harga awal sekitar USD329 atau Rp4,6 jutaan. 

Sejumlah pihak sepakat bahwa NVIDIA GeForce RTX 3060 merupakan RTX seri-3 yang paling terjangkau atau ramah di kantong. Dijadwalkan rilis pada tanggal 25 Februari mendatang, GPU ini akan dibanderol dengan harga sekitar Rp4,6 jutaan. NVIDIA baru saja memperbarui website mereka dengan menambahkan detail spesifikasi dari RTX 3060 ini.

Seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya, RTX 3060 memiliki CUDA core 3,584, base clock 1.32GHz dan boost clock 1.78GHz. Lebih lanjut, GPU ini juga memiliki memori GDDR6 memori sebesar 12GB, sebuah antarmuka 192-bit dan dukungan teknologi DLSS. Kartu grafis ini membutuhkan daya konsumsi sebesar 170W dan power supply sebesar 550W. 

NVIDIA menyebutkan bahwa RTX 3060 mendukung teknologi ray tracing generasi kedua dan core Tensor generasi ketiga, namun mereka tidak menjelaskan besaran dari dukungan kedua teknologi itu.

Diyakini bahwa kartu grafis tersebut memiliki 28 inti ray tracing dan 112 inti Tensor berdasarkan fakta bahwa kartu grafis itu menggunakan 28 unit komputasi. Meski demikian hal ini hanya sebuah perkiraan, dan belum ada konfirmasi resmi dari NVIDIA. 

RTX 3060 diposisikan sebagai peningkatan yang ideal dari pengguna GeForce seri GTX 1060 atau yang lebih lama. Perbandingannya, ada peningkatan dua kali lipat dalam hal rasterisasi dan 10 kali peningkatan performa dalam hal ray tracing. 

GPU yang akan diluncurkan pada tanggal 25 Februari mendatang ini, kemungkinan akan menjadi barang yang langka. Peluncuran GPU sebelumnya, diketahui telah terjual habis dalam kurun waktu beberapa menit saja. Untuk saat ini, seri 30 memang masih sangat populer dan paling dicari. Jadi ada kemungkinan juga seri RTX 3060 nantinya bisa mengalami lonjakan harga yang cukup besar. Beberapa outlet bahkan telah membuka pre-order dengan tawaran yang sangat menggiurkan.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend